Rabu, 03 April 2019 - 06:52:34 WIB
Peluncuran Aplikasi E-PBB Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten BogorKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 186 kali

Baca Juga:Kantor Kepala Desa Langkan Selalu TutupPengerjaan Jalan Susukan - Sukarame DipertanyakanPencuri Motor Babak Belur Dihajar MassaProyek Betonisasi Membahayakan Pengguna Jalan

Bogor, Jaya Pos

Trend teknologi di era globalisasi mengarah pada penggunaan aplikasi mobile yang dapat diakses dengan mudah menggunakan perangkat smartphone termasuk dalam hal pencarian informasi mengenai Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2).

Melihat trend tersebut serta sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada Wajib Pajak (WP) dalam memperoleh informasi terkait pajak khususnya PBB P2, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor mengembangkan teknologi informasi berbasis aplikasi mobile.

WP dapat mengunduh secara gratis menggunakan smartphone versi android melalui aplikasi Google Play Store dengan keyword e-PBB Kabupaten Bogor.

Aplikasi tersebut memuat beberapa informasi yaitu, melihat alur pelayanan di PBB, me­ngetahui informasi nilai ketetapan pajak pada tahun berjalan dan tahun-tahun sebelumnya untuk ma­sing-masing objek pajak dengan menginput Nilai Objek Pajak (NOP). Wajib pajak juga dapat mendaftarkan diri menjadi WP online melalui elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (e-SPPT).

Keuntungan yang dapat dinikmati oleh WP apabila sudah terdaftar adalah dapat menerima SPPT secara elektronik melalui e-mail atau SMS. Alur pendaftaran e-SPPT dilakukan dengan melakukan pengisian data WP seperti menginput NIK (Nomor Induk Kependudukan), NOP (Nomor Objek Pajak), Nomor telepon serta alamat e-mail yang aktif. Selain itu untuk keperluan verifikasi data, WP perlu mengunggah scan/foto KTP, SPPT, dan STTS.

Setelah data seluruhnya terinput maka data-data tersebut akan diverifikasi oleh tim verifikator e-SPPT di Bappenda. Apabila data tersebut valid dan terverifikasi, maka WP berhak mendapatkan fitur layanan e-SPPT melalui e-mail dan SMS.

Harapannya, aplikasi mobile ini dapat memudahkan WP dalam mengakses informasi PBB P2 secara real-time dengan menggunakan smartphone. Selain itu, e-PBB juga diharapkan dapat membantu peningkatan realisasi pendapatan pajak daerah sehingga dapat mewujudkan visi Kabupaten Bogor sebagai kabupaten termaju, nyaman dan berkeadaban.

Halaman muka aplikasi ini memuat tiga pilihan layanan yakni registrasi elektronik e-SPPT, lihat PBB, dan lihat pelayanan PBB. User hanya perlu mengklik layanan yang diinginkan.

Tampilan registrasi eSPPT. User perlu melengkapi data-data yang diperlukan untuk pro­ses registrasi. Setelah data terisi seluruhnya dengan benar, maka data tersebut dapat disubmit.

Tampilan menu cek tagihan PBB. User hanya perlu menginput Nomor Objek Pajak (NOP) untuk mengetahui besarnya ta­gihan pajak pada objek pajak tersebut. Pada tampilan ini ketetapan pajak yang sudah maupun belum terbayar akan dimunculkan pada layar smartphone.

Halaman untuk cek pelayanan. User hanya perlu me­masukan nomor pelayanan yang ingin diketahui, kemudian klik menu search. Maka selanjutnya akan muncul riwayat proses pelayanan.(Boston/Adv)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59627)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51480)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48752)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14063)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13288)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11768)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9254)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019