Senin, 26 November 2012 - 07:21:11 WIB
Selebaran Keputusan MA Atas Kasasi Alhajar BeredarKategori: Jawa Timur - Dibaca: 418 kali

Baca Juga:Wabup Asahan Buka Sosialisasi Pilgubsu dan WagubDPRD Kota Padangpanjang Minta BAZ Evaluasi Penyaluran ZakatDPK Sepakati UMK Batam Naik 730 RupiahAsyik Ngerumpi, Guru SD 173393 Terlantarkan Siswa

Tanggamus, Jaya Pos

Selebaran kertas yang berisikan Keputusan Mahkamah Agung (MA) atas kasasi Kejaksaan Negeri (Kajari) Kotaagung mengenai vonis bebas Ketua DPRD Tanggamus non aktif Alhajar Syahyan beredar di Kotaagung. Dalam selebaran berupa print out bertinta hijau ini bertuliskan Kepaniteraan Mahkamah Agung Republik Indonesia informasi perkara dengan nomor register 268 K/PID.SUS/2012 pada bagian kanan atasnya.

Dalam selebaran tersebut juga tertera tanggal masuk surat yakni 31 Januari 2012, dengan amar putusan Kabul Kasasi atas Pemohon Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kajari Kotaagung dengan tanggal putus 4 Juli 2012.
Selain itu, terdapat beberapa nama yang tercantum dalam selebaran ini, antara lain Hakim P1 Sophian Marthabaya SH, Hakim P2 Mohammad Askin, Prof DR SH, Hakim P3 Mansur Kartayasa H SH MH. Sementara pada baris Hakim P4 dan Hakim P5 terlihat kosong (tidak ada nama-red).

Untuk lebih meyakinkan keberadaan selebaran tersebut, Jaya Pos coba membuka situs Mahkamah Agung. Hanya saja, saat di klik pada kolom kepaniteraan, situs tersebut tidak bisa membuka. Begitu juga dengan kolom putusan yang terdapat pada situs ini.

Terkait selebaran tersebut, Wakil Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kotaagung, Srutopo Mulyono SH dengan tegas menyatakan bahwa pihaknya belum mendapatkan salinan putusan dimaksud.

“PN belum mendapatkan salinan putusan tersebut. Kami juga telah mencari di internet untuk mengetahui bunyi putusan itu, tetapi hasilnya juga nihil. Yang sah itu, harus ada hitam di atas putih,” tegasnya, beberapa waktu lalu.

Senada dikatakan Kajari Kotaagung, Bahrudin SH MH, yang juga menyatakan bahwa pihaknya belum menerima salinan putusan MA tersebut. “Kami belum terima salinan putusannya. Kalau memang kasasi dikabulkan dan kami terima salinannya, maka kami akan langsung mengeksekusi yang bersangkutan,” ujarnya.

Terpisah, Alhajar Syahyan ketika dihubungi melalui telepon selulernya justru mengatakan belum mengetahui perihal adanya selebaran tersebut. Dirinya juga menanggapi hal ini dengan santai. “Saya belum tahu adanya salinan putusan MA itu. Saya juga pernah tanya ke PN Kotaagung, tetapi mereka juga belum dapat. Makanya saya bingung kok bisa ada selebaran itu,” terangnya.

Terkait putusan MA apakah mengabulkan kasasi yang diajukan Jaksa atau tidak, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada putusan MA. “Sebagai warga negara yang baik saya akan patuhi apa yang menjadi putusan MA sesuai peraturan yang berlaku. Saya gak akan lari kok,” ujar Alhajar.

Disinggung apakah ada upaya hukum dari dirinya jika memang benar kasasi dikabulkan, Alhajar belum mau berkomentar panjang. “Ya, kita lihat dulu apa putusannya. Kalau memang nantinya harus ada upaya hokum, ya saya ajukan peninjauan kembali (PK). Tapi lihat nanti sajalah,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Keluarga Besar Pemuda Tanggamus (KBPT) Buyung M menanggapi adanya isu selebaran putusan kasasi Alhajar ini meminta agar secepatnya diproses jika memang keputusan MA sudah keluar dengan mengabulkan kasasi Alhajar.
Karena menurutnya, sudah seharusnya Ketua DPRD Tanggamus dijabat oleh ketua defenitif demi melancarkan tugas-tugas untuk membantu pembangunan di daerah.

“Itu baru isu. Kalau memang benar adanya, ya saya harap aparat penegak hukum seperti Kejari segara memprosesnya. Karena sudah seharusnya Ketua DPRD Tanggamus dijabat oleh ketua defenitif agar tugas-tugas lembaga yang fungsinya pengawasan dapat berjalan dengan baik,” ujar Buyung.Candrairawan


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (72256)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61055)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52810)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20581)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16393)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15661)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15311)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15005)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14831)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11332)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya