Rabu, 19 Februari 2020 - 06:17:26 WIB
DPRD Trenggalek Dorong Kenalkan Potensi Wisata Lewat MusrenbangKategori: Jawa Timur - Dibaca: 35 kali

Baca Juga:Pembanguna Bandara Incluve Civil Ranai Mulai DilelangRenovasi Jembatan Ogan Satu Baturaja Bermotif Iklan TelkomselPolres Siantar Diduga Tangkap Lepas 2 Pelaku CabulAnambas Berbenah Diri, Mengungkap Kualitas Daerah, Susun Status Lingkungan Hidup

Trenggalek, Jaya Pos

Sebagai wujud kepedulian dan peran serta dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerjanya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek mulai aktif mendorong berbagai potensi yang ada. Salah satunya, strategi dalam mendongkrak lini kepariwisataan yang memang menjadi aset potensial Kabupaten Trenggalek.

Hal itu bisa dilihat dari semangat para wakil rakyat ketika mendorong agar pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) baik ditingkat desa sampai kabupaten untuk tidak lagi menggunakan gedung tertutup, akan tetapi di ruang terbuka. Selain bisa memberikan warna lain, hal tersebut juga sebagai salah satu sarana mempromosikan potensi setempat. 

Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam kepada Jaya Pos saat dikonfirmasi bahwa banyak hal yang bisa dilakukan demi meningkatkan potensi kepariwisataan Trenggalek, salah satu contohnya alternatif pelaksanaan Musrenbang di ruang terbuka. “Banyak hal positif yang bisa diambil ketika pelaksanaan Musrenbang ditempat terbuka, lebih khusus lagi pada titik-titik potensial daerah setempat,” sebutnya, Rabu (12/2/2020).

Menurut Samsul, selama ini Musrenbang selalu dilaksanakan di ruangan tertutup seperti kantor atau gedung. Jadi, ketika Musrenbang dilakukan di luar ruangan, tentu akan memberikan banyak nilai lebih. Diantaranya, sebagai sarana mengenalkan potensi wisata yang ada di masing – masing wilayah baik Desa maupun Kecamatan. “Nantinya, ba­nyak orang akan tau apa saja destinasi yang ada di tiap desa atau kecamatan tersebut,” imbuhnya.

Masih kata politisi senior PKB itu, pelaksanaan Musrenbang secara terbuka di kawasan wisata dimaksud juga bisa menjadi salah satu parameter dari bentuk kerja keras dan spi­rit masyarakat dalam mewujudkan potensi ekonomi melalui destinasi wisata mereka. “Bersama-sama, mari kita dukung dan maknai pelaksanaan Musrenbang di tempat terbuka ini, sebagai tanda bawasanya kita memasuki era keterbukaan. Dimana semua unsur masyarakat bisa berperan aktif dalam pembangunan,” ajaknya.

Bahkan kini, lanjut Samsul, Pemerintah Kabupaten Trenggalek juga sudah mewadahi dan memfasilitasi kepentingan dari para perempuan, anak, disabilitas dan kelompok rentan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Perempuan, Anak, Disabilitas dan Kelompok Rentan (Musrena Keren). “Sebagai wujud keberpihakan Pemkab Trenggalek kepada para perempuan, anak, disabilitas dan kelompok rentan maka diadakan juga Musrenakeren itu,” ujar Ketua DPRD.

Disinggung mengenai adanya Perpres 80 tahun 2019, yang telah ditanda tangani oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu dimana dalam salah satu pointnya, menyebut wilayah Trenggalek (Kecamatan Bendungan_red) menjadi daerah strategis karena termasuk bagian dari fokus proyek strategis nasional yaitu pengembangan kawasan Selingkar Wilis, Samsul Anam juga memberikan respon positif.

“Alhamdulillah, Trenggalek menjadi bagian dari proyek strategis nasional. Dengan adanya selingkar Wilis, diharapkan Kecamatan Bendungan bisa menjadi menjadi otoritas wisata seperti hal­nya kota Batu di Malang. Topografi Bendungan, mirip dengan Kota Batu dan Selingkar Wilis medukung potensi tersebut,” pungkasnya.(HWi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (72252)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61055)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52809)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20580)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16393)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15661)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15311)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15005)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14831)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11331)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya