Sabtu, 15 September 2012 - 07:21:03 WIB
PKK Provinsi Jambi Selenggarakan Sosialisasi PKBNKategori: Jambi - Dibaca: 532 kali

Baca Juga:Tunjangan Fungsional Guru Dipotong UPTDICW Sumut Nilai Kasus Tonny Napitupulu DirekayasaAmankan Kasus Tanah, Hendarman Supandji Direkrut Hartati MurdayaPutra Samosir Jadi Ephorus HKBP, Pdt WTP Simarmata Pimpin 4,5 Juta Umat

Jambi, Jaya Pos

Guna menambah wawasan dan menggali berbagai potensi yang terbaik dalam mengembangkan kesadaran bela negara dan pola asuh anak bagi pengurus dan anggota TP PKK dalam Provinsi Jambi, Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi selama dua hari berturut-turut (12-13 September 2012), menyelenggarakan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara dan pola Asuh Anak (PKBN dan PAA), yang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj. Rochima Fachrori, bertempat di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi.

Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi pada kesempatan ini menyampaikan, bahwa bangsa Indonesia saat ini tengah mengalami perubahan besar, dan sudah menjadi kelaziman bagi suatu bangsa yang sedangan mengalami perubahan, sering terjadi kegamangan. “Hampir 15 tahun bangsa Indonesia melaksanakan reformasi, yang tentunya memberikan arti yang sangat strategis dan penting dalam memupuk rasa nasionalisme generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut disampikannya bahwa dalam proses pasang surut menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara, disana-sini terjadi stagnasi, kemandekan, bahkan kemunduran serta degradasi nilai-nilai nasionalisme dan kesadaran bela negara atau patriotisme.
Menurut Rochima Fachrori, sesungguhnya kejadian seperti ini sangat menarik untuk dicermati, dan didiskusikan secara baik, khususnya bagi ibu-ibu dari TP PKK dalam mendidik dan mengasuh anak sebagai penerus cita-cita bangsa.

Dijelaskannya, dalam perkembanagan sejarah dunia, banyak bangsa yang berhasil melaksanakan transformasinya, tetapi tidak sedikit juga yang gagal, dan bangsa Indonesia harus menghadapi dan menjalani ini semua, ini semua harus dilewati dengan penuh tanggungjawab. Bangsa Indonesia umumnya dan TP PKK khususnya harus melakukan sesuatu agar perubahan besar yang sedang berlangsung di negeri ini selamat menuju keadaan yang lebih baik.

Karenanya sosialisasi PKBN dan PAA yang dilaksanakan saat ini merupakan suatu langkah positif dan strategis untuk menjernihkan pemikiran semua pihak, menambah wawasan dan menggali berbagai potensi yang terbaik dalam mengembangkan kesdaran bela negara dan pola asuh anak, khususnya bagi TP PKK se-Provinsi Jambi. Karena TP PKK memililki potensi dan posisi strategis dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di negeri ini, dan di Provinsi Jambi.Merlalui 10 program pokok PKK, PKK dapat membantu pemerintah dalam memberikan pemahaman tentang arti pentingnya bela negara, tegas Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi.

Dilaksanakannya PKBN dan PAA bagi TP PKK se-Provinsi Jambi, PKK Provinsi Jambi menyadari bahwa anak merupakan aset bagi orang tua dan bagi suatu bangsa. Namun banyak pihak mungkin tidak menyadari hal tersebut, sehingga terlupakan bahwa dalam diri anak terdapat potensi dan akan terjadi perkembangan yang kelak akan berharga sebagai sumberdaya manusia.

Disampaikan Rochima, bahwa setiap anak mempunyai potensi cerdas, namun kecerdasan dimaksud tidak akan berkembang tanpa adanya bimbingan yang baik, pola asuh yang benar dari orang tuanya. Guru yang paling baik adalah orang tua dan lingkungan, olehkarena itu, para peserta diharapkan dapat berpikir secara bijak untuk kepentingan anak. Pastikan orang tua telah berbuat untuk menjadikan anak cerdas.

Disamping itu, ujar Wakil Ketua TP PKK, sosialisasi yang dilaksanakan ini merupakan salah satu wahana perbaikan dan pengembangan kualitas pola suh anak menuju lahirnya generasi bangsa yang memiliki kesadaran dalam bela negara, kreaktif dan berakhlak mulia.

Oleh karena itu, melalui sosialisasi ini, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi mengajak semua yang hadir juga kepada semua masyarakat untuk lebih meningkatkan perhatian kepada anak-anak dan meningkatkan kewaspadaan terhadap pola asuh anak. Dengan pola asuh anak yang baik dan benar, serta terarah, maka anak akan tumbuh dan berkembang menjadi seseorang yang memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dan siap membela bangsa dan negaranya.

Sebelumnya Hj. Nursiah Hamid, SH selalu Ketua Pelaksana dalam laprannya menyampaikan, bahwa sosialisasi ini diikuti oleh 125 orang peserta, masing-masing terdiri dari utusan TP PKK Provinsi Jambi 15 orang, dan dari Pokja I dari TP PKK Kabupaten Kota masing-masing 10 orang kali sembilan kabupaten dan dua kota sehingga jumlahnya 110 orang.

Bertindak sebagai nara sumber pada sosialisasi ini terdiri dari; 1. Kesbangpol Provinsi Jambi, yang menyampaikan materi tentang masalah situasi bermasyarakat dengan kondisi politik di Provinsi Jambi saat ini. 2. dari Korem 042/Gapu, yang menyampaikan masalah kebangsaan di wilayah Provinsi Jambi, dan 3. dua orang dari TP PKK pusat masing-masing menyampaikan materinya tentang Pembinaan Kesadaran Bela Negara dan Simulai Pola Asih Anak. Materi disampikan melalui panel ceramah dari masing-masing nara sumber yang dilanjutkan dengan dialog, diskusi dan tanya jawab.N.Usman


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (116183)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (87713)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (40571)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (22006)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (21658)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (15700)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (15002)Gurame PJTV Ajang Penyaluran Artis Penyanyi (14358)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (13898)Dilaporkan Ke KPK, Pejabat DKI Korupsi Tanah Rp 49 Miliar (12103)
Bedah JayaposDana Pemeliharaan Pamsimas Diduga Ditilep Oknum DesaSubang, Jaya Pos Kesulitan memperoleh air bersih, khususnya air minum hingga kini masih berlangsung ...


Langgar PP Nomor 109 Tahun 2012, Perusahaan Rokok Pasang Baliho Tanpa Pesan 'Merokok Membunuhmu'Usut Dugaan Korupsi Perjalanan Dinas di Bappeda Musi RawasPembangunan Embung Senilai Rp 2 Milyar di Banyuwangi Gagal KonstruksiPT Triomas Diduga Merambah Kawasan Giosfer di SiakDiduga Terjadi Praktek Kongkalingkong, Menhub Batalkan Lelang Proyek Rp 39,3 Milyar di ATKP MakassarPPK ATKP Makassar Memilih Bungkam Soal Proyek Pengerukan Dan Pematangan Lahan Senilai 39,6 M508 Indomaret Disegel, Lahan Atensi Mafia Dinas Hilang
Laporan KhususKemiskinan Memaksaku Menjdi TKW (Bgn 1)Oleh : Alexander Sibarani (Wartawan Harian Jaya Pos) Bekerja jauh di negeri orang dengan harapan terbebas ...


Group Facebooker K2AM Gelar Baksos Panti Jompo BinjaiMaju Calon Bupati 2015-2020, Carlos Melgares Eks Warga Spayol Siap Membangun SamosirBantaeng Buka Program 1 Juta Rumah untuk NelayanSDAP Banten Tingkatkan Ketersediaan Air Baku dan Irigasi Yang LayakDisdik Gagas KKN Berbasis Desa TerpaduPeringatan Hardiknas Meriah di Kabupaten OKUBPMP2T Kabupaten Pelalawan Melayani Dengan Sepenuh Hati