Jumat, 21 Juni 2019 - 06:58:24 WIB
Warga Desa Keduwung Gelar Tradisi Unan-Unan dan Mayu DesaKategori: Jawa Timur - Dibaca: 197 kali

Baca Juga:Jajang Rahmat Anak yang MalangHUT HARIAN JAYA POS KE- VSMPN 42 Surabaya Alergi Wartawan , Diduga Selewengkan Dana BOS dan Jual Buku BSEDugaan Korupsi Rp4,4 M, Jaksa Akan Panggil Pejabat Disdik Kab Tangerang

Tradisi ini wajib digelar setiap lima tahun sekali untuk menentukan penanggalan tengger.

Pasuruan, Jaya Pos

Warga Suku Tengger yang berada di Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, menggelar tradisi Unan-unan. Tradisi ini wajib digelar setiap lima tahun sekali untuk menentukan penanggalan tengger. Tradisi 5 tahunan ini dilaksanakan di di balai Dusun keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (8/6).

Berbagai macam sesaji pun dibawa, mulai dari hasil pertanian seperti bawang daun, kentang dan kubis hingga makanan khas suku Tengger Bromo. Namun yang menarik perhatian adalah sesaji utama dalam tradisi ini, yaitu kepala, kaki dan kulit sapi yang telah disembelih oleh tokoh adat yang juga dijadikan sesaji.

Seluruhnya kemudian diarak ke Pura Desa Keduwung oleh dukun dan sesepuh desa, diikuti seluruh masyarakat dan anak-anak suku Tengger. Tak lupa seluruh warga me­ngenakan pakaian adat suku Tengger yang serba hitam dengan udeng di kepala.

Menurut cerita warga suku Tengger, Unan-Unan dalam bahasa Tengger kuno berarti ‘Ngunasasi atau Ngelungguhne Taun’ atau menetapkan bulan dan tahun untuk 5 tahun ke depan.

Perhitungan ini diperlukan bagi warga suku Tengger untuk menentukan jadwal bercocok tanam, melaksanakan tanggal dan hari bagus untuk hajatan seperti pernikahan serta penentuan hari raya suku Tengger oleh dukun.

Uripani selaku Kepala Desa Keduwung mengatakan, tradisi Unan-Unan juga merupakan bagian dari upacara Mayu Desa/bersih desa agar desa dan seluruh warganya terhindar dari malapetaka.

“Selain penentuan penanggalan Tengger, juga nylameti desa agar bersih dari musibah dan keberkahan datang,” terangnya. (A.za/wio)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60015)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54856)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51857)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15359)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14624)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14439)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14132)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13696)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13692)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9644)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik