Jumat, 17 Agustus 2018 - 06:18:24 WIB
Bangun Kesehatan, Padangpanjang Canangkan GermasKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 76 kali

Baca Juga:Pembayaran Tunjangan Profesi Guru TW I & II Tidak CukupTerkait Potensi Green Coke Pemko Akan Pelajari KembaliBansos RKB dan DAK Diduga Dikerjakan Kroni-kroni BupatiAntisipasi Musim Penghujan, Bantaran Tanggul Sungai Cilemer Direhab

Padang Panjang, JAYAPOS - Agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang se­tinggi-tingginya, serta membangun kesehatan sekaligus membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang melalui Dinas Kesehatan mencanangkan Germas, di Gelanggang Olah Raga (GOR) Khatib Sulaiman, Bancahlaweh, Kamis (9/8) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padangpanjang Drs H Nuryanuwar Apt MM MKes menyampaikan, saat ini Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi, yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular, seperti stroke, jantung, dan lainnya.

“Maka dari itu, kita ingin selalu meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat Padangpanjang untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup,” papar Nuryanuwar.

Nuryanuwar menambahkan, untuk terwujudnya Germas, pihaknya mengajak masyarakat agar membiasakan pola hidup sehat dengan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, serta mengkonsumsi buah dan sayur minimal 5 porsi setiap hari.

“Selain itu, masyarakat harus membiasakan periksa kesehatan secara rutin minimal sekali 6 bulan, tidak mengkonsumsi alkohol, tidak merokok, gunakan jamban sehat, dan membersihkan lingkungan secara rutin,” jelasnya.

Senada dengan itu, Wakil Walikota Padangpanjang dr H Mawardi MKM berharap pada pencanangan Germas ini, seluruh OPD temasuk camat dan lurah serta organisasi yang ada dapat menindaklanjutinya.

“Kita berharap germas yang kita canangkan ditindaklanjuti oleh semua OPD di Kota Padangpanjang, termasuk camat dan lurah, serta organisasi yang ada di kecamatan dan kelurahan,” ucapnya.

Mawardi menambahkan, suksesnya germas di Kota Padangpanjang, juga tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor pemerintah di bidang kesehatan saja, namun harus melibatkan peran aktif semua pihak. “Suksesnya germas mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dengan mempraktekkan pola hidup sehat,” pungkasnya.(DMS)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50558)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (32587)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13796)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13326)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12960)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12207)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8272)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (5712)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5575)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5506)
Bedah JayaposDiduga Ada Konspirasi, Bantuan Hibah Ternak Sapi 2017 MencurigakanPasuruan, JAYAPOS - Bantuan dana hibah berupa ternak sapi dari pemerintah khususnya di wilayah ...


Cinta Sejati Berakhir di Balik Jeruji, Pelaku Pengeroyokan Malah Tidak Terjamah HukumEmbung Tanpa AirCV. Dewi Lestari Ketapang Diduga Mark-Up Proyek Jalan Usaha TaniPolisi Kecolongan, Ribuan Potong Kayu Log Ilegal lolosAMP Milik PT AKI Disinyalir Tidak Mengantongi IzinPengerukan Irigasi Empang Seperti Proyek SilumanIr Juang Sinaga: Awasi Ketat Pembangunan di Kabupaten Samosir
Laporan KhususRaih WTP 7 Kali, Pemkab OKI: Dampaknya untuk MasyarakatKayuagung, JAYAPOS - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI) mendapatkan penghargaan ...


Apel Akbar dan Pawai Muharram Terbesar Diikuti Ribuan SantriDanrem 071/Wk Juara 3rd Place "U Grade" IPSC Level III Standard DivisionRibuan Santri Banyumas Ikuti Pawai Taaruf Sambut Tahun BaruDrs Klusen Ketua Timses Kab MelawiSambut Tahun Baru Hijriyah, Bupati Banyumas Tabuh BedugPembukaan FSM ke XII Padang Panjang MeriahKegiatan Hari Lingkungan Hidup 2018 Kabupaten Labusel Provinsi Sumatera Utara