Minggu, 31 Maret 2019 - 06:58:06 WIB
Komunitas Srikandi Indonesia DPD Sumbar Deklarasi Dukung Paslon Jokowi-AminKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 105 kali

Baca Juga:Proyek Betonisasi Membahayakan Pengguna JalanSejumlah WP Merasa Dipersulit Mengurus STNK di Samsat RancaekekPembentukan Desa Bagan Limau Bertentangan Dengan UUMayat Ngambang di Kali Ditemukan Warga Kampung Baru Koang Jaya

Padang, Jaya Pos

Bundo Kanduang-bundo kanduang dari daerah kota Bukit Tinggi (Luak Agam), Minangkabau, melakukan deklarasi untuk pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-Amin dan memberikan dukungannya agar menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Kali ini, bundo kanduang perwakilan dari belasan kota dan kabupaten di seluruh Sumatera Barat (Sumbar) berkumpul untuk melakukan deklarasi dan memberikan dukungannya kepada pasang­an calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Amin.

Dalam kesempatan deklarasi ini juga dibentuk susunan kepengurusan Komunitas Srikandi Indonesia DPD Sumatera Barat. Pengurus ini kedepan akan mengorganisasikan kegiatan-kegiatan kemasyara­katan pemberdayaan perempuan di daerah Sumbar sesuai dengan visi dan misi KSI.

Minangkabau, adalah ne­geri yang kaya dengan peradaban budaya, kampung halaman tokoh-tokoh bangsa. Sebut saja Proklamator Bung Hatta, Agus Salim, Buya Hamka dan banyak nama lainnya. Semua berasal dari sini. Hari ini, sejumlah tokoh Minang, juga tercatat sebagai bagian dari Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi dan Jusuf Kalla.

Orang-orang Minang, adalah orang-orang cerdas, kampung halaman tokoh-tokoh bangsa. Terlebih, perempuan-perempuan Minang. “Beberapa pejuang wanita lahir di Sumbar. Kita kenal Siti Manggopoh ataupun Rohana Kudus, hanyalah dua dari sederet perempuan hebat Ranah Minang yang berjuang di zaman penjajahan,” ujar Yanti, Ketua KSI.

“Minangkabau juga berbangga, Korps Polisi Wanita, juga lahir pertama kali di Bukittinggi,” lanjut Yanti.

Dan juga bundo kanduang, bundo ini pulalah yang berdiri di depan untuk memberikan perannya dalam perubahan pada masyarakat.

Dalam beberapa kali survey, masyarakat Padang yang terkenal dengan ketaatan beribadah dan patuh kepada syariat islam dalam beberapa tahun terakhir mayoritas masyarakatnya memberikan dukungannya kepada paslon capres dan cawapres lain karena mengikuti euforia perjuangan menegakkan islam di bumi nusantara.

Sayang, semangat puritan yang murni ini ditunggangi kepentingan politik dengan cara penyesatan opini, pemutarbalikan fakta, penyebaran hoax yang kontradiktif dengan semangat keislaman Jokowi-Makruf yang begitu makruf terhadap masyarakat islam.

Sungguhpun demikian, masyarakat Padang adalah masyarakat yang sangat rasional yang tidak mudah terprovokasi sehingga akhi­rnya dengan ketajaman pemikirannya menyadari bahwa berita-berita tersebut adalah berita bohong yang mendistorsikan fakta yang sebenar­nya terjadi, yang dalam beberapa tahun terakhir secara laten ditebarkan oleh sebagian komunitas untuk kepenti­ngan dalam rangka pemilihan umum yang akan berlangsung bulan April 2019.

Mayarakat yang religius dan rasional ini menyadari hoax yang ditebarkan oleh komunitas tersebut justru apabila dipercayai dapat menyesatkan masyarakat da­lam pandangan agama karena berita hoax yang dihembuskan bertolak belakang dengan realita. Sehingga pada ujungnya bisa mengkoyak keharmonisan kehidupan ber­agama, berbangsa, dan bernegara.

Oleh karena itu, kini mereka menyadari bahwa untuk menegakkan islam di bumi nusantara, mengharmoniskan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mendorong Indonesia untuk lebih maju dan sejahtera, kini mereka mendukung pasa­ngan calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Amin untuk menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia periode kepemim­pinan 2019-2024.

“Kita ketahui, dari tradisi sejak dahulu kala dalam garis keturunan berkeluarga, Inang-inang menjadi motor penggerak dalam pembentukan keluarga, lingkungan kerabat, masyarakat di daerah Padang. Dan selayaknya dalam perannya dalam bermasyarakat, inang-inang ini pulalah yang berdiri di depan untuk memberikan perubahan pada masyarakat menuntun ke jalan yang lurus, mengarahkan pilihan sesuai dengan kejernihan berpikir logis pasangan mana yang lebih islami.

Oleh karena itu, kini mereka menyadari bahwa untuk menegakkan islam di bumi nusantara, mengharmoniskan kehidupan berbangsa dan bernegara, serta mendorong Indonesia untuk lebih maju dan sejahtera, kini mereka memberikan dukungan lebih kepada pasangan calon Jokowi-Amin untuk menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia periode kepemimpinan 2019-2024.

“Sangat bangga sekali bisa berada di sini dan bisa bersama-sama berjuang di Komunitas Srikandi Indonesia, untuk mewujudkan Indonesia Maju dan Hebat,” sebut Yanti.

Karena, menurut dia pe­rempuan adalah pilar masa depan bangsa, perempuan memiliki peran dan potensi besar dalam menentukan nasib bangsa. “Kita perlu perempuan berkualitas dan perempuan yang peduli terhadap politik, sosial maupun budaya,” lanjutnya.

Perempuan berkualitas bukanlah sosok bidadari jelita yang turun begitu saja dari langit, akan tetapi menurut dia, perempuan berkualitas adalah hasil dari sebuah upaya yang sistematis baik dari lingkungan, bangsa, sosial politik yang secara se­rius menempa hingga menjadi sosok yang berkualitas.

Bundo kanduang-bundo kanduang yang tergabung dalam Komunitas Srikandi tersebut menyadari, berpihak dan memilih pemim­pin yang sesuai harapannya, memahami bahwa Jokowi dan ke­luarganya sangat harmonis, Jokowi dan keluarganya adalah muslim yang taat, ibundanya sholat 5 waktu­nya selalu di masjid, Jokowi orang baik, Jokowi telah menunjukkan “Kerja Kerja Kerja” dan hasilnya. Mereka menyadari orang baik memilih orang baik.(Adv/ Denny)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59627)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51480)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48752)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14063)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13288)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11768)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9254)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019