Selasa, 25 Februari 2020 - 07:30:52 WIB
Terima Perwakilan Aksi Massa Komisi IV DPRD Trenggalek Siap Menjadi FasilitatorKategori: Jawa Timur - Dibaca: 36 kali

Baca Juga:Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba di Kecamatan Bulok DigelarBantuan Sapi Digelontorkan, Bau Tidak Sedap Limbah Kotoran Sapi Resahkan Warga Terkait DAC 2010 Sekdakab Tulungagung Didatangi Penyidik PolresPenyalahgunaan Narkoba Meningkat, BNK Majalengka Mandul

Trenggalek, Jaya Pos

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek melalui Komisi IV menerima perwakilan massa yang menyampaikan aspirasi mereka pada Rabu (19/2/2020). Sebelumnya, ratusan massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Kemanusiaan (FMPK) Trenggalek melakukan ‘longmarch’ dari bawah patung garuda selatan alun-alun menuju kantor wakil rakyat.

FMPK sendiri terdiri dari gabungan beberapa ormas yaitu Lembaga Garuda Muda Indonesia (LGMI), Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK-RI), Aliansi Rakyat Peduli Trenggalek (ARPT) dan komunitas netizen Info Seputar Trenggalek (IST).

Mereka menyuarakan keluhan, terkait buruknya pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soedomo Trenggalek. Tak kurang dari 10 point tuntutan mereka sampaikan kepada DPRD sebagai pengemban amanah rakyat.

Ketua Komisi IV DPRD Trenggalek, Mugianto usai menerima perwakilan massa mengatakan jika pihaknya akan selalu menerima dan memfasilitasi apapun yang dikeluhkan masyarakat walaupun untuk keputusan hasil akhir tetap pada bupati sebagai kepala daerah. “Semua aspirasi akan tetap kami terima, kami tampung dan kami teruskan kepada pihak-pihak yang berkompeten. Akan tetapi untuk hasil akhir ada pada bupati, karena dalam birokrasi itu ada mekanisme,” ungkapnya.

Masih menurut Gus Obeng, sapaan akrab dari Mugianto, didalam undang-undang memang telah diatur dan dijamin akan hak menyampaikan pendapat didepan umum. Masyarakatpun juga punya hak untuk ikut serta melakukan pengawasan terhadap kinerja para aparatur negara. “Jadi, ketika masyarakat menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan standard mutu layanan maka masyarakat berhak pula untuk melakukan komplain. Dan kami sebagai wakil mereka, akan tetap jadi fasilitator,” imbuhnya.
Ditambahkan, perwakilan dari peserta aksi sudah dipertemukan dengan stake houlder terkait sehingga apapun yang disampaikan bisa langsung ditanggapi. Walau mungkin ada perbedaan-perbedaan persepsi, namun minimal sudah ada jawaban dari beberapa persoalan.

“Beberapa tuntutan sudah disampaikan dan langsung ditanggapi langsung oleh perwakilan RSUD. Kebetulan, direkturnya sedang dinas ke Jakarta sehingga diwakilkan namun sudah sedikit bisa memberi pencerahan. Mudah-mudahan secepatnya akan segera ada solusi terbaik demi masyarakat,” harap Gus Obeng.

Terpisah, salah satu kordinator aksi dari komunitas netizen Info Seputar Trenggalek (IST), Bambang Puji Susilo mengatakan bahwa manajemen RSUD Dr Soedomo sudah harus mulai memperbaiki diri utamanya dibidang pelayanan. “Karena sudah sangat banyak keluhan dari pasien dan masyarakat yang masuk kepada kami,” katanya.

Dia menandaskan, aksi damai ini sebenarnya merupakan titik awal dari perjuangan masyarakat guna memperbaiki aset milik daerah yakni RSUD. Ada sejumlah tuntutan yang diminta kepada pemerintah daerah selaku penanggung jawab RSUD. Diantaranya, pihak rumah sakit agar memberikan pelayanan prima kepada seluruh pasien baik yang rawat jalan maupun rawat inap.

“Para medis juga wajib melaksanakan tugas sesuai PP 26 tahun 1960 tentang Lafal Sumpah Dokter. Para medis harus tepat waktu dalam melayani pasien utamanya di pelayanan poli,” sambung Bambang.

Selain itu, pihak rumah sakit harus tegas dan memberi sanksi pecat terhadap anggota satuan keamanan yang tidak menghargai pasien serta keluarga pasien dan terkesan kaku atau arogan.

Tidak boleh diskriminatif terhadap pasien BPJS dan Umum. Transparasi penggunaan kebutuhan medis bagi pasien yang baru masuk di IGD. Bisa cepat dan tepat waktu dalam pelayanan resep apotek RSUD. Utamakan pelayanan dan penanganan lebih dulu ketimbang kemampuan biaya yang dimiliki pasien rawat inap. “Kedatangan kami tadi disambut baik oleh DPRD, kami juga dipertemukan dengan pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan. Alhamdulillah, manajemen RSUD Trenggalek berjanji untuk memperbaiki itu semua dalam jeda waktu enam bulan ke depan,” pungkasnya.(HWi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (72241)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61055)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52809)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20579)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16393)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15661)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15311)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15005)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14831)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11331)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya