Selasa, 02 April 2019 - 05:53:40 WIB
Gubernur, Wagub dan Sekda Kepri Tinjau Pelaksanaan UNBKKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 108 kali

Baca Juga:Pengerjaan Jalan Susukan - Sukarame DipertanyakanPencuri Motor Babak Belur Dihajar MassaProyek Betonisasi Membahayakan Pengguna JalanSejumlah WP Merasa Dipersulit Mengurus STNK di Samsat Rancaekek

Tanjungpinang, Jaya Pos

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun bersama Wakil Gubernur Isdianto dan Sekdaprov TS Arif Fadillah melakukan kunjungan sekaligus melihat langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di beberapa Sekolah Mene­ngah Kejuruan (SMK) yang tengah melaksanakan Ujian Nasional (UN), Senin (25/3).

Pelaksanaan UNBK dan Ujian Berbasis Kertas Pensil (UNKP) pada jenjang SMK secara nasional dilaksanakan selama 4 hari pada 25-28 Maret 2019.
Sesaat sebelum ujian, Gubernur H Nurdin Basirun melakukan peninjaun pelaksanaan UN tersebut ke SMAN 2 Tanjungpinang. Kepada seluruh siswa, Nurdin mengatakan, salah satu kunci utama agar pelaksana­an ujian dapat berjalan de­ngan lancar adalah ketena­ngan.

“Ketenangan sangat di­butuhkan dalam menjalankan setiap rangkaian ujian. Kalau kita tenang Insyaallah apa yang telah adik-adik pelajari selama sebelum ujian akan menjadi modal untuk menjawab soal,” ujar Nurdin.

Gubernur pun yakin bahwa anak-anak di Kepri mampu menuntaskan UN dengan target lulus 100 persen sebagaimana yang selalu digaungkan di sekolah-sekolah setiap tahunnya.

“Tahap persiapan me­mang paling utama. Siswa harus belajar dengan giat, kemudian para guru pun ha­rus terus memberikan motivasi dan bahan ajar yang maksimal. Yang paling pen­ting adalah terus berdoa,” lanjut Nurdin.

Pemerintah kata Nurdin, terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di semua lini, sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas sebagai tonggak penerus masa depan.

Sementara di SMKN 1 Batam, Wakil Gubernur Kepri Isdianto juga me­­­l­a­kukan peninjuan. Kepada siswa-siswi Isdianto mengingatkan agar yakin dengan kemampuan yang dimiliki serta berdoa sebelum menjawab soal.

“Kami hanya ingin mengingatkan, kunci keberhasilan adalah kedisiplinan. Karena dengan tepat waktu semua pekerjaan bisa diselesaikan,” ujar Isdianto kepada siswa-siswi SMKNegeri 1 Batam, Kecamatan Batuaji, Kota Batam, Senin (25/3).

Pada kesempatan itu Isdianto menambahkan, agar siswa juga meminta restu dari kedua orangtua serta guru, hingga pelajar dapat menyelesaikan UN dengan baik.

Isdianto juga menjelaskan, aktivitasnya yang turun langsung meninjau ke SMK di seluruh Kepri, bertujuan untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswi, serta melihat secara langsung situa­si dan kondisi sekolah maupun para gurunya.

“Setiap kekurangan yang dimiliki, hendaknya dijadikan tolak ukur dan menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaran dan menambah pengalaman,” katanya.

Dengan belajar yang baik, tambah Isdianto, siswa dan siswi akan mendapat hasil yang maksimal. Dan diharapkan, setelah tamat SMK bisa membuka lapa­ngan pekerjaan dan memberi manfaat bagi orang lain.

Sedangkan di SMKN 1 Tanjungpinang, Sekretaris Daerah TS Arif Fadillah juga melakukan peninjauan pelaksanaan UNBK. Kepada siswa peserta UN, Arif me­nga­takan, pemerintah selalu mendorong dan mendu­kung, agar sekolah-sekolah di Kepri menghasilkan lulusan yang berkualitas, yang nantinya akan bersama-sama membangun Kepri.

“Kalian adalah penerus yang nantinya akan menggantikan kami. Jadilah ge­nerasi berkualitas yang akan menjadi tumpuan dan harapan untuk membangun Kepri yang lebih baik ke depan,” ujar Arif saat memberikan arahan.

Kepada anak didik yang mengikuti Ujian Nasio­nal, Arif berpesan sebelum mengerjakan soal, sebaiknya terlebih dahulu berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar dimudahkan dalam menjawab pertanyaan ujian.

Selain itu, tentunya persiapan yang matang dengan belajar yang sungguh-sungguh serta meminta doa dari orangtua juga merupakan salah satu cara agar dimudahkan dalam berbagai urusan.

“Salah satu rahasia sukses sehingga saya berdiri di sini adalah berkat doa dan ridho orangtua. Oleh karena itu, sebelum ujian ada baik­nya meminta maaf kepada kedua orangtua. Ridho Allah adalah ridho orangtua. Jika Allah sudah ridho segala urusan akan menjadi mudah diselesaikan,” saran Arif.
(Marudut/Adv)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59647)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51496)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49448)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14979)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14076)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13807)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13302)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11866)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9275)
Bedah JayaposMaladministrasi Pelayanan Mutasi Kendaraan di Samsat Kota Bekasi Semakin ParahBekasi, Jaya Pos Pelayanan mutasi kendaraan di Samsat Kota Bekasi sarat dengan maladministrasi, dimana ...


Punya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorPengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres