Minggu, 03 Maret 2019 - 07:05:04 WIB
Laskar dr Iskak Jadi Konsep Layanan Pre Hospital Penanganan Jantung NasionalKategori: Jawa Timur - Dibaca: 118 kali

Baca Juga:SMAN 3 Kabupaten Tangerang Persiapkan Diri Jadi SBIGubernur Upayakan 2015 Jambi Dapat Menurunkan Buta Aksara Hingga 0,5%Pekerjaan Rumah Menanti Joko WiBupati Panen Perdana Padi Penangkar Masa Tanam Tahun 2012

Tulungagung, Jaya Pos

Program layanan Syindroma koronaria akut terintegrasi (Laskar) RSUD dr. Iskak Tulungagung menjadi objek pembelajaran penanganan serangan jantung Kementrian Kesehatan.

Program ini juga direkomendasikan kepada seluruh rumah sakit di Indonesia untuk diadopsi. Tingginya ancaman serangan jantung di Indonesia menjadi topik diskusi pencanangan program Heartbeats (HEBAT) di Jakarta, Senin 18 February 2019.

Layanan serangan jantung yang dimiliki RSUD dr. Iskak dinilai paling ideal dengan mengintegrasikan semua unit rumah sakit dengan pihak luar. IGD, anestesi, dan unit lain di rah sakit itu mempunyai sistem masing-masing. “Tantangannya adalah menyatukan kesemuanya dalam sebuah sistem,” kata Dr Evit Ruspiono, Sp. JP yang menjadi salah satu pembicara dalam forum itu.

Bersama Dr. Boby Prabowo, Sp EM kedua dokter RSUD dr.Iskak ini menjadi nara sumber penyusunan program penanggulangan serangan jantung atau Sindrome koroner akut (SKA) yang digelar Astra Zene Indonesia (ASI) sebagi mitra Kementrian Kesehatan bekerja sama dengan “ Center of Healt Economics and policy Sciancy (CHEPS) Universitas Indanesia.

Dalam forum itu dr. Evil Ruspiono membeberkan kunci sukses penanganan serangan jantung di RSUD dr.Iskak melalui program LASKAR . Program ini diawali dengan mengirimkan tenaga medis Malaysia untuk mempelajari manajemen kedaruratan dan mengadopsinya ke Tulungagung ke Tulungagung dengan membentuk Instalasi Gawat Darurat Modern (Instagram) di tahun 2011.

Tak cukup membenahi IGD, sejumlah dokter dan direksi RSUD dr. Iskak membangun sistem penanganan kegawat daruratan yang lebih luas melalui PSC (Public Servis Centre). Dengan menghubungi nomor tertentu ,masyarakat bisa berhubung dengan operator PSC.

Tidak hanya melibatkan tenaga medis, PSC juga melibatkan Kepolisian, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, dan BPBD serta Satpol PP. Sehingga dalam waktu cepat seluruh lembaga tersebut dapat merespon terhadap keluhan masyarakat.

Pemaparan program LASKAR ini menuai apresiasi peserta seminar yang mayoritas adalah tenaga medis rumah sakit. Tak sedikit dari mereka berharab bisa mengadopsi sistem tersebut untuk menekan resik kematian akibat serangan jantung yang menjadi pembunuh nomor satu.

Sementara itu dr. Dafsah A juzar Sp.JP(K) Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta berharap program LASKAR RSUD dr.Iskak Tulungagung bisa ditiru dan diaplikasikan di seluruh rumah sakit di Indonesia.(Lgeng)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59560)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51417)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (43545)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14905)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14180)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14007)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13743)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13204)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11042)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9182)
Bedah JayaposGetwien Menduga Ada Pihak Sengaja Rekayasa Kasus Menantunya Untuk Cari NamaRiau, Jaiya Pos Terkait tuduhan dan fitnah yang tersebar di berbagai media yang menyebutkan bahwa Mindo ...


Ketua BPD Bukit Kemuning Tuding Kades Gelapkan DDKangkangi Izin, Aktivitas Mall Matahari dan Gedung Novita Pertaruhkan Nyawa Pengunjung UNTIRTA Pertanyakan Tanah Hibah Yang Diberikan Pemkab PandeglangPekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan Rawamang
Laporan KhususBupati OKI Buka Gerak PKK dan BBGRM XVI Kayuagung, Jaya Pos Posisi stategis Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, yang ...


Rencana Proyek RSUD di Pantura Capai Rp 500 MTMMD, Wujud Nyata Kemanunggalan TNI-RakyatBupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke 74 dan Tanjab Barat Ke 54Pemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di Manado