Kamis, 27 Februari 2020 - 07:40:08 WIB
Kesbangpol dan BNN Gelar Sosialisasi P4GNKategori: Jawa Barat - Dibaca: 43 kali

Baca Juga:Kepala Sekolah SMK 6 Perkapalan Bulukumba Kerjakan Proyek "Siluman" Senilai Miliaran RupiahOknum di SDN 1 Suka Mulia Diduga Lakukan PungliSosialisasi Penyalahgunaan Narkoba di Kecamatan Bulok DigelarBantuan Sapi Digelontorkan, Bau Tidak Sedap Limbah Kotoran Sapi Resahkan Warga

Ciamis, Jaya Pos

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis menggelar sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, bertempat di aula Desa Sagalaherang Kecamatan Panawangan, Selasa (11/2). Dengan diikuti sebanyak 50 orang peserta yang hadir dari perwakilan kepala desa, Ketua MUI Desa, Ketua Karang Taruna dan Ketua Pokja IV PKK Desa lingkup Kecamatan Panawangan.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Ciamis Drs HD Sukendar MSi menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk lebih memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya narkoba, karena sebagian besar korban narkoba itu para generasi muda dimana mereka sebagai ge­nerasi penerus, sehingga perlu antisipasi dari sejak dini. “Kegiatan inipun merupakan perhatian dari pemerintah dalam upaya menanggulangi masalah narkoba. Pemerintah wajib hadir di tengah masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif, karena tidak cukup hanya pemerintah saja yang menanggulangi masalah narkoba ini, tetapi seluruh komponen masyarakat pun harus ikut berperan,” jelasnya.

Pemilihan Kecamatan Panawangan, sebagai titik awal, kata D Sukendar karena Kecamatan Panawangan berbatasan dengan wilayah kabupaten tetangga yaitu Kuningan dan Majalengka, serta dilihat dari berbagai aspek, itu cukup rawan. “Sehingga kami memutuskan untuk sosialisasi P4GN pertama ini dilaksanakan di Kecamatan Panawangan,” terangnya. Rencana kedepan akan dilaksanakan pula kegiatan serupa yang tempat­nya di wilayah daerah-daerah perbatasan.

Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin SSos MSi mengatakan, masalah pencegahan penyalahgunaan narkoba bukanlah menjadi tugas dari BNN atau aparat hukum saja, namun sudah menjadi tugas kita bersama termasuk generasi muda di dalamnya. “Upaya P4GN yang dilakukan sejak dini sangatlah penting, tentunya peran orang tua, keluarga dan juga peserta yang ha­dir saat ini sangat besar bagi pencegahan penanggulangan terhadap narkoba,” kata Engkos.

Menyampaikan informasi terkait upaya P4GN bisa dilakukan dalam setiap kesempatan, jelas Engkos, semisal pada kegiatan keagamaan, kajian-kajian rutin, ataupun dalam pertemuan para Ibu-ibu PKK. Itu merupakan salah satu bentuk dari peran serta masyarakat dalam upaya menanggulangi masalah narkoba.

“Saya himbau bila ada keluarga, teman, tetangga yang terlanjur sudah menggunakan narkoba segera bawa ke BNN untuk dipulihkan. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini para peserta mampu untuk membentengi diri sendiri dan mampu menyebarkan informasi ini kembali di lingkungan masing-masing,” jelasnya.

Salah satu peserta, Asep Hilman (19) merasa bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting sehingga peserta yang hadir memiliki wawasan dan pemahaman tentang narkoba. “Dilihat dari kondisi saat ini, permasalahan narkoba sangat memprihatinkan apalagi banyak korbannya dari kalangan remaja. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, selain bisa menambah pengetahuan, para peserta bisa menyampaikan kembali kepada teman, rekan di tempat masing-masing, sehingga informasi tentang bahaya narkoba tidak putus sampai disini saja,” pungkasnya.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (73670)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61090)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52839)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20976)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16423)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15690)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15321)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15018)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14876)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11478)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya