Rabu, 19 Desember 2018 - 09:04:59 WIB
Resmi Beroperasi, PA dan PN Sudah Ditunggu Sederetan Kasus di MukomukoKategori: Bengkulu - Dibaca: 277 kali

Baca Juga:Walikota Jaksel dan Jajarannya Tidak Tanggap, PT Codefin Group Jarah Lahan Fasos-Fasum di PesanggrahBupati Simalungun DR JR Saragih "Suap" UspidaKejari Bandung Tahan 3 Tersangka Korupsi Perpusda, NSK Mengaku Sebagai Saudara Jamwas Marwan EffendPupuk UPS Tak Laku Dijual

PA dan PN Mukomuko ini  sudah ditunggu beberapa kasus untuk diproses melalui persidangan baik perkara perceraian, permohonan buku nikah, waris sampai perkara perdata dan pidana.

Mukomuko, Jaya Pos

Peranan lembaga peradilan atau hukum me­rupakan suatu kebijakan atau aturan yang berfungsi untuk mengatur tingkah laku masyarakat yang adil dan makmur. Sehingga keberadaan lembaga peradilan merupakan wadah bagi masyarakat untuk menuntut keadilan terkait pelanggaran haknya oleh orang lain.

Sejak diresmikan serentak oleh Makkamah Agung RI, Pengadilan Agama (PA) dan Pengadilan Negeri (PN) Mukomuko sudah ditunggu beberapa kasus untuk diproses melalui persidangan baik perkara perceraian, permohonan buku nikah, waris sampai perkara perdata dan pidana.

Keberadaan kedua Lembaga Peradilan (PA dan PN) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam peningkatan pelayanan masyarakat di bidang hukum dan keadilan untuk mencari keadilan (access to justise).

Sejak peresmian operasional pengadilan PA dan PN pada Senin, (10/12/18) bertempat di kantor Bupati Mukomuko, kedua lembaga ini sudah ditunggu sejumlah kasus atau perkara untuk diproses di persidangan, diantaranya PA sudah menunggu 22 kasus untuk ditindaklanjuti perkaranya di persidangan, diantaranya perkara perceraian, permohonan buku nikah dan masalah warisan, begitu juga PN sudah menunggu beberapa kasus perdata dan pidana lainnya.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Syarifah Aini SAg MHI di sela peresmian operasianal PA dan PN menyampaikan apresiasi atas diterimanya lembaga peradilan dengan baik di Kab Mukomuko. Keberadaan lembaga ini untuk mendekatkan akses keadilan masyarakat dan pencari keadilan yang domisilinya jauh dari lokasi pengadilan.

“Setelah dibentuknya pengadilan baru secara nasional, kami diamanatkan untuk berkoordinasi dengan seluruh pimpinan daerah untuk pelaksanaan layanan dan operasional, dimana sejak diresmikan pada Oktober, sudah ada 22 perkara yang masuk di kepanitiraan Pengadilan Agama Mukomuko yaitu perceraian dan juga termasuk permohonan buku nikah,” sebutgnya.

Lanjut Syarifah, Pengadilan Agama Mukomuko sudah menerapkan pelayanan sistem terpadu satu pintu yang merupakan salah satu program andalan dari Makamah Agung dan Sistim IT. Namun ada beberapa hambatan yang perlu dibenahi diantaranya jaringan listrik yang belum memadai serta username atau password dari MA yang belum diperoleh.

Masyarakat Mukomuko sudah dapat melajukan pendaftaran perkara secara online, cukup dengan media atau peralatan yang terkoneksi secara online.
Sementara Ketua Pengadilan Negeri Mukomuko Nurkolis SH MH mengatakan bahwa Pengadilan Negeri Mukomuko bertugas memeriksa dan memutuskan perkara baik di bidang pidana maupun keperdataan, baik orang perorangan seperti pertanahan (privat) atau sengketa hak milik bisa langsung ke pengadilan negeri sedangkan untuk sengketa waris bisa lewat Pengadilan Agama.

Nurkolis juga menyampaikan ungkapan rasa terima kasih telah difasilitasi dan diterima dengan baik di Kota Mukomuko, begitu juga dukungan fasilitas yang sudah diberikan dan harapan kedepan terjalin kekompakan dan sinergitas yang baik dengan semua unsur forkopimda yang ada.

Terkait penanganan perkara di PA Mukomuko, lanjutnya bisa berupa perceraian, warisan dan sengketa perbankan sari’ah. “Kita berterima kasih kepada Pemkab Mukomuko telah memfasilitasi PA Mukomuko berupa kendaraan operasional untuk mendukung kelancaran pelayanan terhadap masyarakat,” katanya.

Lanjutnya lagi, secara umum berdasarkan penelitian bahwa perempuan masih banyak dijumpai yang rela tidak nikah secara resmi, Wakil Ketua PTA menghimbau kepada seluruh aparat penegak hukum, bangun sinergitas dan kerjasama yang baik diantara aparat penegak hukum di Kab MukoMuko.
Secara operasional dan rentang kendali yang relatif jauh dengan kondisi saat ini sangat diuntungkan dengan keberadaan kedua lembaga peradilan di daerah itu.

Haidir mengatakan, dalam kurun waktu 15 tahun sejak dimekarkannya Kab Mukomuko, dengan jumlah penduduk lebih kurang 180 jiwa dengan jarak tempuh 6-7 jam via darat ke-ibukota Provinsi Bengkulu dan de­ngan berbagai persoalan dan kasus/perkara di tengah-tengah masyarakat Mukomuko, dan tentunya kita sangat diuntungkan dengan keberadaan kedua lembaga peradilan ini.

Wakil Bupati Mukomuko Haidir SIP membuka secara resmi membuka Peresmian Operasional Kantor PN dan PA di Kab Mukomuko, dengan ditandai pemukulan dol bersama, serah terima yurisdiksi dan penyerahan rekening Bank Mandiri terkait pendaftaran biaya perkara dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.(Ayong)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59435)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51309)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (37068)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14786)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14085)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13903)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13659)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13088)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10232)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9082)
Bedah JayaposBangunan Pompanisasi Mangkrak, Dinas Pertanian Akan Melakukan Sidak Pasuruan, Jaya Pos Setelah adanya pemberitaan oleh harian jaya pos terkait ada­nya bangunan ...


LPK-SM RAKYAT SEJAHTERA Akan Turunkan Tim Investigasi Terkait PompanisasiKejati Kalteng Telisik Dugaan Korupsi Proyek Jalan Kapuas Seberang Senilai Rp 5,8 MAPBDes Kedungwonokerto Jadi Ajang Cari Untung ?Tim Saber Pungli Kota Banjar Siap Tindaklanjuti Dugaan Pungli di DisdikbudWarga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan ListrikBobroknya Sikap Oknum Pegawai Bank BNI BukittinggiRekanan Chevron Diduga Gunakan BBM Bersubsidi
Laporan KhususBupati Bantaeng Pantau Proses Terminal Darah PuskesmasBantaeng, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng terus melakukan inovasi di sektor kesehatan. Salah ...


DPRD Sumsel Setujui LKPJ Gubernur Sumsel Tahun 2018DPRD Lahirkan Perda Inisiatif Kepemudaan dan Mengkritisi Kinerja PemkoSerahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Pangkal Duri, Fachrori: Jangan Lama-lama Bersedih, Segeralah Pemkab Labusel Kembali Memperoleh WTP TA 2108 dari Kepala BPK RI Perwakilan SumutPemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang DihotmixLakukan Reformasi Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota, Naikan Pendapatan dan Pembangunan ApartemenPemkab Humbahas Raih WTP dari BPK RI Perwakilan Sumut