Kamis, 20 Februari 2020 - 08:45:00 WIB
Sekda Gumas Terima Penyerahan 7 Sertifikat Tanah PemdaKategori: Jawa Tengah - Dibaca: 47 kali

Baca Juga:Putusan PN Pangkep Kecewakan KorbanPembanguna Bandara Incluve Civil Ranai Mulai DilelangRenovasi Jembatan Ogan Satu Baturaja Bermotif Iklan TelkomselPolres Siantar Diduga Tangkap Lepas 2 Pelaku Cabul

Kuala Kurun, Jaya Pos

Pemerintah Kabupaten Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng), menerima penyerahan 7 sertipikat tanah milik pemerintah daerah (pemda) dari Badan Pertanahan Nasional setempat, Kamis (6/2/20).

Dalam acara penyerahan yang digelar di ruang rapat lantai I kantor Bupati Gunung Mas, sertipikat tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan, Ferdinan Adinoto kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Yansiterson.

“Kantor Pertanahan Kabupaten Gunung Mas bisa menyelesaikan sertifikat tanah Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Mas, yang diajukan kepada kami pada tahun 2019, dan ini merupakan prestasi juga, dan tidak terlepas dari koordinasi yang baik antara BPN dan Pemkab Gumas,” kata Ferdinan Adinoto dalam sambutannya.

Oleh karena itu, ia berharap kedepan juga dapat menyelesaikan sertifikat ta­nah Polres Gunung Mas. “Kami sudah berkoordinasi dengan bapak Kapolres dan rekan-rekan Kantor Pertanahan yang memang mengetahui riwayat permasalahan ini, karena sudah berlarut-larut, hampir sepuluh tahun belum terselesaikan,” ucapnya.

Selain menyerahkan sertifikat, menurutnya pihaknya juga akan berkoordinasi untuk menggali ulang supaya dapat bersama-sama merunut permasalahnya.

“Kami juga usul ke bapak Kapolres Gunung Mas supaya dibentuk tim, yang terdiri dari BPN, Kapolres dan Pemda setempat, supaya tim ini nanti yang secara kontinu menyelesaikan masalah tersebut, kalau kita koordinasi lepas pegang tidak bisa,” imbuhnya.

Selain itu ia juga meng­ungkapkan bahwa pada 2020 BPN Kabupaten Gunung Mas mempunyai target persertifikatan tanah cukup ba­nyak, yaitu pertama kegiatan PTSL ada tiga desa yang ditargetkan sebanyak 2.500 bidang yaitu di Desa Dahiyan Tambuk, Tumbang Lampahung dan Tumbang Tariak. “Kalau dua ribu lima ratus bidang tanah belum tercapai, maka akan kami revisi ke desa yang lain lagi,” tuturnya.

Kemudian kagiatan retribusi tanah ada 3.500 bidang, sasarannya adalah plasma. “Kita usahakan plasma 20 persen dari kewajiban pemegang HGU, karena HGU juga tanah negara yang sudah dikuasai masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, selaku Kepala BPN, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gunung Mas yang telah memfasilitasi acara penyerahan sertifikat tersebut.

Sementara itu, Sekda Gunung Mas Yansiterson mengatakan, acara tersebut dapat terlaksana, membuktikan bahwa pihaknya dapat berkerjasama dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang berharga. “Kedepan masih ada tanah yang harus disertifikatkan sebanyak lebih dari tiga ratus bidang,” paparnya.

Menurut Yansiterson, perlu diketahui, pemda juga punya Dinas Kahutanan dan Pertanahan karena terjadi perampingan organisasi Kehutanan bergabung dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan kembali ke bagian Pemerintahan Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas. “Tahun 2020 target pembuatan sertifikat masih banyak, hampir 6.000 bidang lebih dan kalau ini selesai bukan main,” ucapnya.

Masih menurutnya, pertanahan di seluruh Indonesia termasuk BPN Gunung Mas saat ini ditarget, dan diupayakan tercapai dengan personil pertanahan yang terbatas. “Jadi tidak mudah mencapai target yang begitu banyak, tetapi kita tetap berupaya dan pemda tetap memberi dukungan,” timpalnya.

Selain itu, ia juga sepakat, rencana dibentuk tim terpadu antara Pemda, Polres dan Pertanahan, untuk menyelesaikan tanah yang di Polres. “Jangan berpikir tim ini ada honornya, yang penting tim ini bekerja dengan prinsip segera menyelesaikan supaya tidak terjadi sesuatu di belakang hari yang tidak diharapkan. Terima kasih juga atas sertifikat yang sudah kami terima, yang sudah diproses oleh teman-teman dari BPN Gunung Mas,” pungkasnya. (Kominfosp/Mandau)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (73684)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61091)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52839)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20976)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16423)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15690)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15321)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15018)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14876)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11480)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya