Senin, 08 Juli 2019 - 06:28:07 WIB
Dewan Trenggalek Siap Fasilitasi Keluhan Warga Terdampak Bendungan BagongKategori: Jawa Timur - Dibaca: 111 kali

Baca Juga:Diduga Kedudukan Orangtua Dapatkan Proyek, Perbaikan Sekolah di Simalungun Tak Sesuai JuknisSeorang Karyawan di PT Incasi Raya Pangean Tewas MengenaskanRawa Glodok Perlu Uluran TanganKabid Perkim Kab Pandeglang Segera Tegur Pemborong

Trenggalek, Jaya Pos

Keluhan beberapa pihak yang masih menjadi ganjalan terkait pembangunan Bendungan Bagong di wilayah Kecamatan Bendungan, telah diakomodir oleh Pemerintah Daerah.

Hal itu dibuktikan dengan sudah bersepakatnya puluhan orang perwakilan dari Desa Sumurup yang merupakan wilayah terdampak bersama pihak terkait, di pendopo Kabupaten Trenggalek, Rabu (3/7/2019).

Disampaikan Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin bahwa substansi dari pertemuan dengan warga telah menemukan titik temu dan permufakatan yang baik.

“Dari sekian keluhan warga, sudah kami jawab dan akan segera kami berikan solusinya bersama stake holder terkait. Akan kita bantu mengenai tukar menukar lahan dengan Perhutani, masalah fasilitas umum (fasum) dan sertifikasinya, BPN pun kita pastikan akan segera bekerja baik melalui PTSL maupun program lain,” jelasnya pada Jaya Pos.

Kemudian, lanjut Bupati, DPRD pun juga dilibatkan karena ada keterkaitan dengan alokasi anggaran pada tahun 2020, baik itu untuk pembayaran KIP maupun BPJS bagi warga terdampak. Dari sekitar 500 kepala keluarga (KK) terdampak, saat ini sudah 100% bersepakat sehingga PKM sudah dianggap selesai.

“Semua sudah paham dan menerima, setelah ini penetapan lokasi akan dilaksanakan. Kemudian kontrak kerja antara BBWS sebagai pengguna anggaran dengan rekanan pemenang lelang pun bisa segera dilakukan,” imbuhnya.

Mendampingi Bupati Trenggalek saat audiensi, salah satu Wakil Ketua DPRD Trenggalek, Guswanto menyampaikan jika pihaknya selalu siap memfasilitasi kepentingan semuanya.

“Dewan sebagai pengemban amanah rakyat harus tetap memperjuangkan keperluan mereka dengan tetap mengedepankan azas manfaat dan aturan perundangan,” tandasnya.

Menurut politisi PDIP itu, sebenarnya adanya audiensi ini lebih kepada penyelesaian dari keluh kesah dan sumbatan komunikasi antara warga dengan pemerintah daerah saja. Karena seperti disampaikan saat sosialisasi dalam Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) sebelumnya jika sebenarnya hampir seluruh warga terdampak pembangunan Bendungan Bagong sudah sepakat.

“Kami melihat, sebenarnya ini hanya masalah sumbatan komunikasi saja, karena saat sosialisasi beberapa waktu lalu sudah 90% warga sepakat,” ujarnya.

Ditambahkan Guswanto, perwakilan warga tadi adalah sedikit dari yang masih punya beberapa uneg-uneg atau ganjalan dihati terkait hal-hal terkait kompensasi, ganti rugi, relokasi, pendidikan anak, dana kesehatan dan beberapa persoalan lainnya.

“Masyarakat yang datang itu menyampaikan hal-hal yang menurut mereka belum sesuai, sudah kami fasilitasi dan diterima bupati dengan tanggapan baik,” kata wakil rakyat asli Kecamatan Pogalan ini.

Dipastikan pula oleh Guswanto, jika apa yang diminta warga akan diperhatikan serta diakomodir selama tidak bertentangan dengan regulasi perundang-undangan. Semua yang dilakukan pemerintah sebenarnya diprioritaskan demi kepentingan masyarakat. DPRD juga selalu mendorong pemerintah daerah untuk tetap memberikan hak-hak masyarakat.

“Terpenting masuk akal, akan kita fasilitasi. Karena pembangunan itu juga untuk kesejahteraan masyarakat Trenggalek. Kami tetap mengawal dan mendorong agar tidak akan merugikan warga terdampak,” tegasnya. (HWi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60015)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54855)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51857)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15359)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14624)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14439)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14132)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13696)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13692)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9644)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik