Rabu, 07 Maret 2012 - 07:29:17 WIB
Medco Tomori Sulawesi Rentan PolemikKategori: Sulawesi Tengah - Dibaca: 645 kali

Baca Juga:Oknum Kepala SDN 03 Kota Alam Diduga Selewengkan Dana BOSPegawai Tak Disiplin Harus Diberi SanksiPemkab OKU Menjalin Silahturahmi Dengan Memancing Gembira Bersama Insan PersMentan Panen Raya Perdana Jagung Hibrida di Garut

Banggai Sulteng, Jaya Pos

Kabupaten Banggai yang beribukota Luwuk menyimpan sumber daya alam berupa gas alam, yang bernilai ekonomi tinggi, kini telah ditangani oleh perusahaan besar, dan rencana pada tahun ini akan beroperasi.

Investasi ini, jika dipersiapkan infrastrukturnya secara komprehensip serta terbangun kesepahaman, khususnya dengan masyarakat sekitarnya, maka outcount dapat meningkat kan ratting ekonomi, termasuk Pemda Banggai maupun secara nasional.

Ini tentunya, khususnya bagi masyarakat Kab. Banggai merupakan suatu kebanggaan, karena ternyata daerahnya kaya akan smber daya alam migas. Namun kebanggaan itu, terhantui karena nampaknya, rentan menim bulkan “polemik”. Pasalnya, ekosistem, habitat, termasuk  hutan terabaikan kelestariannya, demikian pula burung Maleo yang berada di kawasan Swakamargasatwa Bakiriang, Toili, terancam lebih punah.

Informasi yang diperoleh Jaya Pos di lapangan, bahwa, Blok Toili memiliki dua lapangan, yaitu Tiaka memiliki 6 sumur, yang diperkirakan total produksi 1.5001.600 barel perhari (BPH), sementara Senoro, ada 3 sumur yang akan beroperasi tahun ini.

Seperti yang pernah dilansir dari media Kontan, hal itu diakui General Manager Joint Operating Body (GM JOB) Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi, Indra Prasetya, bahwa sumur baru yang pertama dibor dimulai Maret 2012, dan bila prosesnya lancar, diperkirakan sumur tersebut akan menghasilkan minyak pada sekitar Juli 2012.

Selanjutnya, manajemen akan mengebor sumur kedua dan ditargetkan berproduksi pada September 2012. “Pengeboran sumur ketiga akan menyusul. Berproduksi pada akhir tahun 2012, untuk gas yang dihasilkan dari Senoro, akan dipasok dan diolah menjadi gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) di kilang LNG Donggi Senoro.

Pembangunan kilang itu kini sedang berlangsung dan diperkirakan akan selesai tahun 2014, dan total gas dari Senoro akan mencapai 250 mmscfd. Kami juga akan mengalirkan gas ke pabrik pupuk yang segera ada di daerah ini,” jelas Indra.

Sementara, Suban, Humas JOB Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi dikonfirmasi di kantornya, terkesan menghindar untuk ditemui. Apalagi mau memberi keterangan. “Saya tidak usah memberi tanggapan pak. Itu bukan kewenangan saya kasih tanggapan, terimakasih,” tulis Suban, melalui pesan singkatnya saat dikonfirmasi via SMS.

Kesan yang sama, dipertontonkan Humas LNG, Rahmat Azis. Bila pihaknya tidak dapat memberikan keterangan lebih rinci mengenai permasalahan tersebut, dirinya mengakui, perlu ada persetujuan dari kantor. ArM & Abn/ST


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59697)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52393)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51551)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15040)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14306)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14132)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13849)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13356)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12386)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9325)
Bedah JayaposKasus Tanah Kas Desa RancaudikSubang, Jaya Pos Sejak berlakunya regulasi Otonomi Desa, selain melahirkan hikmah juga mengundang masalah. ...


Terkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RABDenpom Pekanbaru Menertibkan Perjudian di TapungKades Sinamanenek Diduga Merugikan Warganya
Laporan KhususKetua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliBaturaja, Jaya Pos Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Purwadi SP ...


Polsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik50 Anggota DPRD Subang Periode 2019-2024 DilantikSrikandi Baru Terpilih dan Dilantik dari Dapil II