Rabu, 31 Oktober 2018 - 06:40:52 WIB
Waykanan Gelar MTQ Tingkat KabupatenKategori: Lampung - Dibaca: 222 kali

Baca Juga:Serang Petugas Dengan Sangkur, Residivis DidorSijago Merah Lalap Rumah Bripka Robi AsabiGila ! Pejabat Eselon IV Punya Asset Miliaran Rupiah ?GERAM Demo Kantor Bupati & DPRD Tapteng

Way Kanan, Pembukaan Musyabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-15 Tingkat Kabupaten Way Kanan berjalan meriah. Kegiatan digelar di Lapangan Kampung Bengkulu, Kecamatan Gunung Labuhan, Senin (22/10/2018).

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengatakan, dalam kegiatan tersebut, pemkab melaksanakan berbagai kegiatan untuk percepatan penuntasan buta aksara Al-Qur’an. Kegiatan itu berupa memberikan insentif kepada guru ngaji dan melaksanakan Musyabaqoh Tilawatil Quran dari tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten.

Dari sisi pendidikan, upaya peningkatan kualitas SDM ini dilakukan dengan terus mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah. Selain itu juga mencanangkan gerakan “Way Kanan Mengaji” terutama untuk siswa sekolah menengah. “Kami juga memberikan perhatian serius di bidang kehidupan dan pendidikan keagamaan baik melalui mekanisme hibah maupun bantuan sosial.

Dewasa ini kita dihadapkan pada tantangan pengaruh globalisasi, setiap saat anak-anak dan pemuda kita, bahkan kita semua telah banyak dipengaruhi oleh tayangan TV dan Internet dengan berbagai acara dan program,” ungkapnya.

Pengembangan nilai-nilai Al Quran lanjut Bupati, harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal ini sangat penting untuk menjadi perhatian semua masyarakat, seiring dengan berkembangnya arus informasi dan budaya asing yang hampir tanpa batas, yang sering membawa dampak kurang baik bagi kehidupan keluarga kita, terutama anak-anak remaja.

Budaya luar tersebut, lanjutnya cenderung mengabaikan etika dan perilaku yang islami. “Oleh karenanya untuk mengontrol pengaruh buruk budaya luar tersebut, kita harus membentengi keluarga dan anak-anak dengan iman dan taqwa. Oleh karenanya, melalui momen MTQ ke-15 ini saya mengajak semua untuk senantiasa membumikan Al Quran, menghiasi rumah dan lingkungan dengan ayat-ayat Al Quran. Mari kita galakkan TPA, Majelis Ta’lim, Majelis Dzikir dan pengajian-pengajian di mushola, masjid-masjid, dan bahkan paling penting di rumah kita. Mari ajarkan Al Quran sejak dini kepada anak-anak,” ajaknya.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan sebagai syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al Quran, menjadikanmnya sebagai nafas, pegangan hidup yang hakiki, dan sebagai kepribadian, bahwa tujuan dan makna kegiatan MTQ juga menginginkan prestasi yang akan dapat menjadi kebanggaan.

Kepada peserta terpilih sebagai juara diharapkan agar dapat meningkatkan lagi kemampuan dan prestasinnya. Dan bagi yang belum terpilih sebagai juara agar terus belajar sehingga dimasa-masa mendatang dapat meningkatkan prestasinya lagi. “Kita berharap dari kegiatan MTQ ke-15 akan melahirkan Qori dan Qori’ah, Hafiz, Hafizah, Mufashir Mufhasiroh dan khot khottotoh terbaik Kabupaten Way Kanan yang akan dapat mengukir prestasi gemilang terutama untuk mengulangi keberhasilan menempati posisi ke-2 pada MTQ tingkat Provinsi Lampung tahun 2018 ini, minimal harus dipertahankan bila memungkinkan ditingkatkan lagi pada MTQ ke-47 tingkat Provinsi Lampung tahun 2019 mendatang.(Suhaili)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59627)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51480)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48752)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14063)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13288)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11768)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9254)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019