Rabu, 17 Juli 2019 - 06:52:39 WIB
Komisi II DPRD Trenggalek Targetkan PAD 2019 Bisa NaikKategori: Jawa Timur - Dibaca: 90 kali

Baca Juga:Kepala Imigrasi Blitar Legalkan Calo dan Berkas PalsuPengusaha Bangun Rumah, Bongkar Tembok Pembatas Lapangan BolaWarga Jakpus Gantung Harapan Kepada Gubernur BaruPemberangkatan CJH Sulteng, Penerbangan Reguler Tidak Terganggu

Trenggalek, Jaya Pos

Melihat capaian dari target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Trenggalek Tahun 2018 lalu yang masih kurang, maka anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Trenggalek mengharapkan untuk tahun 2019 akan ada perbaikan target walau mungkin belum signifikan.

Berdasarkan pantauan Jaya Pos dilapangan, rata-rata fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Trenggalek juga menginginkan peningkatan target PAD untuk tahun yang akan datang.

Hal itu didasari karena berdasarkan hasil evaluasi untuk PAD pada Tahun 2018 hanya berkisar Rp. 200 miliar lebih, dengan target kenaikan sekitar 6% sehingga dianggap masih terlalu rendah.

Ketua Komisi II Mugiyanto ketika dihubungi Jaya Pos mengatakan bahwa masih banyak potemso di wilayah Trenggalek yang bias diangkat untuk ptoyeksi peningkatan PAD.

“Padahal sebenarnya masih banyak potensi di wilayah Trenggalek yang bisa diangkat untuk proyeksi peningkatan PAD,” kata Mugiyanto, Senin (8/7).
Menurut Mugiyanto, berawal dari peluang potensi-potensi itulah semua berharap di tahun 2019 ini target harus sudah bisa mendekati angka Rp. 300 miliar.

“Kami yakin saat pengelolaannya baik, pemanfaatan juga baik. Maka potensi daerah yang ada itu bisa dimaksimalkan guna meningkatkan pendapatan,” imbuh Gus Obeng panggilan akrab Mugiyanto.

Ditambahkan politisi asal Demokrat ini, dari adanya kenaikan yang bombastis diharapkan antara total APBD dan PAD tidak jomplang. Dengan APBD sekitar Rp. 2 triliun PAD diharapkan diangka Rp. 300 miliar, sehingga ada perimbangan antara input dan outputnya.

“Bahkan menurut informasi, beberapa fraksi telah menyampaikan dengan rinci terkait OPD yang anggaran belanjanya signifikan namun untuk realisasi pendapatan masih rendah,” keluhnya.

Berkenaan capaian WTP yang diraih oleh Pemkab Trenggalek, Gus Obeng juga mengatakan jika itu semua sebenarnya bukan merupakan sesuatu yang sangat fenomenal. Harus diakui, itu memang salah satu prestasi namun pada waktu penetapan target untuk diri sendiri pemerintah daerah dinilai kurang begitu berani.

“Karena ia merasa target itu hanya sekedar target wajar dan standart, bahkan tidak membuat target yang bombastis,” ujarnya.
Sehingga memang wajar, lanjut Mugiyanto, jikalau target selalu bisa tercapai karena tidak pernah berani membuat target yang tinggi bahkan terkesan hanya mau main di level aman saja.

“Karena jika program sudah bisa berjalan, maka dipastikan sedikit banyak akan tetap berpengaruh pada pola masuknya insentif dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah,” pungkas­nya. (Her)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60015)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54856)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51857)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15359)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14624)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14439)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14132)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13696)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13692)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9644)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik