Minggu, 18 Maret 2012 - 10:26:12 WIB
Tolitoli Targetkan Tahun 2014 Rebut Penghargaan AdipuraKategori: Sulawesi Tengah - Dibaca: 373 kali

Baca Juga:Wadah Reklame Semrawut, Mestinya DitertibkanPT. Komatsu Dituntut Kembalikan Tanah Warga 25.400 MeterPanorama Pucuk Buhit di Sianjur Mula Mula SamosirPerusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun?

Tolitoli-Sulteng, Jaya Pos

Kabupaten Tolitoli yang dikenal sebagai lumbung cengkeh di Sulawesi Tengah, kini Saleh Bantilan SH MH selaku Bupati, menargekan pada tahun 2014 menjadi salah satu peserta untuk memperbutkan penghargaan Adipura.

Untuk itu, bupati berharap, seluruh komponen masyarakat Tolitoli tetap menjaga kebersihan, keindahan, dan ketertiban, sesuai dengan Peraturan Daerah tentang Retribusi Persampahan No 14 Tahun 2005 dan No 06 Tahun 2008 tentang K3 (Kebersihan, Keindahan dan Ketertiban).

Kepala Dinas Tata Ruang Kabupaten Tolitoli, Djoko setyono SIp ditemui Jaya Pos di ruang kerjaanya mengatakan, Kebersihan adalah tanggung jawab bersama. “Apa yang dilakukan, saya ingin memaksimalkan dinas tata ruang, dalam rangka pembersihan dan pembuangan sampah pada tempatnya,” katanya.

Menurutnya, kebersihan sangat penting, sehingga pihaknya juga memberikan penyuluhan ke tiap sekolah, agar turut berpartisifasi menjaga kebersihan.

Diuraikannya, langkah awal bagaimana memaksimalkan kondisi yang ada untuk meningkatkan pelayanan kebersihan, dengan mencanangkan kegiatan masyarakat peduli terhadap kebersihan. Pihaknya akan mencarikan peluang–peluang untuk mendukung pelaksanaan kebersihan dalam pengelolaan sampah yang sering disebut tiga R yakni, Reuse (menggunakan kembali sampah), Reduce (mengurangi sampah), dan Recygle (mengolah kembali atau daur ulang). “Setelah itu, masyarakat diharapkan mempunyai kepedulian terhadap sampah, karena sampah bisa menambah income dari segi pendapatan masyarakat.

Untuk itu, kita ingin mengikutsertakan Kabupaten Tolitoli sebagai peserta adipura. Kalau ini sudah siap, menurut saya menjadi peserta adipura lebih muda, sehingga Tolitoli menjadi kabupaten bersih, sehat, aman dan damai,” katanya.

Djoko menambahkan, untuk tahun pertama, semua pihak diminta agar peduli terhadap kebersihan sehingga nantinya adipura jangan sebagai slogan, karena adipura bukan satu tujuan, akan tetapi wujud nyata peduli akan kebersihan.

Bagaimana menghidupkan simpati masyarakat terhadap kepedulian kebersihan, lebih cepat lebih baik, tergantung peluang yang diperoleh. “Mudah–mudahan tahun 2014 kita sudah bisa ikut peserta adipura,” harapnya.

Untuk itu, lanjut dia, sampah menjadi tanggungjawab bersama. “Kami ingin tahu bagaimana perlakuan masyarakat terhadap sampah khususnya pada tempatnya, sehingga masyarakat dapat membantu petugas untuk membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya. UrM/ST


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59474)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51340)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (38603)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14818)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14119)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13931)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13683)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13117)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10471)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9111)
Bedah JayaposDana Pokir Desa Bojonegara Diduga Dijadikan Ajang BancakanSubang, Jaya Pos Para pelaku tindak pidana korupsi bukan orang-orang susah yang butuh uang buat bayar sewa ...


Korupsi Dana Desa, Dua Oknum Kades Asal Sukabumi DihukumMasyarakat Minta Bupati Turun Tangan Selesaikan Kasus Penutupan Jalan Pengadaan Alat Timbang DAK Ketapang, Kadisperindag Diduga Lakukan Pembohongan PublikProyek Siluman: Galian C dan Klaser di Desa Treman Diduga Tidak Memiliki Izin Proyek Lapangan Sepak Bola Konvensional Pagesangan Diduga Menyimpang, Dispora Surabaya Lakukan PembMantan Plt Camat Kapuas Murung Divonis 4 Tahun Penjara, Denda 200 JutaPelebaran Jalan Lingkar Samosir Kurang Profesional
Laporan KhususBupati Sergai Gelar Halal Bihalal Bersama Ratusan Masyarakat Perbaungan dan Pantai CerminSergei, Jaya Pos Bupati Sergai, H Soekirman gelar halal bihalal bersama Camat Perbaungan dan Camat Pantai ...


Meriahkan HUT Ke-235 Kota Pekanbaru, SMPN 35 Pekanbaru Gelar Lomba Permainan TradisionalSilaturahmi Masyarakat di Hamparan Perak Berjalan BaikWaasops Panglima TNI Cek Kesiapan Akhir Satgas Yonif 406/Ck Pamtas RI-PNGBupati Banyumas Nominator Penerima Satyalencana PembangunanUhum Dalam Kehidupan Masyarakat BatakFachrori Umar Sebut Danau Sipin Siap Untuk Gelaran Kejurnas DayungKorem 071/Wk Halal Bihalal Pererat Silaturahmi dan Kebersamaan