Sabtu, 22 Februari 2020 - 06:45:36 WIB
Baznas Sumedang Study Banding ke Baznas CiamisKategori: Jawa Barat - Dibaca: 114 kali

Baca Juga:Pat Gulipat Sertifikat di BPN SidoarjoPutusan PN Pangkep Kecewakan KorbanPembanguna Bandara Incluve Civil Ranai Mulai DilelangRenovasi Jembatan Ogan Satu Baturaja Bermotif Iklan Telkomsel

Ciamis, Jaya Pos

Secara umum kinerja Baznas Ciamis dapat dikatakan sudah berada dalam rentan kinerja yang sangat baik, namun masih terdapat beberapa aspek yang harus ditingkatkan, salah satu perbaikan yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba memperoleh sertifikasi dari ISO dan juga melakukan audit syariah pada lembaga.

Hal tersebut disampaikan Ketua Baznas Kabupa­ten Ciamis Drs H Saeful Ujun ketika menerima kunjungan Komisioner Baznas Kabupaten Sumedang, Rabu, (19/02) di ruangan kantor setempat, komp­lek Islamic Centre Ciamis.

Menurutnya, nilai dimensi makro Baznas Kabupaten Ciamis adalah 0,9 (Sangat Baik). Dimensi makro disusun dari tiga indikator yaitu regulasi, dukungan APBD dan database lembaga zakat. Indikator pertama, yaitu regulasi dae­rah mendapatkan nilai 1,00 (Sangat Baik). Hal ini dapat didefinisikan bahwa Pemkab Ciamis telah memiliki regulasi yang mengatur mengenai perzakatan. Selain itu, nilai indeks indikator APBD yaitu sebesar 1,00 menunjukkan sudah adanya alokasi APBD untuk biaya operasional Baznas Kabupaten Ciamis.

Nilai Indeks Zakat Nasional (IZN) Kabupaten Ciamis sudah mencapai kategori sangat baik, dengan nilai IZN 0,81. Dengan nilai seperti itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meraih indikator penilaian IZN ke-1 tingkat Provinsi Jawa Barat. “Pengukuran IZN yang dilakukan Baznas Ciamis telah menghasilkan nilai sebesar 0,81 (sangat baik), nilai tersebut diperoleh dari penggabungan dua dimensi yakni dimensi makro dan mikro,” kata H Saeful Ujun.

Menurutnya, raihan peng­hargaan indikator IZN ini merupakan prestasi dari semua bidang, yaitu dari sisi mikro kelembagaan yang diantaranya penghimpunan, pe­ngelolaan, penyaluran dan pe­laporan.

Indikator selanjutnya, kata H Saeful Ujun adalah database. Penilaian database menunjukkan nilai yang Baik yaitu 0,75. Indikator ini dibentuk dari tiga variabel yaitu jumlah muzakki dan mustahik, rasio jumlah muzakki individu terhadap rumah tangga di tingkat kabupaten dan rasio jumlah muzakki badan usaha terhadap jumlah badan usaha di tingkat kabupaten.

Pada variabel pertama, nilai yang diperoleh sebesar 1,00. Nilai ini menggambarkan bahwa Baznas Kabupaten Ciamis sudah memiliki semua database yang menjadi kriteria penilaian. variabel kedua penyusun indikator database menunjukkan nilai 0,25 yang berarti rasio muzaki terhadap penduduk muslim berada di antara rentang 1%-3,9%. Variabel terakhir menunjukkan nilai 1,00 yang berarti rasio badan usaha yang tercatat sebagai muzakki dengan jumlah badan usaha lebih dari sama dengan 4%.

Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai indeks kelembagaan Baznas Kabupaten Ciamis sebesar 0,90 (Sangat Baik). Indikator ini terbentuk dari empat variabel yaitu penghimpunan, pengelolaan, penyaluran dan pelaporan. Apabila hal ini dilakukan maka akan menambah bentuk transparansi lembaga yang dapat meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap BAZNAS Kabupaten Ciamis.

“Pada indikator dampak zakat, poin perbaikan yang dapat dilakukan adalah memberikan edukasi terkait pentingnya peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. Selain itu, Baznas Kabupaten Ciamis juga dapat melakukan inovasi program yang bisa lebih meningkatkan kemandirian mustahik di masa depan, misalnya dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya menabung. Baznas Kabupaten Ciamis juga dapat membantu mustahik untuk mendapatkan akses kepada lembaga keuangan baik itu lembaga formal maupun informal,” tandasnya.

Pernyataan Ketua Baznas Kabupaten Ciamis tersebut mendapat apresiasi dari Komisioner Baznas Kabupaten Sumedang, Rahmat Sanusi.
Menurutnya, hal tersebut yang melatarbelakangi Baznas Kabupaten Sumedang melakukan Study Banding ke Baznas Kabupaten Ciamis. Dimana Baznas Ciamis dinilai telah berhasil dalam pengelolaan zakat, infaq dan shodaqoh sehingga mendapatkan berbagai prestasi sampai tingkat nasional.

“Baznas Kabupaten Ciamis dinilai sudah berhasil menyadarkan warga untuk berzakat, berinfaq dan bershodaqoh hingga ke pelosok pedesaan dengan terbentuknya kantong-kantong UPZ di tiap-tiap desa yang berbanding terbalik dengan Baznas Kabupaten Sumedang yang hanya baru bisa melakukan kegiatan tersebut dalam momen-momen ramadhan saja,” ujar Rahmat.

Hasil dari study banding ini, kata Rahmat akan diimplementasikan di wilayah Sumedang dengan mengadopsi apa yang dilakukan oleh Baznas Kabupaten Ciamis.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (72255)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61055)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52810)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20581)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16393)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15661)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15311)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15005)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14831)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11331)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya