Rabu, 22 Januari 2014 - 11:12:36 WIB
Agama Dan Ulama Berperan Penting Dalam MasyarakatKategori: Jambi - Dibaca: 217 kali

Baca Juga:Gubernur Jambi Terus Berupaya Memperjuangkan Kepentingan Masyarakat TI Rajuk Sungai Bulu Dijadikan Ladang ATM Oknum AparatPemerintah Terus Mendukung Pembagunan Infrastruktur Bank JambiGubernur Harap Media Telivisi Sajikan Tontonan Sehat

Jambi Jaya Pos

Gubernur Jambi,H.HasanBasriAgus(HBA)menyatakanbahwa sangat menyadari betul arti penting peran agama dan ulama dalam masyarakat. Karena itu Pemerintah menyakini bahwa ulama adalah patner abadi pemerintah dalam membagun Provinsi Jambi, tempat bertanya ketika setiap ada persoalan besar terhadap moralitas yang dihadapi.Hal itu disampaikannya saat menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW dan Khaul Syekh H.Abdul Qodir Ibrahim di pondok pesantren As’ad Olak kemang seberang Kota Jambi (Senin 20/1).

Dalam sambutan dan arahannya, Gubernur mengatakan, “peringatan Maulid nabi Muhammad SAW dan pelaksanaan khaul ulama-ulama besar seperti ini sudah menjadi tradisi di lembaga pendidikan seperti di pesantren As’ad ini dan sangat mempunyai makna sungguh amat penting bagi kita semua. Nabi Muhammad SAW adalah contoh tauladan akhlakul karimah umat manusia diseluruh dunia, sedangkan almarhum Syekh H.Abdul Qodir Ibrahim adalah contoh ulama besar bagi umat islam di Provinsi Jambi,”ujarnya.

Dijelaskan oleh gubernur, anak-anak muda  banyak terpengaruh oleh perilaku yang merusak masa depan mereka sendiri dan masa depan Bangsa ini. Itulah sebabnya sekarang baik di Negara Barat maupun di negara-negara Islam muncul pemikiran transmodernisme, sebuah gagasan yang merindukan kembali agama, ulama, dan kitab suci yang memainkan peran lebih besar dalam memperbaiki moralitas umat manusia, karena kehidupan kapitalis, sekuler yang mengabaikan agama telah begitu jauh membawa umat manusia tersesat dari garis-garis yang telah ditetapkan Allah untuk menuju keridhoan-Nya.

Ditegaskan-Nya dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan khaul seperti ini agar bisa mengingat jasa para ulama besar yang pernah berpengaruh dalam sejarah Islam dan tauladan kehidupan junjungan besar semesta alam, Muhammad SAW. Dengan Khaul seperti ini juga bisa membangun semangat baru untuk memunculkan ulama-ulama baru yang sesuai dengan tuntutan zaman. Ulama yang berani menyatakan kebenaran yang hakiki untuk memperlurus perjalanan hidup Jama’ah dan para ulama yang memimpin jama’ah dan masyarakat lainnya,” terang HBA.

Sepanjang sejarah Islam sampai saat ini, ulama mempunyai peran yang sangat penting dalam keberlangsungan kehidupan keagamaan Islam. Karena melalui kefasehan lidahnya dan keikhlasan hatinyalah Islam bisa di wariskan secara turun-temurun sampai saat ini. Tampa ulama, sulit rasanya kita bayangkan Islam bisa sampai ke tangan dan telinga kita,” ujar Gubernur.

Pada kesempatan ini, beliau juga menyampaikan,” sebagai wakil dari Ulama atau Pemerintah untuk menyampaikan bahwa dalam melihat arti pentingnya agama dan ulama, Pemerintah Daerah telah menyediakan  beasiswa penuh bagi siapa saja mahasiswa Jambi yang bisa mengambil S2 atau S3 di Universitas Al-Azhar di Mesir, baik dalam bidang tafsir, Syariah/Hukum Islam maupun pemikiran Islam. Sesuai dengan tuntutan zaman saat ini, kader ulama harus dilengkapi dengan kemampuan menganalisis fenomena sosial melalui metode tertentu. Itulah sebabnya perlu mengikuti program pendidikan S2 atau S3 di luar negeri. Di samping ilmu yang diperoleh di pesantren perlu di tambah dengan ilmu-ilmu lain di tingkat yang lebih tinggi lagi ,”pungkas Gubernur.

Tema Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Syekh H.Abdul Qodir Ibrahim ini adalah”Perkuat jati diri pesantren sebagai lembaga yang mengkaderkan ulama yang Amilin, Muttaqin, Sholihin, Mursyidin dan Muhtadin serta sukses dalam Musabaqoh Qiratil Kutub (MQK) Tingkat Nasional 2014.

Turutd hadir perwakilan dari korem 024 Gapu, Kepolisian, Kepala Biro Humas, Protokol Setda Rahmad Hidayat.Sos.M.Si, Kepala Biro Umum Sumantri, Kasat Pol.PP, Jon Ekapowa, Guru, Pimpinan Pondok Pesantren, serta para Ulama dan tokoh masyrakat serta para undangan lainnya. (Afrizal)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59277)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51143)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (25960)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14466)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13895)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13593)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13502)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12898)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9210)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8914)
Bedah JayaposKorban Tsunami Alami Kerugian, Petinggi Balai TN Ujungkulon Terkesan Lakukan PembiaranPandeglang, Jaya Pos Semenjak tejadinya tsunami di perairan Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu, salah ...


Kinerja BLP2A Kota Surabaya Layak Di Sorot Terkait Aset Kendaraan dan Kepemilikan BPKBGubernur Sulut Patut Tinjau Kinerja Kadis Kominfo Jety PuluDiduga DD Ganggaeng Tahun 2018 Tak Direalisasi, Kecamatan Picung Ambil Jurus Gubernur Sulut Patut Tinjau Kinerja Kadis Kominfo Jety PuluKontruksi Jalan Paving Baru Mleto Di Korupsi? Pengawasan Dinas Tutup MataProyek Survey Data Base Berbasis Web GIS 1,1 Miliar Terindikasi FiktifWarga Keluhkan Kwalitas U-Ditch Mercu Graha Fabrikasi Banyak Pecah dan Retak
Laporan KhususSekda: Jabatan Pegawai Sesuai Kompetensi Lahirkan Pemerintahan Yang BaikKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng), kembali ...


Pemkab Tangerang Peduli Pola Hidup Bersih Dan Sehat Di Pondok PesantrenBupati Banyumas Lantik 7 Camat BaruTanah Datar Raih Terbaik I PPD Tiga Tahun Berturut-TurutFachrori Yakinkan Konjen Singapura Berinvestasi di JambiBupati PALI Resmikan 12 Unit Pasar RakyatPemkab Labuhanbatu Terima Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2018Padang Panjang Menuju Kota Sastra