Jumat, 15 Maret 2019 - 05:15:25 WIB
Walikota Banjar Sambut Pembangunan Tol CigatasKategori: Jawa Barat - Dibaca: 105 kali

Baca Juga:Forak Desak Kejati Jambi Tuntaskan Beberapa Kasus KoruspiRencana Walikota Nur Mahmudi Ismail Ditentang Ketua DPRDRapor Merah Bagi Kinerja Diskominfo Kab AnambasRatusan Guru Demo, Dana Sertifikasi 5 Bulan Tidak Turun

Banjar, Jaya Pos

Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) akan dimulai pengerjaannya tahun ini. Proses lelang dan penetapan lokasi (penlok) akan dimulai pada pertengahan tahun. Saat ini pemerintah pusat melalui Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, mengatakan proses lelang akan dilakukan awal tahun.

Menurut Basuki, di sela peletakan batu pertama perumahan tukang cukur oleh Presiden Joko Widodo, enam bulan lagi pemenang lelang bisa segera ditetapkan. Tol Cigatas jadi tahap awal pembangunan ruas jalan tol Cileunyi yang akan terhubung sampai Cilacap.

Meski direncanakan dibangun sampai Cilacap, kata Basuki, saat ini prioritas pembangunan baru sampai Tasikmalaya. Panjang tol Cileunyi sampai Cilacap sekitar 180 kilometer. Pembebasan lahan untuk tol Cigatas, diakui Basuki, sudah mulai dilakukan.

Proses lelang juga berbarengan dengan pembebasan lahan agar mempercepat proses pembangunan. Ia berharap proses lelang bisa selesai di bulan Juni. Pembangunan pun bisa segera dikerjakan setelah ada pemenang lelang.

Sementara di tempat berbeda, Walikota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih tengah membidik rencana pembangunan jalan tol Cigatas. Jalan tol di Jawa Barat ini rencananya akan memiliki rute dari Gedebage, Tasikmalaya, Ciamis hingga Banjar. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa.

Pembangunan jalan tol ini disebut-sebut akan memiliki pintu keluar tol di Kota Banjar. “Pembangunan jalan tol ini akan kita sambut dengan baik, mudah-mudahan gerbang keluarnya di Kota Banjar. Kita harus mempersiapkan pariwisatanya, hotelnya dan sebagainya,” kata Hj Ade Uu.

Menurutnya, ini masih dalam tahap rencana, meskipun kabarnya tol akan dibangun mulai tahun ini. “Kita harus mempersiapkan lahannya jika benar exit tolnya di Kota Banjar. Informasi ini juga belum fiks, karena masih berubah-rubah. Masterplan-nya juga masih di provinsi,” jelasnya.

Namun jelas Walikota dua periode ini, jika tol Cigatas diteruskan ke Jawa Tengah, kecil kemungkinan Kota Banjar menjadi tempat gerbang keluar tol. “Banjar tidak akan terlewati jika jalurnya langsung ke Jawa Tengah, tapi meski begitu kita tetap optimis dengan memaksimalkan lagi potensi pariwisatanya, hotel-hotel berbintang harus ada juga di Kota Banjar. Memang saat ini menjadi kesulitan kita mendatangkan investor untuk membangun hotel berbintang di Kota Banjar. Tapi kita akan tetap berusaha,” tandasnya.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59367)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51241)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (33093)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14715)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14007)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13843)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13600)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13009)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9915)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9018)
Bedah JayaposTim Saber Pungli Kota Banjar Siap Tindaklanjuti Dugaan Pungli di DisdikbudBanjar, Jaya Pos Tunjangan Kinerja (Tunkin) pengganti Tunjangan Dae­rah (Tunda) yang bakal diterima ...


Warga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan ListrikBobroknya Sikap Oknum Pegawai Bank BNI BukittinggiRekanan Chevron Diduga Gunakan BBM BersubsidiSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruGus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ?Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR
Laporan KhususPemkab Labusel Kembali Memperoleh WTP TA 2108 dari Kepala BPK RI Perwakilan SumutLabusel, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Selatan (Labusel) kembali memperoleh opini Wajar ...


Pemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang DihotmixLakukan Reformasi Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota, Naikan Pendapatan dan Pembangunan ApartemenPemkab Humbahas Raih WTP dari BPK RI Perwakilan SumutPatik Dalam Kehidupan Batak Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018