Kamis, 09 Mei 2019 - 07:36:39 WIB
Pemerintah Kota Tangerang Selatan Meresmikan Sarana dan Prasarana IPAL Komunal IDB SanimasKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 43 kali

Baca Juga:Rudi Siahaan Terpilih jadi Pangulu Nagori Tiga BolonMenuai Protes Dari Orang Tua Murid, Waluyo Akui KesalahanIKSS Padangpanjang Dukung Percepatan Pembangunan SDN Jatisawit 1 Selangkah Lebih Maju

Tangsel, Jaya Pos

Pemerintah kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melalui Dinas Bangunan dan Penataan Ruang(DBPR) menggelar acara Peresmian IPAL komunal Sanimas IDB ke-12 di Kampung Parigi Rt 04/10, Kelurahan Lengkong Wetan, Kecamatan Serpong, selasa (30/4). acara peresmian tersebut di awali dengan prosesi pemotongan nasi tumpeng oleh Asda II kota Tangsel Retno Purwati.

Pada peresmian tersebut hadir Direktorat jendral (Dirjen) cipta karya, kepala balai prasarana pemukiman wilayah (BPPW) Banten, serta kepala dinas Bangunan dan Penataan Ruang Kota Tangsel.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DBPR Tangsel Dendi Priyadna menyatakan, pihaknya akan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain dalam pengawasan dan pemeliharaan Sanimas IDB guna mewujudkan masyarakat yang bersih dan sehat. Dirinya turut mengoptimalkan Kelompok Pengawasan dan Pemeliharaan (KPP).

“Dalam pelaksaan operasional dan pemeliharaan (Sanimas), selanjutnya kami juga melibatkan OPD lain, terutama Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta), Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB). Untuk tahun 2018, (Sanimas yang terbangun) sudah 12 titik, dan untuk tahun 2019, kita berencana akan membangun 9 ti­tik,” kata Dendi.

“Dengan pengawasan kualitas air, pembuangan secara berkala, monitoring pemberdayaan, serta informasi lokal yang termasuk kategori rawan sanitasi dan air bersih, jadi tetap harus berintegrasi dengan OPD lain. Saya berharap, kedepannya KPP selaku operator, dapat melakukan terobosan-terobosan, bagi pengembangan dan terutama pemeliharaannya,” pungkasnya.

Hal senada yang disampaikan oleh Asda Retno Purwati mengatakan, pihaknya yang mewakili Walikota Tangsel sangat berterimakasih terhadap bantuan yang diberikan. Dirinya berharap, bantuan untuk pembangunan sanitasi tersebut, dapat dikelola dan diberdayakan secara maksimal oleh masyarakat.

“Bantuan yang telah diberikan oleh hasil kerjasama Kota Tangsel dengan Dirjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang didanai oleh Islamic development Bank (IDB), melalui skema bantuan langsung masyarakat, yang dikelola oleh Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), mereka telah banyak membantu Tangsel. Sekarang kita telah mendapatkan bantuan septictank dan yang perlu dipikirkan adalah, bagaimana mengelolahnya. Oleh karena itu, masyarakat butuh sosialisasi, saya berharap dinas terkait dapat memberikan sosialisasi yang tepat sasaran sehingga masyarakat kita mengerti cara pengelolaan Sanimas IDB ini,” tegas Retno.

Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Banten, Rozali Indra Saputra menjelaskan, sarana dan prasarana sanitasi yang baik, mampu memberi dampak dalam meningkatkan kualitas lingkungan masyarakat, dan meningkatkan produktivitas masyarakat.

Selain itu, pengelolaan limbah domestik (yang baik) pun, dapat mengurangi masalah pencemaran sungai.

“Sarana dan prasarana sanitasi yang baik, mampu memberi dampak dalam meningkatkan kualitas lingkungan masyarakat, dan meningkatkan produk tivitas masyarakat. Selain itu, pengelolaan limbah domestik (yang baik) pun, dapat mengurangi masalah pencemaran sungai,” kata Rozali.
Rozali menambahkan Perubahan perilaku manusia menjadi tantangan Pembangunan sanitasi di Indonesia.

“Masalah sosial dimana masyarakat yang masih buang air besar sembarangan, tentunya menjadi perilaku buruk, perilaku seperti ini meski kita rubah dengan cara membuat sanitasi yang baik,” Pungkasnya. (Adv/Ferri)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59356)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51232)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (32245)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14702)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13990)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13831)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13588)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13001)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9832)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9010)
Bedah JayaposSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruPihak Firman Tampubolon sudah pernah membuat Laporan Polisi dengan No. LP/48/I/2009 tertanggal 13 ...


Gus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ? Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR Proyek U-ditch Dukuh Menanggal III Terindikasi dicurangi Pejabat Pemeriksa, Dinas Tutup Mata?Diduga Oknum DPRD Labuhanbatu Kerjakan Proyek Siluman di Kecamatan PangkatanDugaan Kegiatan Fiktif di Desa Kedung BocokAda Apa Dengan JPU, Otak Pengeroyokan dan Perusakan Dituntut 10 Bulan Penjara
Laporan KhususPatik Dalam Kehidupan BatakCatatan: Aliman Tua Limbong (Wartawan Jaya Pos) - Bagian ke Sepuluh Pada tulisan terdahulu sudah dipaparkan ...


Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018 Pemkab OKI Gelar Safari RamadhanKedua Kalinya, Sergai Raih WTP dari BPK RIPemilu Sudah Usai Saatnya Duduk Bersama Membangun DaerahTanah Datar Peringkat I PPD Tingkat Nasional