Minggu, 15 September 2019 - 10:13:11 WIB
Islam Nusantara dan Spirit of Mojopahit Semarakkan Pawai Ta'arruf dan Karnaval 2019Kategori: Jawa Timur - Dibaca: 69 kali

Baca Juga:Mencoba Kabur Saat Diringkus, Gembong Curanmor Terkapar DidorOrang Tua Murid SDN 05 Pagi Kedaung Kaliangke Resah Menunggu Status AnakProyek Parkir RSUD Sidoarjo Diduga Ada PermainanTender Proyek Transmigrasi Ketapang Rp 9,4 Miliar Sarat KKN

Ribuan warga Kota Mojokerto dengan sangat antusias tumpah ruah memadati sepanjang Jalan Gajah Mada hingga Jalan Hayam Wuruk.

Mojokerto, Jaya Pos

Pemerintah Kota (Pemko) Mojokerto menggelar Pawai Ta’aruf dan Karnaval Tahun 2019. Kegiatan ini diberangkatkan langsung oleh Wali kKota Mojokerto Ika Puspitasari. Pawai Ta’aruf dan Karnaval yang diikuti oleh perwakilan seluruh masyarakat kota diselenggarakan dalam rangka merayakan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah dan juga peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74.

Ribuan warga Kota Mojokerto dengan sangat antusias tumpah ruah memadati sepanjang Jalan Gajah Mada hingga Jalan Hayam Wuruk untuk menyambut dan menyaksikan kedatangan peserta, ratusan peserta yang terdiri dari berbagai kalangan pelajar SD, SMP, SMA, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Karang Taruna dan umum juga turut menyemarakkan event bergengsi tersebut.

Pawai Ta’aruf yang mengangkat tema Islam Nusantara sedangkan untuk karnaval mengangkat tema Spirit of Majapahit, Perjuangan Kemerdekaan dan Kebangsaan.

Sekitar pukul 09.00 wib, para peserta pawai diberangkatkan langsung oleh Walikota Mojokerto Ika Puspitasari dengan didampingi Wakil Walikota Achmad Rizal Zakaria, Ketua DPRD Sonny Basoeki Rahardjo, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiono serta perwakilan dari jajaran Forkopimda. Ratusan peserta tersebut diberangkatkan dari depan kantor pemko di Jl Gajah Mada menuju titik finish di Rumah Rakyat Jl Hayam Wuruk.

Walikota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, event tahunan milik pemko ini tidak lepas untuk mempersatukan kebhinnekaan khususnya di Kota Mojokerto, serta menyiarkan agama Islam dan sebagai refleksi atas peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

“Saat ini, semua tahu negara kita memiliki landasan dasar Bhinneka Tunggal Ika, dimana sering kali digoyang dengan isu dan berita yang menyebabkan perpecahan, maka dari itu dengan semangat kebersamaan dan bersatunya seluruh warga dari berbagai etnis, suku, agama yang berbhineka tunggal ika ini akan tetap menjadi keluarga besar kota Mojokerto,” terangnya.

Lebih lanjut Ning Ita sapaan akrab Walikota Mojokerto yang terkenal dengan kecantikan dan keramahannya ini menambahkan, untuk jumlah peserta di tahun ini mengalami peningkatan yang cukup luar biasa dengan kenaikan mencapai 20 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kenaikan angka ini tidak lepas dari antusiasme seluruh warga masyarakat Kota Mojokerto dalam memperingati Tahun Baru 1441 Hijriah.

“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah, toleransi dan kebersamaan di antara warga Kota Mojokerto melalui kreasi seni dan budaya Islam Nusantara yang bersatu padu dalam kebhinekaan sehingga dapat mempererat tali persaudaraan di antara kita semua,” tambah Ning Ita.

Ning Ita juga berharap agar kelak event yang rutin diselenggarakan tiap tahun ini nantinya juga dapat disaksikan tidak hanya oleh warga Kota Mojokerto saja, akan tetapi juga warga luar kota dan bahkan Warga Negara Asing melalui penyelenggaraan event-event sejenis dengan intensitas yang lebih besar.

Ning Ita menyampaikan bahwa Kota Mojokerto tidak hanya menjadi kota perdagangan dan jasa, akan tetapi juga bisa dikatakan sebagai kota destinasi wisata.(Ad)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60463)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (57348)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52255)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15769)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15051)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14847)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (14689)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14532)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14140)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (10065)
Bedah JayaposOknum PT Adira Pasaman Barat Tipu KonsumenPasaman Barat, Jaya Pos Akibat himpitan ekonomi yang sangat mendesak, seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) bernama ...


Diduga Tidak Sesuai Spek dan RAB Pekerjaan TPT AmbrolPembangunan Pamsimas Di Desa Putat Diduga Mark UpDua Periode Jabatan Bupati Agam, Jalan dan Jembatan di Kecamatan Ampek Nagari Masih Ditemukan Rusak Goliong, Kontraktor Asal Sungailiat Bangka MeradangLSM Gasak Desak Kejagung Awasi Kejari Ketapang Tangani Kasus Dugaan Korupsi Dana DesaAnggaran DD Tahun 2018 Untuk Pembelian Sepeda Raib Tak BerwujudJudi Kim Kembali Marak di Tanjungpinang
Laporan KhususKembangkan Geopark, Pemkab Sukabumi MoU dengan JepangSukabumi, Jaya Pos Setelah melalui berbagai tahapan dan pembahasan intensif, akhir­nya pengembangan ...


Raih WTP Lima Kali Berturut, Pemkab Tanah Datar Dianugerahi Penghargaan Tingkat NasionalWabup Shodiq Pastikan Warga Terdampak Kabut Asap Terlayani Walikota Kota Depok M Idris: Al Qur'an Merupakan Pedoman HidupPemkab OKU Peringati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019Roni Mulyadi Dt Bungsu Ketua DPRD Tanah Datar 2019-2024Bupati Hadiri Puncak Hari Santri MTQ Tingkat Kota Depok XX Melombakan 21 Cabang