Kamis, 10 Oktober 2019 - 06:05:12 WIB
Pembangunan Tol Batik Cap Selaras Dengan Pembangunan Jembatan BetmanKategori: Jawa Barat - Dibaca: 91 kali

Baca Juga:Sekolah Gratis Mendapat Sorotan BeragamSamsat Jakbar Diserbu WP, Siasat Pengurangan Meraup Hasil OptimalHotel Transera Hadir di Pontianak Usung Simplicity HomeMasjid Al-Barokah Tunggu Uluran Tangan Dermawan

Ciamis, Jaya Pos

Keputusan rapat koordinasi (rakor) pematangan rencana pembangunan Jalan Tol Bandung–Tasik–Cilacap (Batik Cap), di Gedung Sate Kota Bandung, Rabu (25/9) mengundang keresahan di sejumlah kalangan masyarakat.

Pasalnya, berhembus kabar bahwa pembangunan tol tersebut tidak akan memiliki pintu keluar atau exit tol di wilayah Ciamis. Muncul asumsi, jika tak ada pintu tol, maka Ciamis akan rugi bahkan wilayah ini akan menjadi kota mati. Pertumbuhan ekonomi akan terhambat dan sektor lainnya akan terkendala.

Namun demikian, Asisten Daerah 2 Pemkab Ciamis H Wasdi Ijudin membantah yang menyebut bahwa Ciamis tak memiliki pintu tol. Dirinya yang diutus Pemkab Ciamis untuk menghadiri rakor di Bandung mengatakan, Ciamis justru memiliki 2 pintu keluar tol. Satu di sekitar wilayah Lingkar Selatan dan satu di wilayah Kertahayu Pamarican.

“Jadi, yang harus dipahami terlebih dahulu adalah rencana pembangunan tol Bandung-Tasik-Cilacap mengalami perubahan jalur signifikan. Semula rencananya ada di jalur tengah, nah sekarang rencananya berubah ke kawasan selatan. Sejujurnya saya juga sempat kebingungan ketika pertama kali melihat gambarnya. Jadi sekali lagi jalurnya pindah ke selatan,” kata H Wasdi.

Dia mengatakan, jalur tol dari Gedebage, Majalaya, Garut, Singaparna, Kota Tasik, Manonjaya, Cimaragas, Banjarsari terus hingga ke Kalipucang dan Cilacap. “Wilayah Ciamis yang dilalui tol sepanjang 33,3 km. Pintu tol menuju Ciamis nantinya akan terkoneksi dengan jalur Lingkar Selatan Ciamis. Tentunya ini selaras dengan rencana pembangunan jembatan Betman (Benteng Manonjaya) yang sudah disusun oleh Pemkab Ciamis,” sebutnya.

Kalaupun ada yang harus dikaji adalah membangun jalan akses dari kawasan Kota Ciamis menuju Jalan Lingkar Selatan. Karena belum ada jalan dengan lebar memadai untuk akses dari Ciamis Kota ke jalur Lingkar Selatan. Selain itu, hal yang harus dipersiapkan adalah menuntaskan pembangunan Lingkar Utara Ciamis, sehingga terhubung dengan jalur Lingkar Selatan. Ini tiada lain untuk memudahkan akses warga Ciamis Utara yang hendak masuk ke tol.

Dikatakannya, Ciamis juga masih memiliki daya tarik di wilayah sekitar jalur tol tersebut. Yakni keberadaan bendungan Leuwikeris yang nantinya bisa memiliki daya tarik wisata atau bisa menarik pengendara di jalan tol untuk singah. Setidaknya sebagai destinasi tambahan sebelum pantai Pangandaran. “Kemudian di wilayah Lingkar Selatan itu pemkab sudah mendapatkan kawasan industri Ciharalang. Jika tol terletak tak jauh dari sana, akan semakin menunjang,” katanya.

Sementara itu, pintu atau exit tol kedua di wilayah Ciamis terletak di sekitar Kertahayu Kecamatan Pama­rican. Meski wilayah terletak di Ciamis, namun pintu tol ini dinamakan exit tol Kota Banjar. “Keberadaan tol ini nantinya akan membawa dampak positif bagi masyarakat di wilayah Ciamis Selatan.Pembangunan tol di wilayah Ciamis masuk ke pembangunan tahap 2. Artinya baru akan digarap setelah tol Bandung-Tasik selesai. Masih lama sekitar tahun 2025, masih banyak waktu untuk kita melakukan langkah-langkah persiapan,” pungkas H Wasdi. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60463)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (57344)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52255)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15769)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15051)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14847)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (14688)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14532)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14140)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (10065)
Bedah JayaposOknum PT Adira Pasaman Barat Tipu KonsumenPasaman Barat, Jaya Pos Akibat himpitan ekonomi yang sangat mendesak, seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) bernama ...


Diduga Tidak Sesuai Spek dan RAB Pekerjaan TPT AmbrolPembangunan Pamsimas Di Desa Putat Diduga Mark UpDua Periode Jabatan Bupati Agam, Jalan dan Jembatan di Kecamatan Ampek Nagari Masih Ditemukan Rusak Goliong, Kontraktor Asal Sungailiat Bangka MeradangLSM Gasak Desak Kejagung Awasi Kejari Ketapang Tangani Kasus Dugaan Korupsi Dana DesaAnggaran DD Tahun 2018 Untuk Pembelian Sepeda Raib Tak BerwujudJudi Kim Kembali Marak di Tanjungpinang
Laporan KhususKembangkan Geopark, Pemkab Sukabumi MoU dengan JepangSukabumi, Jaya Pos Setelah melalui berbagai tahapan dan pembahasan intensif, akhir­nya pengembangan ...


Raih WTP Lima Kali Berturut, Pemkab Tanah Datar Dianugerahi Penghargaan Tingkat NasionalWabup Shodiq Pastikan Warga Terdampak Kabut Asap Terlayani Walikota Kota Depok M Idris: Al Qur'an Merupakan Pedoman HidupPemkab OKU Peringati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019Roni Mulyadi Dt Bungsu Ketua DPRD Tanah Datar 2019-2024Bupati Hadiri Puncak Hari Santri MTQ Tingkat Kota Depok XX Melombakan 21 Cabang