Kamis, 17 Januari 2019 - 05:59:34 WIB
Mojokerto Nominasi Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Provinsi Jawa TimurKategori: Jawa Timur - Dibaca: 71 kali

Baca Juga:Tak Cukup Saksi, Kapolsek Kakap Bebaskan Pencuri DurenGelapkan Pupuk, Supir Digiring ke Mapolres DumaMasyarakat Oku Waspadai Gigitan TomcatGuru Tua, Penentu Ibukota Sulteng di Palu, Presiden Soekarno Pemberi Nama Bandara Mutiara

Mojokerto, Jaya Pos

Wakil Walikota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria mewakili Walikota Ika Puspitasari bersama Ketua TP PKK Kota Mojokerto Nur Chasanah Achmad Rizal menerima Tim Monitoring Evaluasi (Monev) Terpadu di Kalimati Gang 1 Kota Mojokerto.

Kedatangan Tim Monitoring Evaluasi Terpadu adalah untuk melakukan penilaian karena Kota Mojokerto menjadi salah satu nominator Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. Turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran kepala dinas, camat, lurah serta PKK Kelurahan Jagalan.

Ketua TP PKK Kota Mojokerto menyambut hangat tim monev terpadu LBS tersebut. “Terima kasih atas terpilihnya Kota Mojokerto menjadi salah satu nominasi lomba LBS,” tutur Nur Chasanah.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa lingkungan Kalimati yang diajukan untuk mewakili lomba LBS PKK tingkat provinsi karena merupakan lingkungan yang kondisinya mendukung dan sudah memenuhi syarat sesuai dengan kriteria yang ditentukan serta sudah mempunyai inovasi sebagai pendukung mengikuti lomba LBS.

Inovasi yang ada di lingkungan Kalimati antara lain sudah adanya biopori, kawasan CTPS (cuci tangan pakai sabun) kawasan tertib rokok, adanya bank sampah di semua RW, Posko Paman (posko pangan aman) ODF (Open Defecation Free/stop buang air besar sembarangan) lingkungan Kasih Setia (Kampung Bersih, Sehat, Teduh, Indah dan Aman).

Lingkungan Kalimati juga telah mendapatkan prestasi yaitu kelurahan terbaik pelaksanaan PKMBP tahun 2010, juara 3 lomba kelurahan berseri tahun 2017, dukungan terhadap Pemerintah Kota Mojokerto atas penghargaan Kota Layak Anak Kategori Pertama tahun 2017, kawasan tertib rokok (RW 03 Lingkungan Jagalan) tahun 2017.

Dalam kesempatan ini, Ketua TP PKK juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh OPD terkait, yang memberikan pembinaan kepada warga di lingkungan Kalimati, juga tokoh masyarakat, PKK dan kader yang mempertahankan lingkungan Kalimati tetap menjadi lingkungan bersih dan sehat. “Saya berharap dengan kerja sama yang baik dari semua pihak, lingkungan Kalimati menjadi juara dengan nomor terkecil di lomba tingkat provinsi ini,” serunya.

Ketua tim Monev Terpadu, Kristin Anom Surahno menyampaikan bahwa LBS adalah satu lomba yang diadakan dalam rangka hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan. “Setiap tahun diadakan lomba dengan 4 kriteria yaitu Posyandu, KB, LBS dan PHBS, tahun ini Kota Mojokerto mengikuti lomba LBS,” kata Kristin.

Kedatangan Tim Monev ke Kota Mojokerto hanya untuk memonitoring dan mengevaluasi profil yang sudah dikirimkan ke TP PKK Provinsi. “Kami terjun untuk mencocokkan apa yang ada pada profil dengan kondisi sebenarnya, dan Kota Mojokerto sudah menjadi nominator dari 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur bersama Kabupaten Gresik dan Kabupaten Trenggalek,” lanjut Kristin.

Sementara Cak Rizal, sapaan Wakil Walikota Mojokerto menuturkan keoptimisannya kepada Lingkungan Kalimati. “Kalau mau ikut lomba sebenarnya bisa kita carikan lingkungan yang sudah siap, tetapi TP PKK Kota Mojokerto mencarikan lingkungan yang betul-betul aktif di dalam hal kebersihan, walaupun dekat pasar tapi masyarakatnya bisa didorong (untuk hidup bersih),” jelas Cak Rizal.

Kota Mojokerto adalah kota yang kecil sehingga Ibu Walikota memberi jargon “Small is Beautifull,” meski kecil kotanya tetapi tingkat kepadatan penduduk besar dan yang paling berpengaruh dalam mencapai pola hidup sehat. “Jadi yang kita tata pertama adalah lingkungannya dulu, bila lingkungan sehat maka masyarakatnya gampang diajak hidup sehat,” lanjutnya.(Ad)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59099)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50956)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14260)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (14104)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13720)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13405)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13358)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12709)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8746)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8296)
Bedah JayaposKorban Kasus Akta Nikah Yang Diduga Palsu Melapor Ke Polda RiauPekanbaru, Jaya Pos Sehubungan dengan adanya laporan mengenai Akta Nikah diduga palsu yang dikeluarkan oleh ...


Selain Langgar Permendes No 19, Perangkat Desa Ciseureheun Juga Dobel JobKetua NCW Lahat Dapat Surat Balasan Terkait Dugaan Korupsi di PUPR Senilai Rp24 MRSI Siti Hajar Tidak Profesional Dalam Menangani PasienPolemik Pengiriman 2.493 Ton Zirkon Oleh PT Putraprima Mineral MandiriDiduga Gelapkan Dana Nasabah, PT PNM Unit Amurang Dilaporkan Ke Polda SulutMencuri Kabel Milik PT OKI Pulp and Papers Mills, Sarmadin Ditangkap PolisiMantan Camat Merapi Timur Diduga Terlibat Pembuatan Surat Tanah Fiktif
Laporan KhususDalam Tiga Bulan, Petani Cabai Bantaeng Bisa Raup Rp30 Juta Bantaeng, Jaya Pos Pengembangan inovasi pertanian terus dilakukan petani di Bantaeng. Salah satu yang sedang ...


KPU Gumas Gelar Rakor Penyusunan DPTB dan DPK Pemilu 2019Penilaian Dasawisma Aster II "Optimis Raih Juara"Fachrori: Kita Berupaya Maksimal Wujudkan Program Pembangunan 30 Ribu Massa Akan Ramaikan Gelaran Generasi Muda Cinta Lalu Lintas di Provinsi JambiFachrori Rapat Bersama Mentan Bicarakan Penguatan Harga Karet dan PanganHasil Evaluasi SAKIP Pemkab Gunung Mas Raih Predikat BPerbub Baru: Gaji PTT di Gumas Diatas UMK