Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:01:01 WIB
Pentas PAI SD Tingkat Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2019 DigelarKategori: Pendidikan - Dibaca: 56 kali

Baca Juga:Dari 43 Hektar Kini Tinggal 23 Hektar, Situ Kelapa Dua Disulap Jadi PerumahanPetani Yang Mulia Memperingati Hari TaniDinas Peternakan Tolitoli Lakukan Pemerataan Kelompok Ternak SapiPejabat di Dinas PU Ketapang Korupsi Proyek MCK

Tasikmalaya, Jaya Pos

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto SIP menghadiri acara Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) SD Tingkat Kabupaten Tasikmalaya tahun 2019 yang berlangsung di Gedung Islamic Center Kabupaten Tasikmalaya, Jum’at (8/3/2019).

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana SIP MM, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para Kepala UPT, Kepala Sekolah, dan peserta lomba dari 39 kecamatan.

Ade Sugianto mengucapkan terima kasih atas terlak­sananya kegiatan Pentas PAI di Kabupaten Tasikmalaya, karena acara seperti ini dapat memperkokoh niat dan sikap dalam mewujudkan bangsa yang berkarakter terutama bagi generasi muda.

Bupati mengatakan, pendidikan karakter adalah suatu system pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter bangsa kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran, atau kemampuan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai karakter bangsa tersebut.

“Secara umum pendidikan karakter adalah untuk membentuk karakter seorang peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berkarakter mulia, bertoleransi, tangguh dan berperilaku baik. Semoga itu semua tertanam pada siswa di Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Bupati.

Bupati berpesan, agar siswa Kabupaten Tasikmalaya kembali menguatkan karakter bangsa dengan memberikan pondasi pendidikan, terutama penguatan ideologi bangsa yang dilakukan dengan memberikan pemahaman tentang 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika serta ideolaogi agama yang mengajarkan kebaikan, toleransi, perdamaian dan moderasi.

“Saya optimis bila generasi bangsa mempunyai pemahaman yang utuh tentang 4 pilar kebangsaan dan memahami tentang ideologi agama, mereka pasti memiliki imunitas dan pembanding terutama saat mendapatkan pengetahuan baru dari dunia digital tentang ide kebangsaan serta akan memiliki saringan dalam menghadapi serangan ideologi asing,” kata Ade.

Di akhir sambutan, Bupati menargetkan pada tahun ini akan membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih (Saber) Wajib Belajar untuk mengurangi angka usia wajib belajar yang tidak sekolah.

“Pada tahun ini kita targetkan usia anak SD yang tidak sekolah kita beri bimbingan, kita beri bantuan agar dia bisa bersekolah lagi. Ini bukan hanya tugas guru, ini tugas kita semua. Bupati, Kadisik, Kadinsos, dan semua pihak terkait. Mari kita kurangi angka anak yang tidak sekolah, pada usia dia yang seharusnya sekolah,” pungkas Bupati.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Dadan Wardana SIP MM melaporkan, moto kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) SD tahun 2019 adalah “Menjalin Ukhuwah, Mempererat Silaturahmi dan Berkompetensi Penguatan Budaya Religius Islami”.

Kegiatan ini diikuti 1.014 peserta dan 507 pendamping dari 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, dengan materi yang dilombakan, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzul Quran (MHQ), Pidato Keagaman, Tulis Al-Quran, Praktek Kesempurnaan Salat, Cerdas cermat Bidang Keagamaan, dan Qasidah Rebana. Waktu pelaksanaan tanggal 8 Maret 2019 sampai dengan 9 Maret 2019. (Asep S)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59283)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51147)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (26212)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14469)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13897)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13597)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13505)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12899)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9219)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8917)
Bedah JayaposDiduga Kurir Sabu Bergentayangan Di Daerah Sungai SembilanDumai, Jaya Pos Informasi dan sejumlah keterangan yang dirangkum dari masyarakat di wilayah Kecamatan Sungai ...


Korban Tsunami Alami Kerugian, Petinggi Balai TN Ujungkulon Terkesan Lakukan PembiaranKinerja BLP2A Kota Surabaya Layak Di Sorot Terkait Aset Kendaraan dan Kepemilikan BPKBGubernur Sulut Patut Tinjau Kinerja Kadis Kominfo Jety PuluDiduga DD Ganggaeng Tahun 2018 Tak Direalisasi, Kecamatan Picung Ambil Jurus Gubernur Sulut Patut Tinjau Kinerja Kadis Kominfo Jety PuluKontruksi Jalan Paving Baru Mleto Di Korupsi? Pengawasan Dinas Tutup MataProyek Survey Data Base Berbasis Web GIS 1,1 Miliar Terindikasi Fiktif
Laporan KhususLurah Baru Menjadi Semangat Baru Bagi Kelurahan Pondok Cabe IlirTangsel, Jaya Pos Baru tiga bulan menjabat Kepala Kelurahan Pondok Cabe Ilir, Munadi melakukan gebrakan ...


Sekda: Jabatan Pegawai Sesuai Kompetensi Lahirkan Pemerintahan Yang BaikPemkab Tangerang Peduli Pola Hidup Bersih Dan Sehat Di Pondok PesantrenBupati Banyumas Lantik 7 Camat BaruTanah Datar Raih Terbaik I PPD Tiga Tahun Berturut-TurutFachrori Yakinkan Konjen Singapura Berinvestasi di JambiBupati PALI Resmikan 12 Unit Pasar RakyatPemkab Labuhanbatu Terima Penghargaan Nirwasita Tantra Award 2018