Minggu, 15 September 2019 - 10:09:14 WIB
Hari Jadi Ke 149 Kabupaten Sukabumi, "Semangat Baru Melanjutkan Karya"Kategori: Jawa Barat - Dibaca: 45 kali

Baca Juga:Mencoba Kabur Saat Diringkus, Gembong Curanmor Terkapar DidorOrang Tua Murid SDN 05 Pagi Kedaung Kaliangke Resah Menunggu Status AnakProyek Parkir RSUD Sidoarjo Diduga Ada PermainanTender Proyek Transmigrasi Ketapang Rp 9,4 Miliar Sarat KKN

Sukabumi, Jaya Pos

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami bertindak selaku Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Jadi ke-149 Kabupaten Sukabumi, yang dilaksanakan di lapangan Cangehgar Palabuhanratu, Selasa (10/9).

Dalam sambutannya, Bupati Sukabumi menyatakan, guna menentukan hari jadi yang semula jatuh pada tanggal 1 Oktober 1945 menjadi 10 September 1870 perlu dilakukan penelusuran sejarah, dokumen dan studi komparasi dengan pendekatan yuridis normatif dan pendekatan sejarah, hasil kajian akademis dan juga harus mempertimbangkan semua peraturan perundangan yang berlaku.

“Mengubah hari jadi tidak bisa dilakukan sekehendak hati, menetapkan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi perlu adanya pengaturannya dituangkan dalam peraturan daerah yang disetujui oleh legislative,” ungkapnya.

Untuk itu, menurutnya penetapan Hari Jadi Kabupa­ten Sukabumi yang dituangkan dalam Perda No 14 Tahun 2018 tentang Hari Jadi Kabupaten Sukabumi, maka atas dasar tersebut ditetapkan pada tanggal 10 September 1870 sebagai Hari Jadi Kabupaten Sukabumi.

Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-149 kali ini mengambil tema “Semangat Baru Melanjutkan Karya”, dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam yang cukup melimpah. Ini yang menjadikan Kabupaten Sukabumi memiliki daya saing yang tinggi di lingkup regional maupun nasional.

“Untuk mencapai hal tersebut, butuh persepsi yang sama serta komitmen seluruh pemangku kepentingan, karena pemerintah daerah tidak akan mampu mewujudkannya kalau tidak ada dukungan dari semua pihak,” jelasnya.

Menurut Bupati, dengan tema hari jadi kali ini, sangat tepat untuk menumbuhkan dan meningkatkan semangat kebersamaan dan kerukunan, kesatupaduan semua dalam berbagai aspek kehidupan dengan memanfaatkan potensi-potensi daerah yang dimiliki agar Kabupaten Sukabumi memiliki daya saing tinggi yang endingnya adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Pada era digital seperti saat ini tidak cukup hanya mengandalkan melimpahnya potensi daerah saja, namun pengelolaan semuanya harus memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan era digital saat sangat cepat sehingga tidak ada batas ruang dan waktu,” paparnya.

Oleh karena itu tambah Bupati, semua lini di pemerintah daerah maupun di masyarakat harus didorong untuk mampu mengambil sisi positif dari perkembangan era digital sehingga akan mendapatkan nilai tambah dari kondisi tersebut. “Seperti kita ketahui bersama bahwa semua lini kehidupan di masyarakat sudah sedemikian masifnya memanfaatkan teknologi informasi. Hal inilah yang harus digunakan untuk mengangkat potensi-potensi daerah yang dimiliki agar dikenal sampai manca Negara,” ujarnya.

Momentum Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ini harus mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pertumbuhan perekonomian daerah.
Akhirnya, Bupati meminta kepada seluruh jajaran perangkat daerah untuk mendukung seluruh kegiatan yang sudah direncanakan dan mampu menggerakkan seluruh jajaran di lingkungan perangkat daerah masing-masing, dengan tetap berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan beberapa penyerahan diantaranya bantuan untuk penyandang disabilitas berupa kursi roda kepada Rizal Sunarya, Yulan, Ri’fat, dan Dedi.

Selanjutnya penyerahan alat bantu dengar kepada Adwa Cantika dan Daut Soleh. Penyerahan tongkat tuna netra kepada Yayan Atang Sunarya, penyerahan tongkat ketiak kepada Dwiki Apriandri. Dan penyerahan sembako sebanyak 2.000 paket dari pimpinan daerah untuk disebarkan ke 47 kecamatan, yang diterima secara simbolis oleh Camat Palabuhanratu, serta penyerahan hadiah pemenang 3 terbaik, Anugerah Pajak Kendaraan Bermotor (AKBP) oleh Bupati Sukabumi kepada Kepala Badan Pendapatan Daerah berupa 1 unit kendaraan Double Cabin untuk dipergunakan sebagai kendaraan operasional.

Selain itu, dilaksanakan pula penyerahan cinderamata kerajinan pelepah pisang yang akan dipamerkan di Museum Isu Peninsula yang diterima oleh Profesor Katsuhiko Asahi serta Launching Prangko Geopark Ciletuh yang diawali dengan penandatanganan album prangko oleh Bupati Sukabumi yang selanjutnya diserahkan kembali oleh Kasubdit Prangko dan Filateli Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Eko Wahyuanto kepada Bupati Sukabumi H Marwan Hamami dilanjutkan dengan Peresmian Lapangan Cangehgar Palabuanratu yang ditandai dengan penandatanganan prasasti.

Usai upacara, Bupati beserta tamu undangan menyaksikan pertunjukan pencak silat dari IPSI Kabupaten Sukabumi dan simulasi pemadaman api oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sukabumi H Adjo Sardjono, Sekda H Iyos Somantri, Ketua DPRD, Kapolresta dan Kapolres, Dandim 0607 Kota Sukabumi, Dandim 0622 Sukabumi, para kepala perangkat daerah serta camat juga para undangan. (Yudi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60463)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (57344)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52255)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15769)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15051)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14847)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (14688)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14532)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14140)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (10065)
Bedah JayaposOknum PT Adira Pasaman Barat Tipu KonsumenPasaman Barat, Jaya Pos Akibat himpitan ekonomi yang sangat mendesak, seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) bernama ...


Diduga Tidak Sesuai Spek dan RAB Pekerjaan TPT AmbrolPembangunan Pamsimas Di Desa Putat Diduga Mark UpDua Periode Jabatan Bupati Agam, Jalan dan Jembatan di Kecamatan Ampek Nagari Masih Ditemukan Rusak Goliong, Kontraktor Asal Sungailiat Bangka MeradangLSM Gasak Desak Kejagung Awasi Kejari Ketapang Tangani Kasus Dugaan Korupsi Dana DesaAnggaran DD Tahun 2018 Untuk Pembelian Sepeda Raib Tak BerwujudJudi Kim Kembali Marak di Tanjungpinang
Laporan KhususKembangkan Geopark, Pemkab Sukabumi MoU dengan JepangSukabumi, Jaya Pos Setelah melalui berbagai tahapan dan pembahasan intensif, akhir­nya pengembangan ...


Raih WTP Lima Kali Berturut, Pemkab Tanah Datar Dianugerahi Penghargaan Tingkat NasionalWabup Shodiq Pastikan Warga Terdampak Kabut Asap Terlayani Walikota Kota Depok M Idris: Al Qur'an Merupakan Pedoman HidupPemkab OKU Peringati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019Roni Mulyadi Dt Bungsu Ketua DPRD Tanah Datar 2019-2024Bupati Hadiri Puncak Hari Santri MTQ Tingkat Kota Depok XX Melombakan 21 Cabang