Jumat, 29 Maret 2019 - 05:16:47 WIB
Dinas Pemadaman dan Penyelamatan Muaraenim Sabet Juara Pertama Lomba Antar Dinas se-SumselKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 105 kali

Baca Juga:Sejumlah WP Merasa Dipersulit Mengurus STNK di Samsat RancaekekPembentukan Desa Bagan Limau Bertentangan Dengan UUMayat Ngambang di Kali Ditemukan Warga Kampung Baru Koang JayaDituduh Memalsukan Surat, Redjo Fredy dan Soenarjono Terancam 6 Tahun Penjara

Muaraenim, Jaya Pos

Personil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muaraenim berhasil memukau Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dan penonton.
Pasalnya tim Damkar Muaraenim melakukan atraksi menjinakkan ular, dan berhasil menyabet juara pertama dalam lomba antar dinas Se-Sumatera Selatan yang digelar di Griya Agung Palembang, Rabu (13/3/2019).

Kegiatan tersebut, selain melakukan penilaian kinerja pemadam tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019, juga dilakukan penandatanganan perbatasan wilayah pemadam kabupaten dan kota oleh bupati dan walikota se-Sumsel.

Dalam kegiatan tersebut, tim Damkar Kabupaten Muaraenim berhasil mendapatkan piagam penghargaan terbaik tingkat Sumatera Selatan, dimana, para personil pemadam kebakaran melakukan simulasi pe­nanganan gangguan hewan berbahaya jenis ular phyton.

Setelah mendapatkan informasi warga bahwa ada gangguan ular di pemukiman, petugas penyelamatan melakukan aksinya dengan cepat dan sigap merespon.

Petugas berhasil menangkap dan mengamankan ular sepanjang tujuh meter tersebut dengan cepat dan aman. Dan aksi tersebut mendapatkan apresiasi gubernur, serta pejabat pemerintahan tingkat provinsi, kabupaten dan kota. Bahkan, para petinggi pemerintahan melakukan foto bersama ular tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Muaraenim Ir Yulius MSi, melalui sekretaris Handono SPd MSi menjelaskan, keberhasilan tim rescue atau penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Muaraenim mendapatkan penilaian terbaik tingkat Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan kerja keras bersama yakni antara para personil dengan atasan dan masyarakat.

Personil penyelamatan tidak hanya bertugas dan dilatih menyelamatkan jiwa manusia saja. Namun para petugas dilatih juga untuk menyelematkan hewan yang membuat resah masyarakat. Sebab selama ini, petugas Damkar hanya terfokus melakukan pemadaman jika ada kebakaran dan menyelamatan jiwa manusia.

Padahal ada yang tidak kalah penting yakni melakukan penyelamatan terhadap ancaman hewan buas, liar dan berbahaya salah satunya se­perti ular.
Karena pada saat kebakaran terjadi, baik itu pemukiman, hutan dan sebagainya sewaktu-waktu bisa ditemukan hewan tersebut.

“Atas nama Kepala Dinas, kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras para personil di lapangan, Pemkab Muaraenim, masyarakat dan seluruh stake holder yang membantu,” ujarnya. (Daud GP)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59627)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51480)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48752)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14063)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13288)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11768)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9254)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019