Jumat, 17 Agustus 2018 - 06:18:24 WIB
Bangun Kesehatan, Padangpanjang Canangkan GermasKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 132 kali

Baca Juga:Pembayaran Tunjangan Profesi Guru TW I & II Tidak CukupTerkait Potensi Green Coke Pemko Akan Pelajari KembaliBansos RKB dan DAK Diduga Dikerjakan Kroni-kroni BupatiAntisipasi Musim Penghujan, Bantaran Tanggul Sungai Cilemer Direhab

Padang Panjang, JAYAPOS - Agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang se­tinggi-tingginya, serta membangun kesehatan sekaligus membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang melalui Dinas Kesehatan mencanangkan Germas, di Gelanggang Olah Raga (GOR) Khatib Sulaiman, Bancahlaweh, Kamis (9/8) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang Drs H Nuryanuwar Apt MM MKes menyampaikan, saat ini Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi, yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular, seperti stroke, jantung, dan lainnya.

“Maka dari itu, kita ingin selalu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat Padangpanjang untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup,” papar Nuryanuwar.

Nuryanuwar menambahkan, untuk terwujudnya Germas, pihaknya mengajak masyarakat agar membiasakan pola hidup sehat dengan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, serta mengkonsumsi buah dan sayur minimal 5 porsi setiap hari.

“Selain itu, masyarakat harus membiasakan periksa kesehatan secara rutin minimal sekali 6 bulan, tidak mengkonsumsi alkohol, tidak merokok, gunakan jamban sehat, dan membersihkan lingkungan secara rutin,” jelasnya.

Senada dengan itu, Wakil Walikota Padangpanjang dr H Mawardi MKM berharap pada pencanangan Germas ini, seluruh OPD temasuk camat dan lurah serta organisasi yang ada dapat menindaklanjutinya.

“Kita berharap germas yang kita canangkan ditindaklanjuti oleh semua OPD di Kota Padangpanjang, termasuk camat dan lurah, serta organisasi yang ada di kecamatan dan kelurahan,” ucapnya.

Mawardi menambahkan, suksesnya germas di Kota Padangpanjang, juga tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor pemerintah di bidang kesehatan saja, namun harus melibatkan peran aktif semua pihak. “Suksesnya germas mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dengan mempraktekkan pola hidup sehat,” pungkasnya.(DMS)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59099)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50956)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14260)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (14104)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13720)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13405)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13358)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12710)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8747)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8297)
Bedah JayaposKorban Kasus Akta Nikah Yang Diduga Palsu Melapor Ke Polda RiauPekanbaru, Jaya Pos Sehubungan dengan adanya laporan mengenai Akta Nikah diduga palsu yang dikeluarkan oleh ...


Selain Langgar Permendes No 19, Perangkat Desa Ciseureheun Juga Dobel JobKetua NCW Lahat Dapat Surat Balasan Terkait Dugaan Korupsi di PUPR Senilai Rp24 MRSI Siti Hajar Tidak Profesional Dalam Menangani PasienPolemik Pengiriman 2.493 Ton Zirkon Oleh PT Putraprima Mineral MandiriDiduga Gelapkan Dana Nasabah, PT PNM Unit Amurang Dilaporkan Ke Polda SulutMencuri Kabel Milik PT OKI Pulp and Papers Mills, Sarmadin Ditangkap PolisiMantan Camat Merapi Timur Diduga Terlibat Pembuatan Surat Tanah Fiktif
Laporan KhususDalam Tiga Bulan, Petani Cabai Bantaeng Bisa Raup Rp30 Juta Bantaeng, Jaya Pos Pengembangan inovasi pertanian terus dilakukan petani di Bantaeng. Salah satu yang sedang ...


KPU Gumas Gelar Rakor Penyusunan DPTB dan DPK Pemilu 2019Penilaian Dasawisma Aster II "Optimis Raih Juara"Fachrori: Kita Berupaya Maksimal Wujudkan Program Pembangunan 30 Ribu Massa Akan Ramaikan Gelaran Generasi Muda Cinta Lalu Lintas di Provinsi JambiFachrori Rapat Bersama Mentan Bicarakan Penguatan Harga Karet dan PanganHasil Evaluasi SAKIP Pemkab Gunung Mas Raih Predikat BPerbub Baru: Gaji PTT di Gumas Diatas UMK