Jumat, 18 Januari 2019 - 07:35:00 WIB
Adipati Lantik 3 Kakam Terpilih di Kecamatan BaradatuKategori: Lampung - Dibaca: 199 kali

Baca Juga:Biaya Perawatan Gedung Walikota DipertanyakanDihukum 3 Tahun Dua Tahanan WNA KaburTak Cukup Saksi, Kapolsek Kakap Bebaskan Pencuri DurenGelapkan Pupuk, Supir Digiring ke Mapolres Duma

Way Kanan, Jaya Pos

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya melantik tiga Kepala Kampung yang ada di tiga kampung di Kecamatan Baradatu, Kabupaten Waykanan, Selasa (8/1/2019).

Pelantikan yang dilakukan di masing-masing kediaman kepala kampung terpilih tersebut berlangsung sederhana, ke tiga kakam yang dilantik tersebut yaitu Suwardi menjadi Kakam Bumi Rejo, Agus Sulistiono Kakam Suka Sari dan Abadi Ginting Kakam Bhakti Negara.

Dalam sambutan yang dibacakan Adipati dihadapan masing-masing kepala kampung terpilih tersebut Bupati, mengucapkan selamat kepada kepala kampung yang dilantik, semoga dalam menjabat usai dilantik dapat mengemban amanah sesuai yang diharapkan masyarakat.

Masih menurut Adipati, otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah berdasarkan prakarsa serta kemampuan daerah.

Disamping itu, pemerintah daerah juga berkewajiban mendorong terselenggaranya otonomi kampung dalam mewujudkan upaya mengatur dan mengurus rumah tangga kampung, maka kampung memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal-usul kampung disamping kewenangan lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Kewenangan yang merupakan hak asal usul kampung tersebut meliputi: menetapkan peraturan kampung, menyelenggarakan pemerintahan kampung, memiliki pimpinan pemerintah kampung, memiliki kekayaaan kampung, menggali dan menetapkan sumber-sumber pendapatan kampung, memberdayakan masyarakat kampung untuk bergotong-royong dan berpartisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan. Tak kalah penting mendamaikan perselisihan yang terjadi antar warga kampung.

“Untuk itu, kepala kampung mempunyai tanggung jawab yang tidak ringan. Saudara harus mampu tampil sebagai pelindung bagi masyarakat dengan tidak membeda-bedakan asal-usul suku,” katanya.

Dalam melaksanakan tugas, kepala kampung harus bisa bekerja sama dengan BPK, jangan mengedepankan ego pribadi atau kelompok. Karena pembangunan kampung harus dilakukan secara bersama-sama, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penggunaannya harus melibatkan BPK, sehingga dibawah kepemimpinan kakakm kehidupan masyarakat akan lebih baik.

“Selain itu, saya menekankan kepada kakam agar membantu saya memajukan daerah, sudah saatnya kakam tidak lagi hanya duduk diam menunggu, kalau kita malas berarti kita akan tertinggal dan tertindas oleh kemajuan zaman,” sambungnya.

Oleh karenanya, dirinya mengajak kakam dan semua pihak membangun kampung secara optimal, karena majunya kampung berarti juga maju pula daerah.(Suhaili)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59627)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51480)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48752)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14063)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13288)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11768)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9254)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019