Selasa, 30 April 2019 - 06:19:17 WIB
Kuasa Hukum Terdakwa Hadirkan Saksi Ahli Pidana dan Ahli TelematikaKategori: Jakarta - Dibaca: 222 kali

Baca Juga:Tegakkan Hukum dan Keadilan Hakim Jangan Pilih KasihProses Perekaman e-KTP Baru 50%Asril: Target Kita MenangHati-Hati Penipuan Mengaku Saudara

Jakarta, Jaya Pos

Sidang lanjutan kasus judi online dengan terdakwa Aristharkus Randy Harrys alias Andi, Mery Andrian dan Vicky Armando di gelar di PN Jakarta Utara dengan agenda mendengarkan keterangan saksi ahli, Senin (22/4).

Kuasa hukum terdakwa hadirkan dua saksi ahli kehadapan Majelis Hakim yang diketuai Tugianto dan hakim anggota, Agung dan Pirman yakni ahli pidana Dr. Eva Achjani Zulfa dan ahli telematika Dr. Solichul Huda,

Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU), Fedrik Adhar yang diagendakan akan menghadirkan saksi ahli batal hadir di persida­ngan, JPU memohon kepada majelis hakim agar ketera­ngan ahli disampaikan dalam bentuk surat dan dibacakan dalam persidangan. Permohonan tersebut ditolak oleh majelis hakim dan meme­rintahkan JPU untuk melakukan panggilan ke-3 kepada ahli.

Dalam keterangan ahli pidana Dr. Eva Achjani Zulfa, S.H., M.H menjelaskan bahwa dalam pelaku tindak pidana, khususnya terkait penyertaan, pelaku harus memiliki pengetahuan dan kesengajaan atas tindak pidana yang dilakukannya.

Ahli berpendapat bahwa sepatutnya pelaku tindak pidana pokok diperiksa terlebih dahulu untuk membuktikan unsur pidananya, yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan terhadap para pembantu dan pihak-pihak yang turut serta.

Lebih lanjut, ahli juga menjelaskan mengenai kua­litas saksi bahwa seorang penyidik yang melakukan pemeriksaan dan memberikan kesaksian berdasarkan keterangan seorang tersangka bukan merupakan saksi yang patut didengar keterangannya karena tidak memenuhi kualifikasi sebagaimana diatur dalam KUHAP.

Sementara keterangan ahli telematika Dr. Solichul Huda, M.Kom menjelaskan mengenai kriteria barang bukti digital sebagaimana dimaksud dalam UU ITE. Barang bukti digital harus dijamin keutuhan dan originalitasnya sebelum dilakukan proses forensik di laboratorium forensic.

Menurut Solichul seharusnya penyerahan barang bukti ke laboratorium forensik disaksikan oleh kedua belah pihak, pihak penyidik dan pihak tersangka guna menghindari penyangkalan di kemudian hari.

Lanjutnya, mengenai jejak digital dapat menunjuk ke suatu perangkat, namun tidak serta merta menunjuk ke suatu individu, mengingat ada kemungkinan perangkat tersebut digunakan oleh individu lain. Oleh karenanya, ahli berpendapat bahwa keberadaan saksi sangat lah vital untuk dapat mendukung jejak digital. Sidang kembali dilanjutkan pada Senin, 29 April 2019 dengan agenda mende­ngarkan keterangan ahli yang akan diajukan oleh JPU. (Herman)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60473)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (57594)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52264)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15780)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15064)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14861)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (14731)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14544)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14155)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (10076)
Bedah JayaposTernyata Pembangunan RPS SMKN 3 Kuala Kapuas Sudah Molor 1 Bulan lebihKuala Kapuas, Jaya Pos Jangka waktu 5 (lima) bulan 150 hari kerja, yang direncanakan untuk membangun ruang ...


Galian C Tidak Miliki Izin Marak di PasbarOknum PT Adira Pasaman Barat Tipu KonsumenDiduga Tidak Sesuai Spek dan RAB Pekerjaan TPT AmbrolPembangunan Pamsimas Di Desa Putat Diduga Mark UpDua Periode Jabatan Bupati Agam, Jalan dan Jembatan di Kecamatan Ampek Nagari Masih Ditemukan Rusak Goliong, Kontraktor Asal Sungailiat Bangka MeradangLSM Gasak Desak Kejagung Awasi Kejari Ketapang Tangani Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa
Laporan KhususDisbun Jatim Genjot Produktifitas Kakao JatimSurabaya, Jaya Pos Dinas Perkebunan Jawa Timur (Jatim) konsisten secara terus-menerus menggenjot ...


FESTIVAL SITU FRONT CITY (SFC) TAHUN 2019Kembangkan Geopark, Pemkab Sukabumi MoU dengan JepangRaih WTP Lima Kali Berturut, Pemkab Tanah Datar Dianugerahi Penghargaan Tingkat NasionalWabup Shodiq Pastikan Warga Terdampak Kabut Asap Terlayani Walikota Kota Depok M Idris: Al Qur'an Merupakan Pedoman HidupPemkab OKU Peringati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019Roni Mulyadi Dt Bungsu Ketua DPRD Tanah Datar 2019-2024