Senin, 20 Agustus 2018 - 05:37:43 WIB
Publikasi Kinerja Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2018Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 94 kali

Baca Juga:Mendekati Vonis, Terdakwa Ajukan Surat SakitPengacara Afriyani Susanti Ajukan BandingPembayaran Tunjangan Profesi Guru TW I & II Tidak CukupTerkait Potensi Green Coke Pemko Akan Pelajari Kembali

Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor menetapkan tugas pokok Sekretariat Daerah, yaitu membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif.

Dalam menyelenggarakat tugas tersebut, Sekretariat Daerah mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Pengoordinasian penyusunan kebijakan daerah;
2. Pengoordinasian pelaksanaan tugas perangkat daerah;
3. Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah;
4. Pelayanan administratif dan pembinaan aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah daerah; dan
5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai bidang tugasnya.
Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya tersebut, Sekretaris Daerah dibantu 3 (tiga) Asisten dan 11 Bagian.

Selain itu, dalam hal memberikan rekomendasi terhadap isu-isu strategis, di lingkungan Sekretariat Daerah juga terdapat 3 (tiga) orang Staf Ahli, yaitu:
1. Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan Kesejahteraan Rakyat;
2. Staf Ahli Bidang Sosial, Ekonomi dan Pembangun­an; dan
3. Staf Ahli Bidang Administrasi dan Keuangan

Serta didukung oleh 281 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 9 orang tenaga honorer.

Pada semester I Tahun 2018, beberapa tugas yang telah dilaksanakan Sekretariat Daerah se­suai dengan fungsinya antara lain:

a. Pengoordinasian penyu­sun­an kebijakan daerah

Dalam melaksanakan fungsi fasilitasi penyusunan kebijakan daerah, Sekretariat Daerah melalui Bagian Ke­sejahteraan Rakyat telah me­laksanakan beberapa kegiatan yang bertujuan meningkatkan sinergitas lintas sektor, yakni Rapat Koordinasi dan Evalua­si Bidang Pendidikan, Rapat Koordinasi dan Evaluasi Bidang Kesehatan, serta Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Ra­kerkesda) Kabupaten Bogor.

• Rapat Koordinasi dan Eva­lua­si Bidang Pendidikan Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2018
• Rapat Koordinasi dan Evaluasi Bidang Kesehatan Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2018
• Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kabupaten Bogor Tahun 2018

Adapun 2 (dua) Perda yang telah diundangkan pada semester I tahun 2018 adalah :

1. Perda nomor: 01/55/2018 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah
2. Perda nomor: 02/56/2018 tentang Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio dan Televisi

b. Pengoordinasian pelaksana­an tugas perangkat daerah

Dalam Pengoordinasian pelaksanaan tugas perangkat daerah Sekretariat Daerah juga memfasilitasi kerjasama, baik dengan lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan. Ada dua bentuk kerjasama, yakni Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama. Kesepakatan Bersama pada dasarnya merupakan kesepakatan antara dua pihak yang ditanda tangani bersama, namun apabila terjadi pelanggaran kesepakatan tidak ada sanksi hukum, melainkan hanya sanksi moral. Adapun Perjanjian Kerjasama merupakan kesepakatan antara dua atau lebih pihak yang sifatnya mengikat dan apabila terjadi pelanggaran akan berakibat sanksi hukum.

Perjanjian Kerjasama Dengan Pihak Ketiga 2018

1. Perjanjian Kerja sama Antara Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bogor dengan LPPM Institut Pertanian Bogor tentang pelaksanaan Anugerah Parahita Ekapraya tanggal 5 Februari 2018

2. Perjanjian Kerja sama Antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor dengan Pengadilan Negeri Cibinong, Pengadilan Agama Cibinong dan Kementerian Agama Kabupaten Bogor Tentang Pelayanan Terpadu Pencatatan Perkawinan, Perceraian,Kelahiran dan Hak Identitas Hukium Lainnya di kabupaten Bogor tanggal 6 Februari 2018

3. Perjanjian Kerja sama Antara Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bogor dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor tentang Pelaksanaan Kegiatan Pendaftaran Hak atas Tanah milik/dikuasai Pemerintah Kabupaten Bogor tahun ang­garan 2018

4. Perjanjian Kerja sama Antara PT Taspen (persero) Kantor Cabang Bogor dengan Pemerintah Kabupaten Bogor tentang Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan Gaji Pegawai Negeri Sipil Daerah dan Pelayanan Proaktif.

5. Perjanjian Kerja sama Antara Institut pemerintah dalam Negeri dan Pemerintah kabupaten Bogor tentang penyelenggaraan Bhakti Karya Praja Utama Institut pemerintah dalam Negeri tahun akademik 2017/2018 Dipemerintah kabupaten Bogor provinsi Jawa Barat.

6. Perjanjian Kerjasama Antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor dengan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong tentang Optimalisasi Penyelenggaraan jaminan Sosial Tenaga Kerja tanggal 4 juni 2018.

7. Perjanjian Kerjasama Antara Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dengan Universitas Ibnu Khaldun Bogor tentang Pelaksanan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) tanggal 31 Mei 2018

c. Pemantauan dan evaluasi pe­laks­anaan kebijakan daerah

Salah satu fungsi Sekreta­riat Daerah adalah melaksanakan fasilitasi pembangunan bidang agama, mengingat tidak ada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang secara khusus menangani pembangunan bidang keagamaan karena pengelolaannya berada dalam kewenangan instansi vertikal Kementerian Agama.

Pembangunan bidang keagamaan juga berkaitan dengan upaya penguatan aqidah. Upaya termaksud antara lain dilakukan dengan melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) serta mendukung pelaksanaan MTQ tingkat provinsi dan nasional.

d. Pengadaan Barang dan Jasa

Realisasi penyerapan anggaran sampai dengan Semester I Tahun Anggaran 2018 pada Bagian Pengadaan Barang/Jasa pada Sekretariat Daerah adalah sebagai berikut:
Total permohonan pelelangan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebanyak 500 kegiatan dari 32 SKPD dengan rincian :
Selain melaksanakan kegiatan pelelangan, Bagian Pengadaan Barang/Jasa pada Sekretariat Daerah juga me­nerima Kunjungan Kerja dari ULP berbagai daerah:

• Kunjungan Kerja dari ULP Pematang Siantar Provinsi Sumatera Utara
• Kunjungan Kerja dari ULP BulunganProvinsi Kalimantan Utara
• Kunjungan Kerja ULP Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah

Selanjutnya, pada tanggal 24 Juli 2018 Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa Kabupaten Bogor memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari PT Tirta Murni Sertifikasi.

e. Pilkada Serentak 2018

Kabupaten Bogor termasuk ke dalam 171 daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Bogor. Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bogor, jumlah penduduk Kabupaten Bogor :4.357.897 jiwa, terdiri dari laki-laki : 2.240.228 jiwa dan perempuan: 2.117.669 jiwa. Dari keseluruhan jumlah itu, daftar pemilih tetap adalah: 3.294.825 jiwa, terdiri atas laki-laki: 1.688.275 jiwa dan perempuan: 1.606.550 jiwayang tercatat dari 7635 TPS.

Guna menunjang kelancaran pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada Serentak tersebut, dibentuk Desk Pilkada yang berpusat di Bagian Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah.

Desk ini berfungsi melaksanakan koordinasi dan konsultasi dengan KPU, Panwaslu dan Desk Pilkada Provinsi Jawa Barat, serta melakukanpendekatan sosial dengan lembaga/organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda, dan lembaga keagamaan guna meningkatkan angka partisipasi pemilih.(Adv/Boston)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (51410)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50683)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13961)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13447)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13103)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12369)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8452)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7069)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6166)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (6033)
Bedah JayaposTedja Widjaja Pemilik Lentra Kasih Dan Mantan UPPRD Dilaporkan Ke KPKSetelah dilaporkan telah melakukan tindak pidana pemalsuan kini pemilik sekolah Lentera Kasih, Tedja Widjaja ...


Pungli Marak di Pengujian Gedebage, Kir "Bungkus" Menjadi-JadiDiduga Jadi Ajang Cari Untung, Sanimas Cigondang Pantas Laporkan KejatiPekerjaan Drainase di Kejayan Dinilai Kurang Baik, Warga Minta Adanya PerbaikanLSM FPR: Kades Perdana Harus Segera Ditindak TegasPembangunan Stasiun Uji Bus Kementerian Pertanian Memakai Material Tidak SNIProgram PAMSIMAS Desa Langensari Menuai MasalahAbaikan Syarat Dokumen Kontrak, PJU Jagir Wonokromo Asal Pasang
Laporan KhususPemko Padang Panjang Terima Penghargaan BPJS KetenagakerjaanPadang Panjang, Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat menerima penghargaan ...


Ini Dia Pesan Walikota Depok di Hari Pahlawan !Tim Wasev Mabes TNI Apresiasi Hasil TMMD Reguler ke 103 Kodim 0376/Batang di Desa DurenomboPasilog Bersama Anggota Satgas TMMD Membuat Jamban SehatTNI Batang Membangun Desa Dengan HatiWakil Ketua TP-PKK Sumsel Lakukan Kunjungan Kerja dan Silaturahmi ke TP-PKK Kabupaten PALIPrajurit Satgas TMMD Juga Pandai MemasakBeginilah Penampakan Rumah Tuyeri yang Sudah Dibangun Satgas TMMD