Senin, 26 Januari 2015 - 06:53:21 WIB
Geram Pantau Proyek PK PAMSS 2015 Senilai 227 MilyarKategori: Sulawesi Selatan - Dibaca: 264 kali

Baca Juga:Sat Pol-PP Kec. Manis Mata Ketapang Siaga MalamTerkait Laporan KDRT, Anggota DPRD Batang Hari Bantah Tudingan Mantan IstriGedung Samsat Kabupaten Sidoarjo Gagal KontruksiEdwin Hendrik : Swakelolah Lebih Bagus Dibanding Tender

Makassar, Jaya Pos

Pengalokasian dana APBN yang jumlahnya ratusan milyar tiap tahunnya untuk pengembangan kinerja pengelolaan air minum Sulawesi Selatan (PK PAMSS) jadi perhatian serius berbagai pihak.

Dimana pemanfaatan anggaran dari pemerintah pusat melalui Kementerian PU ini diduga sarat dengan praktek-praktek tidak sehat, mulai dari proses tender pekerjaan, penentuan pemenang lelang, berlangsungnya kegiatan dilapangan oleh kontraktor pemenang lelang.

Sampai berakhirnya pelaksanaan pekerjaan, terdapat banyak penyimpangan yang terjadi ,dan hal ini luput dari pengawasan aparat penegak hukum yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk mengungkap hal ini butuh waktu dan tim yang solid. Menurut abd. Rahman dari koalisi Gerakan Rakyat Anti Manipulasi (Geram), pelaksanaan kegiatan PK PAMSS dari tahun ke tahun terus dilakukan hampir di setiap daerah kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, dan tiap tahunnya anggaran yang dialokasikan dari pemerintah pusat ini, terus bertambah.

“Sehingga kami merasa terpanggil mengawasi seluruh kegiatan PK PAMSS yang akan dilaksanakan pada tahun 2015 nanti, dengan jumlah alokasi anggran sebesar Rp 227 milyar. Kami akan pantau secara keseluruan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang akan dilakukan oleh PK PAMSS, khususnya pengembangan kegiatan SPAM Wil.I.

Berdasarkan data yang kami dapat melalui Kementerian PU, untuk tahun 2015 nanti terdapat 57 kegiatan yang sumber dananya berasal dari APBN, dan dikelola Satker PK PAMSS, dengan penangung jawab Ir.Kaharuddin, M.si,” kata tutur abd.Rahman kepada Jaya Pos.

Untuk itu, pihaknya pun membentuk tim investigasi yang terbagi dalam tiga tim untuk memantau persiapan proses pengumuman tender sampai dengan proses pelaksanaan kegiatan.

“Saat ini kami telah banyak mengumpulkan data awal terkait dengan perusahan perusahan yang akan mengikuti tender, dan yang akan menjadi pemenang lelang, pada puluhan paket pekerjaan,” tuturnya.

Dalam melakukan pemantauan, tambahnya, setiap masalah yang ditemukan akan segera diekspose ke media, dan tim langsung membuat laporan ke Kementeruian PU di Jakarta.

“Sehingga pemerintah pusat segera mengetahui segala bentuk penyimpangan dan kesalahan yang terjadi. Serta bukan hanya mendapatkan laporan asal bapak senang (ABS), dan kami berharap pihak Kementerian PU bersikap tegas dengan apa yang kami temukan dilapangan. Jika laporan kami tidak mendapat respon, maka kami akan membuat laporan resmi kepada Presiden,” tegas Rahman.

Agar publik mengetahui kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan oleh PK PAMSS, maka setiap minggunya, mulai Januari 2015, pihaknya akan merilis serta mengekspose setiap kegiatan PK PAMSS yang ada di setiap daerah. “Dengan demikian masyarakat dapat membantu kami untuk memberikan informasi tambahan terhadap kegiatan akan dilaksanakan, yang sedang dikerjakan, serta yang akan segera berakhir,” ujarnya. JK


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59367)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51240)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (33092)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14715)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14007)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13843)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13600)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13009)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9914)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9018)
Bedah JayaposTim Saber Pungli Kota Banjar Siap Tindaklanjuti Dugaan Pungli di DisdikbudBanjar, Jaya Pos Tunjangan Kinerja (Tunkin) pengganti Tunjangan Dae­rah (Tunda) yang bakal diterima ...


Warga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan ListrikBobroknya Sikap Oknum Pegawai Bank BNI BukittinggiRekanan Chevron Diduga Gunakan BBM BersubsidiSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruGus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ?Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR
Laporan KhususPemkab Labusel Kembali Memperoleh WTP TA 2108 dari Kepala BPK RI Perwakilan SumutLabusel, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Selatan (Labusel) kembali memperoleh opini Wajar ...


Pemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang DihotmixLakukan Reformasi Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota, Naikan Pendapatan dan Pembangunan ApartemenPemkab Humbahas Raih WTP dari BPK RI Perwakilan SumutPatik Dalam Kehidupan Batak Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018