Selasa, 21 Mei 2019 - 07:23:12 WIB
Rekanan Chevron Diduga Gunakan BBM BersubsidiKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 289 kali

Baca Juga:Izin Gangguan Diragukan, Pengoperasian SPBE Milik PT PMA Resahkan WargaPekerjaan Drainase Km 177 Tambarana Poso Roboh, Kontraktor Harus BertanggungjawabWawan Ridwan, Sekdes Gandawesi Dituding Dalangi Pemberitaan SepihakBorok Kinerja Kadiskominfo Anambas Mulai Terkuak

Pekanbaru, Jaya Pos

PT ACS (Asrindo Citraseni Satria) merupakan rekanan Chevron Pacifik Indonesia dalam proyek kegiatan rig pencucian sumur minyak dan gas (migas) yang ada di wilayah Tapung Kab Kampar-Riau.

PT ACS dalam menjalankan alat berat, angkutan ataupun armada untuk kegiatan proyek rig pencucian pompa sumur migas diduga menggunakan BBM jenis solar bersubsidi.

Menurut keterangan salah satu warga masyarakat yang tidak mau namanya disebut, rekanan Zevron PT ACS Asrindo Citraseni Satria, diketahui sejak ada kegiatan selalu menggunakan BBM bersubsidi yang diambil dari SPBU Petapahan oleh pengepul menggunakan motor atas perintah Rt berinisial IL.

Diketahui, awalnya minyak tersebut dilangsir pakai mobil colt diesel menggunakan jerigen dari SPBU Petapahan. Karena dianggap kondisi aman, akhir-akhir ini Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi itu dilangsir menggunakan sepeda motor.

“Setelah mobil colt diesel warna kuning, sekarang setiap malam mereka melangsir solar, sekali angkut bisa enam jerigen pakai sepeda motor menggunakan keranjang along-along,” ungkap sumber.

Masih kata sumber, kegiatan ini sudah lama berlangsung, sejak perusahaan tersebut dapat tender proyek di Zevron Pacifik Indonesia Tapung Kab Kampar Riau.

Menurut dia, BBM bersubsidi tersebut digunakan oleh PT ACS Asrindo Citraseni Satria melalui IL alias Pak RT (Humas PT ACS).
Menyikapi hal itu, LSM IPSPK3-RI dengan Lidik Krimsus melakukan pemantauan terhadap pelangsir guna mengetahui dari SPBU mana BBM jenis solar tersebut diambil.

Dalam pantauan setiap malam, memang benar ada pengangkutan BBM jenis solar bersubsidi dari SPBU Petapahan pompa bio solar pada malah hari sekitar pukul 20.00 wib hingga target selesai sesuai permintaan PT ACS Asrindo Citraseni Satria yang dibutuhkan setiap hari.

Terahir pada 9 Mei 2019, sekitar pukul 20.40 wib, tim membuntuti pelangsir hingga ke titik pengepulan BBM tersebut. Ternyata pengepulan BBM jenis solar bersubsidi tersebut berada di dekat mes PT ACS Asrindo Citraseni Satria. Di tempat itu tim menemukan tumpukan jerigen dengan drum berisih BBM jenis solar bersubsidi tepat di belakang rumah IL alias Pak RT.

Sementara pelangsir berinisial RP, warga Petapahan saat ditanya dari mana minyak diperoleh dan untuk siapa, awalnya mengakui bahwa RP hanya suruan dari IL.

RP mengakui, melangsir BBM jenis solar bersubsidi dari SPBU Petapahan atas perintah IL sebanyak 1 drum hingga 5 drum dengan isi 200 liter per drum, setiap malam. “Ini minyaknya Pak Rt, saya hanya suruhan, saya hanya jemput saja. Kalau saya ditelepon suruh ngambil, baru saya ambil,” jawab RP si pelangsir berdalih.

Sementara IL alias Pak RT diduga adalah sebagai penyedia BBM jenis solar bersubsidi untuk kebutuhan PT ACS Asrindo Citraseni. Dalam semalam diduga bisa menyediakan BBM jenis solar bersubsidi sebanyak 5-10 drum.

Di hari berbeda, IL alias Pak RT di lokasi mes PT ACS Asrindo Citraseni dekat pengepulan BBM tersebut tepat di belakang rumahnya, (13/5) mengakui bahwa BBM jenis solar bersubsidi tersebut digunakan oleh PT ACS Asrindo Citraseni Sastra. Selain itu, ia mengatakan bahwa hal ini dilakukan sudah ada kesepakatan dengan PT ACS untuk menambah kegiatan. (Tim)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59697)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52393)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51551)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15040)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14306)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14132)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13849)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13356)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12386)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9325)
Bedah JayaposKasus Tanah Kas Desa RancaudikSubang, Jaya Pos Sejak berlakunya regulasi Otonomi Desa, selain melahirkan hikmah juga mengundang masalah. ...


Terkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RABDenpom Pekanbaru Menertibkan Perjudian di TapungKades Sinamanenek Diduga Merugikan Warganya
Laporan KhususKetua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliBaturaja, Jaya Pos Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Purwadi SP ...


Polsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik50 Anggota DPRD Subang Periode 2019-2024 DilantikSrikandi Baru Terpilih dan Dilantik dari Dapil II