Sabtu, 30 Maret 2019 - 06:33:35 WIB
Bupati Ajak Masyarakat Jangan Malu Berobat Bila Terdeteksi Mengidap Penyakit TB ParuKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 110 kali

Baca Juga:Proyek Betonisasi Membahayakan Pengguna JalanSejumlah WP Merasa Dipersulit Mengurus STNK di Samsat RancaekekPembentukan Desa Bagan Limau Bertentangan Dengan UUMayat Ngambang di Kali Ditemukan Warga Kampung Baru Koang Jaya

PALI, Jaya Pos

Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo MM ajak seluruh masyarakatnya untuk mmebuang rasa malu apabila ada yang terdeteksi mengidap penyakit TB paru, karena penyakit tersebut sangat menular.

Hal itu disampaikan di hadapan ribuan masyarakat Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara dalam acara Peringatan Hari TBC Sedunia, Rabu (27/3) di lapangan desa Tempirai.

“Obati secepatnya, silahkan datang ke puskesmas terdekat untuk diperiksa, lalu kalau minum obat ja­ngan putus, harus rutin selama enam bulan berturut-turut. Jangan dibiarkan kalau kita atau ada anggota keluarga kita terkena TB paru. Sebab kalau dibiarkan, sama saja kita bunuh diri,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati memuji kinerja TP PKK PALI yang telah membantu pemerintah dalam menunjang program-programnya. Seperti meluncurkan program Stop Meseng Sembarangan (SMS) dengan membangun jamban sehat di setiap rumah warga yang belum memiliki.
“Meseng atau buang air besar sembarangan tentu memicu berbagai macam penyakit. Dengan adanya program SMS, alhamdulillah PALI bebas dari hal itu,” ujarnya.

Untuk pembangunan PALI saat ini, Bupati akui masih banyak yang harus dilakukan, karena bukan hanya infrastruktur jalan, tetapi kesehatan, pendidikan dan ekonomi masyarakat juga harus lebih baik.

“Selama ini memang telah banyak yang berhasil diba­ngun. Tetapi keberhasilan ini adalah berkat kerja sama dan dukungan semua masyarakat, kalau saya sendiri bekerja pastinya tidak akan bisa,” sebutnya.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh masya­rakat PALI, agar tetap menjaga perdamaian jelang pesta demokrasi yang sebentar lagi bakal digelar. “Jangan ribut karena perbedaan. Jaga perdamaian, dan tetap bersatu dalam mensukseskan Pemilu 17 April mendatang,” ajaknya.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK PALI Ir Hj Sri Kustina mengemukakan bahwa pada peringatan Hari TBC Sedunia, pihaknya sa­ngat ingin membantu kegiatan peme­rintah menuju PALI bebas TB paru, karena PKK adalah mitra pemerintah.

Menurutnya, ada 465 warga PALI menderita TB Paru, hal ini harus diperhatikan karena kalau dibiarkan akan terus menular. Untuk itu, TP PKK melalui program Pokja 4, membantu pemerintah dengan memberikan makanan tambahan terhadap penderita TB paru setiap hari selama enam bulan dengan tujuan memberikan asupan gizi.

Hj Sri Kustina juga menjelaskan bahwa dalam menuju PALI bebas TB paru, TP PKK terus mensosialisasikan dan mengajak masyarakat agar secepatnya mendatangi puskesmas terdekat apabila ada yang menderita penyakit tersebut.

“Disamping itu, pada prio­ritas TP PKK tahun 2019 ini ada pemeriksaan kanker serviks, kanker payudara dan tes Iva. Dan PALI mendapat rangking satu provinsi Sumatera Selatan untuk angka yang telah diperiksa kanker serviks dan Iva tes,” jelas istri Bupati tersebut.(Jon/Adv Humas)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59627)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51480)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48752)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14063)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13288)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11768)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9254)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019