Jumat, 21 Februari 2020 - 07:09:48 WIB
Komisi 3 DPRD Soroti Kasus Rumah Ambruk Bersumber dari BansosKategori: Jawa Barat - Dibaca: 34 kali

Baca Juga:Putusan PN Pangkep Kecewakan KorbanPembanguna Bandara Incluve Civil Ranai Mulai DilelangRenovasi Jembatan Ogan Satu Baturaja Bermotif Iklan TelkomselPolres Siantar Diduga Tangkap Lepas 2 Pelaku Cabul

Banjar, Jaya Pos

Komisi III DPRD Banjar Bidang Pembangunan menyoroti peristiwa rumah ambruk yang dibangun program Bansos Provinsi Jabar tahun 2017. “Sangat memprihatinkan, kami memang harus betul-betul mengawasi semua bangunan di Kota Banjar de­ngan ekstra,” ujar Ketua Komisi III DPRD Banjar Bidang Pembangunan, Gun Gun Gunawan, seusai rakor internal Komisi III di DPRD Banjar, Selasa lalu.

Ia mengatakan, kualitas bangunan harus diwaspadai semua masyarakat, supaya peristiwa rumah ambruk yang menimbulkan korban luka seperti itu tak terulang kembali di kemudian hari. “Potensi rumah ambruk dan bangunan lainnya seharusnya tetap diwaspadai, karena musibah selalu datang tak terduga,” ujar Gun Gun kepada Jaya Pos.

Berlatar rumah yang ambruk itu dibiaya negara, yakni program Bansos Rutilahu Provinsi Jabar tahun 2017, ia berharap, stake holder terkait melakukan kajian secara menyeluruh atas program perbaikan rutilahu di Kota Banjar. ”Pengawasan program rutilahu itu seharusnya mulai perencanaan, pelaksanaan pembangunan sampai selama dihuni masyarakat penerima manfaat,” kata Gun Gun.

Dia berjanji akan menuntut pertanggungjawaban pihak terkait, supaya kasus rutilahu ambruk serupa tak terulang kembali. “Kualitas bangunan program perbaikan rutilahu semestinya memberikan jaminan aman untuk dihuni dalam jangka waktu yang panjang. Tidak seperti itu, dibangun 2017 pada tahun 2020 ambruk,” sebutnya.

Maka dari itu, diharapkan ada kejelasan anggaran dan kepastian ukuran bangunan yang dibiayai negara. “Kalaupun besaran anggarannya pasti, namun jika ukuran bangunan tidak ada ketegasan aturannya, otomatis berakibat buruknya kualitas bangunan rumah tersebut,” Gun Gun kembali menegaskan.

Seperti diberitakan Jaya Pos sebelumnya, rumah yang dibangun program Bansos Rutilahu Provinsi Jabar tahun 2017, ambruk, Minggu (2/2) pukul 11.00 WIB. Tepatnya, saat cuaca terang benderang. Rumah yang dibangun bersumber dari Provinsi Jabar tersebut milik pasangan Ade Uju (29) dan Ny Erina (30), warga RT 03/RW 19, Lingkungan Pintusinga Kelurahan/Kecamatan/Kota Banjar.

Ketua RW 19, Dadang Iskandar menduga rumah ambruk milik warganya itu berlatar konstruksi bangunan yang berkualitas buruk. “Terlihat campuran semen dan pasir pada adukan konstruksi berwarna putih. Jauh dari kelayakan standar bangunan aman dan nyaman dihuni untuk jangka waktu panjang,” kata Dadang.

Terbukti, dibangun tahun 2017, pada awal tahun 2020 sudah ambruk dan memakan korban luka serius. “Adukan semen yang berwarna putih tidak ada yang menempel kuat pada pasangan bata, maupun kontruksi kayu di bangunan tersebut. Terkait reng dan usuk pun berbahan bambu. Padahal, rapat rutilahu dahulu itu diharuskan berbahan kayu gunung,” Dadang mengakhiri.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (73682)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61091)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52839)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20976)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16423)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15690)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15321)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15018)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14876)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11479)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya