Minggu, 23 Februari 2020 - 07:53:10 WIB
Bupati Sukabumi : UPK DBM Efektif Berdayakan Ekonomi Keluarga dan Minimalisir RenteirKategori: Jawa Barat - Dibaca: 47 kali

Baca Juga:Terkait DAC 2010 Sekdakab Tulungagung Didatangi Penyidik PolresPenyalahgunaan Narkoba Meningkat, BNK Majalengka MandulPat Gulipat Sertifikat di BPN SidoarjoPutusan PN Pangkep Kecewakan Korban

Sukabumi, Jaya Pos

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami membuka Gebyar Unit Pengelola Kegiatan Dana Bergulir Masyarakat (UPK DBM) Kecamatan Gegerbitung tahun 2020, di Lapang Karangjaya, Desa/Kecamatan Gegerbitung, Selasa (18/2/2020). Penampilan marching band dan kesenian tradisional menjadi pentas pembuka kegiatan tersebut.

Terdapat 828 orang penerima bantuan terdiri dari 678 ibu-ibu terbaik dalam Simpan Pinjam Perempuan (SPP) dan 150 anak yatim dari 29 sekolah tingkat dasar di Kecamatan Gegerbitung. Dalam kegiatan itu juga diberikan penghargaan UPK Award Kepada desa dan kader terbaik se Kecamatan Gegerbitung.

H. Marwan Hamami mengatakan, UPK DBM merupakan salah satu cara pemerintah dalam menghentikan pergerakan rentenir. Apalagi, diperuntukan bagi ibu-ibu dan hasilnya pun bisa kembali kepada masyarakat.”UPK jangan disamakan dengan jasa keuangan lain, sistemnya berbeda. UPK itu intinya dari ibu untuk ibu oleh ibu. Berbeda dengan rentenir,” ujarnya Bupati dalam sambutan

UPK tersebut diperuntukan bagi ibu rumah tangga, efektif sebagai penunjang kekuatan perekonomian keluarga. “Sambil ngurus anak dan mengurus rumah tangga bisa melakukan kegiatan pemberdayaan perekonomian keluarga,” ucapnya.

Keberadaan UPK saat ini sudah dipertegas lewat Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 79 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pelestarian dan Pengembangan Dana Bergulir Masyarakat. Sehingga sudah jelas aturannya. “Semua harus memajukan UPK. Sebab, tujuanya untuk membantu masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya menekankan agar UPK tersebut bisa sinkron dengan BUMDes. Sehingga tujuan menyejahterakan masyarakat sekitar bisa tercapai. “Ya, ibu ibu minimal belanjanya ke BUMDes. Sehingga perputaran uang tetap di wilayah kecamatan. Kalau ke minimarket, perputaran uangnya bisa ke luar daerah,” terangnya.

Ditempat yang sama, Camat Gegerbitung, R. Yanti Budiningsih mengatakan, keberadaan UPK dapat mendongkrak perekonomian, khususnya perempuan. Maka dari itu, UPK tidak hanya perguliran lewat simpan pinjam. Namun ada pemberdayaan perempuan.”Pemberdayaan perempuan ini direncanakan akan membentuk KUB. Selain itu diberikan pelatihan pengelolaan hasil dari Kecamatan Gegerbitung,” paparnya.

Apalagi, di Kecamatan Gegerbitung banyak potensi yang bisa digali. Diantaranya potensi peternakan ayam hingga ikan. “Bisa diolah menjadi abon, ataupun dendeng dan lainnya untuk pemberdayaan perempuan,” jelasnya.

Ketua UPK DBM Kecamatan Gegerbitung Aslim Rahim mengatakan, lembaga yang dipimpinnya meraih sejumlah prestasi di 2019 lalu. Pertama terkait keuntungan yang dicapai sebanyak Rp 1,1 miliar. Selain itu, tingkat pengembalian uang dari masyarakat sebesar 98,83 persen.

“Hal itu menjadikan UPK Kecamatan Gegerbitung di posisi terbaik ke tiga di Kabupaten Sukabumi. Bahkan selama 2019 telah menggulirkan dana sebesar Rp 6,1 miliar. Ini hasil kerjasama semua,” paparnya.

Aslim Rahim berterima kasih atas adanya Perbup Nomor 79 Tahun 2019 tersebut. Sehingga sistem kerja UPK lebih terarah dan karena sudah diatur dalam regulasi tersebut. (Yudi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (73684)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61091)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52839)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20976)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16423)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15690)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15321)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15018)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14876)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11480)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya