Senin, 02 April 2012 - 08:46:40 WIB
Terkesan Ada Manipulasi SPPD Anggota Dewan ParmoutKategori: Sulawesi Tengah - Dibaca: 347 kali

Baca Juga:PT POS Menandatangani Kerjasama Dengan UPSTim Geopark Unesco Bersama Bupati Samosir Kunjungi Objek Geologi Bersejarah6847 Siswa Ikuti UNBP Batam Ajukan Tambahan Anggaran Pelabuhan Batu Ampar

Parmout-Sulteng, Jaya Pos

Lagi-lagi, para wakil rakyat Parigi Moutong (Parmout) diduga kuat melakukan manipulasi SPPD.

Sumber Jaya Pos mengatakan, khusus sepanjang tahun 2012 dalam berbagai kegiatan perjalanan ke Jakarta untuk agenda kunjungan kerja (kunker) dan konsultasi DPRD, sejumlah anggota dewan Parmout diketahui tidak ikut dalam kegiatan keberangkatan yang dilakukan.

Sumber yang meminta identitasnya dirahasikan menyebutkan, ada beberapa  diantara anggota dewan seharusnya berangkat ke Jakarta dalam kegiatan pelaksanaan konsultasi tersebut, bahkan sama sekali belum pernah mengikuti kegiatan perjalanan, meski nama mereka dalam setiap keberangkatan tercantum untuk melaksanakan aktivitas.

Untuk menutupi kecurigaan dalam setiap keberangkatan, mereka yang tidak melaksankan tugasnya tersebut, tetap melakukan pembelian tiket atas namanya, namun diberikan kepada orang lain.

Perilaku curang para anggota dewan yang malas melaksanakan tugas dan  kewajiban, hanya senang menikmati uang SPPD. Hal seperti ini terus  mewabah, mengingat posisi mereka selama ini terus aman-aman saja terlebih secara riil para  anggota dewan tidak bisa disangkakan dengan dugaan tidak melaksankan tugas mengingat tiket mereka sebagaimana bukti difungsikan meskipun mereka tidak ikut dalam pelaksanaan kegiatan keberangkatan.

Sedangkan untuk tahun 2012 ini, beberapa nama dari para anggota legislatif yang malas untuk  melaksanakan tugasnya, antara lain berinisial MAB, Ketua Badan Kehormatan (BK), TT, dari partai Gerindra, MS dari PPP, LP dari partai Golkar dan JB dari partai PKPB.

JB sendiri, selama ini kinerjahnya sangat kerap disoroti berkaitan dengan jarangnya yang bersangkutan masuk kantor. “Kinerja dan fungsi pengawasan anggota DPRD yang melekat dalam diri mereka tidak ada nilai,” katanya.

Salah satu pejabat tinggi  di lingkup Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulteng  yang dimintai komentarnya, berjanji akan lebih mengawasi peran dan kinerja para anggota dewan untuk meminimalisir perilaku curang yang telah mereka lakukan.

Menurutnya kedepan dalam setiap kegiatan perjalanan para anggota dewan, pihaknya akan meminta agar sekretariat DPRD dalam hal ini pihak keuangan untuk  tidak  melakukan pembayaran SPPD nya tanpa melihat kondisi real di lapangan (pada saat keberangkatan),” ungkapnya.

Ditambahkan, BPK kedepan juga akan melakukan upaya kerjasama dengan pihak bandara dalam hal pengawasan kinerja PNS dan anggota legislatif dengan mengagendakan pemeriksaan penyesuaian nama penumpang dalam tiket yang disesuaikan dengan KTP pemilik tiket agar dengan sendirihnya setiap penumpang tidak dapat memungsikan penggunaan tiket milik orang lain.RmB/ST


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59697)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52393)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51551)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15040)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14306)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14132)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13849)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13356)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12386)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9325)
Bedah JayaposKasus Tanah Kas Desa RancaudikSubang, Jaya Pos Sejak berlakunya regulasi Otonomi Desa, selain melahirkan hikmah juga mengundang masalah. ...


Terkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RABDenpom Pekanbaru Menertibkan Perjudian di TapungKades Sinamanenek Diduga Merugikan Warganya
Laporan KhususKetua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliBaturaja, Jaya Pos Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Purwadi SP ...


Polsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik50 Anggota DPRD Subang Periode 2019-2024 DilantikSrikandi Baru Terpilih dan Dilantik dari Dapil II