Sabtu, 14 September 2019 - 06:11:35 WIB
Pembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RABKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 302 kali

Baca Juga:Orang Tua Murid SDN 05 Pagi Kedaung Kaliangke Resah Menunggu Status AnakProyek Parkir RSUD Sidoarjo Diduga Ada PermainanTender Proyek Transmigrasi Ketapang Rp 9,4 Miliar Sarat KKNJembatan Gantung Melang Butuh Rehabilitasi

Dharmasraya, Jaya Pos

Pekerjaan pembangunan gedung produksi Diskumperdag Kabupaten Dharmasraya diduga tidak sesuai dengan RAB (Rencana Anggaran Biaya).
Pembangunan yang tengah berjalan ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 6.299.500.000 bersumber dari APBD-DAK tahun 2019 dan dikerjakan oleh CV Maringgerang Anging Mandiri dengan masa pengerjaan terhitung tanggal 19 Juli 2019 sampai 30 Desember 2019.

Pembangunan gedung produksi dengan no SPK: 530/06-e TENDER/SPK/APBD-DAK/DISKUMPERDAG/VII/2019 dengan konsultan pengawas CV Diastri Consultant.

Proyek pembangunan program pengembangan industri kecil dan menengah yang berlokasi di Jorong Bunga Tanjung Ke-Nagarian Gunung Medan Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya ini, diduga bahan yang digunakan dalam pekerjaan tidak sesuai dengan RAB, karena dalam pemasangan dinding bangunan digunakan holowbrik, sementara dalam RAB pemasangan dinding bangunan tersebut harus memakai batako.

Dari pantauan Jaya Pos di lapangan, holowbrik ini malahan dicetak di lokasi pengerjaan pembangunan gedung baru tersebut, dan bahkan di lokasi pembangunan tidak ada terlihat pengawas.

Ketika hal ini dikonfirmasi kepada Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Jalinas, pada Jumat (6/9) membernarkan bahwa di RAB memang pemasangan ba­tako bukan holowbrik. “Tapi kalau menurut saya, holowbrik itu kan bahagian dari batako juga, dan sama-sama batu cetak yang diaduk dengan semen. Cuma bedanya batako itu tidak berlobang kalau holowbrik kan berlobang, tapi di dalam DPA nya tidak ada larangan untuk pemasangan di dinding menggunakan holowbrik,” ujar Jalinas.

Di tempat terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Defrino Anwar yang dikonfirmasi di ruang kerjanya terkait pengerjaan pembangunan gedung produksi yang tidak sesuai dengan RAB mengatakan bahwa dirinya akan segera mengecek ke lapangan.

“Apabila pekerjaan tersebut benar tidak mengacu pada spek, saya akan langsung berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Dharmasraya, pasalnya segala pekerjaan proyek pembangunan yang didanai dan dibiayai oleh pemerintah tentu kita butuh kualitas, kuantitas serta ketahanan dan bermanfaat nantinya bagi masyarakat,” sebutnya.

Defrino juga berharap kepada media dan LSM untuk lebih meningkatkan perannya sebagai kontrol sosial tentang pekerjaan proyek pembangunan di Kabupaten Dharmasraya ini, agar nantinya terwujud pembangunan yang betul-betul bisa dirasakan manfaatnya. “Dan bagi pihak rekanan jasa kontruksi diharapkan agar bekerja dengan profesional dan jangan asal-asalan saja,” Defrino Anwar mengakhiri. (DmsMdya/ArPiliang)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60015)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54856)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51857)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15359)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14624)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14439)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14132)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13697)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13693)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9645)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik