Jumat, 08 November 2019 - 02:17:58 WIB
Wabup Shodiq Pastikan Warga Terdampak Kabut Asap Terlayani Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 83 kali

Baca Juga:Kinerja P2T Pemkot Jakut AmburadulProyek Parkir RSUD Sidoarjo Sarat Permainan , Pemenang Proyek Ancam Pukul WartawanSudah 3 Kali Kajari Dumai Berganti, Proses Hukum Dugaan Pidana Korupsi DipertanyakanKorupsi Anggaran Pansus DPRD Kota Bandung, Ebet Hidayat Diancam 20 Tahun Penjara

Kayuagung, Jaya Pos

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), HM Djakfar Shodiq memastikan warga yang dievakuasi akibat terdampak kabut asap akibat kebakaran lahan di areal dekat PT RAJ Sepucuk, Kayuagung terlayani.

“Bukan banyaknya bantuan yang diberikan tapi pelayanan dan kehadiran pemerintah di tengah bencana yang mereka alami yang kita pastikan,” sebut Wabup Shodiq saat mengunjugi warga lingkungan 4 RT 8/9 Pancur Kelurahan Kedaton Kecamatan Kayuagung yang dievakuasi di kantor Camat Kayuagung, Senin, (4/11).

Tidak semata-mata untuk memberikan bantuan dan melakukan sejumlah tindakan pertolongan, Lebih dari itu, menurut Shodiq kehadiran pemerintah memberikan semangat positif kepada para penyintas untuk tetap semangat.

Kepada warga Shodiq meminta agar tetap sabar dan berdo’a semoga kebakaran lahan dapat teratasi oleh Satgas yang sedang berjibaku mendinginkan areal terbakar serta segera turun hujan.

“Semua upaya sudah kita lakukan, semua pihak sudah bekerja, doa kita bersama agar segera diturunkan hujan, apinya padam dan saudara-saudara segera dapat kembali ke rumah,” ungkap Shodiq.

Salah satu warga yang dievakuasi, Asnawati meng­ungkapkan, sedari Minggu malam dia dan ketiga anaknya menginap di kantor Camat Kayuagung. Asap yang tebal menurut dia memaksa warga untuk meninggalkan rumah.

“Disini ibu-ibu dan anak-anak. Bapak-bapaknya berjaga di rumah dan sebagian membantu Satgas memadamkan api,” kata Asnawati.
Namun demikian Asnawati berterimakasih kepada pemerintah daerah yang telah memberi pelayanan kepada warga.

“Terimakasih karena kami dilayani dengan baik, disiapkan makan, minum juga pelayanan kesehatan khusus bayi dan anak-anak ada ruangan khusus,” ujar dia sembari berharap dapat segera pulang ke rumah. “Semoga apinya segera padam agar kami segera pulang ke rumah,” imbuhnya.

Sebelumnya, sebanyak 29 Kepala Keluarga (KK) warga lingkungan 4 RT 8/9 Pancur Kelurahan Kedaton Kecamatan Kayuagung, OKI dievakuasi ke kantor Camat Kayuagung pada Minggu malam (3/11/2019). Warga yang sebagian besar ibu-ibu dana anak-anak dievakuasi karena kebakaran lahan mendekati pemukiman mereka. Langkah itu ditempuh sebagai upaya perlindungan pemerintah dalam mengamankan warganya.

Evakuasi 73 warga yang didominasi kaum hawa dan anak-anak tersebut, dimulai dari pukul 21.00 waktu setempat menggunakan sejumlah kendaraan taktis milik BNPB, Ambulans Kelurahan Kayuagung, hingga kendaraan dinas.

Camat Kayuagung, Dedy Kurniawan didampingi Lurah Kedaton Abdullah Sahri mengatakan, evakuasi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran ke pemukiman warga.

“Awalnya pihak Kelurahan Kedaton menempatkan warga di kantornya, akhirnya kita pindahkan ke kantor camat agar warga lebih nyaman,” paparnya.
Sementara Kapolsek Kayuagung AKP Nasharudin meyakinkan penduduk agar tidak mengkhawatirkan keamanan rumah yang ditinggalkan. Pihak kepolisian terdiri dari Polres dan Polsek menurut dia menjamin rumah kosong yang ditinggal penghuninya terbebas dari tindakan pencurian dan lain sebagainya.

“Patroli akan lebih ditingkatkan lagi. Terutama di kawasan pemukiman penduduk yang ditinggal pemiliknya,” tandasnya.

Terkait pemulangan warga, BPBPD OKI belum dapat memastikan hingga kebakaran lahan dapat ditanggulangi. “Upaya pemadaman kita lakukan sejak kemarin hingga malam, hari ini kita minta tambahan water bombing serta eskavator, mudah-mudahan api dapat dipadamkan dan warga segera diantar ke rumah masing-masing,” Kepala BPBD OKI, Listiadi Martin menandaskan.(Adv/Diskominfo Kab.OKI/Toyo)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66565)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60956)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52720)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18429)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16287)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15549)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15265)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14956)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14718)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10935)
Bedah JayaposKejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahBangka Belitung, Jaya Pos Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang ...


Proyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan MulusPetugas Tahanan Kejari Kabupaten Bandung Amankan Pembesuk Bawa SabuDaud Pasaribu SH, : Fakta Persidangan, Objek Perkara Merupakan Harta Warisan Ibu Sinap Untuk PoniyemDewan Kunjungi Proyek 2.2 Milyar, Pelaksana Tuding Bekas PPK Persulit Mereka
Laporan KhususKerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirCiamis, Jaya Pos Kualitas produk sapu ijuk dari Desa Tanjungmulya Kecamatan Panumbangan sudah tak diragukan ...


Kesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kabid Humas Polda Sulsel Silaturrahmi Dengan Wartawan MarosEbid Diana Putra: Kita Akan Wujudkan Masyarakat SejahteraPemkab Sukabumi Kembali Pertahankan Opini WTP