Senin, 04 Juni 2018 - 06:44:44 WIB
PUBLIKASI KINERJA DINAS SOSIAL KABUPATEN BOGOR TAHUN 2018Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 172 kali

Baca Juga:Penumpang ke Malaysia Mengeluh, Pelabuhan SemrawutKadali Keluarga Tahanan, ‘Kasat Reskrim’ Gadungan Diringkus Satreskrim Polres MajalengkaPenyidik Bidik Sejumlah Kegiatan DikmentiJalan Dusun Salusu Lanang Sangat Memprihatinkan, DPRD dan Pemda Terkesan Tutup Mata

A. KEGIATAN PENGEMBANGAN KAPASITAS EKONOMI KELUARGA MISKIN MELALUI POLA KEMITRAAN SOSIAL KABUPATEN BOGORDIKECAMATAN CARINGIN KABUPATEN BOGOR TAHUN 2018

I. PENDAHULUAN

Kemiskinan merupakan ma­salah fundamental yang dapat mempengaruhi tumbuhnya masalah-masalah sosial lainnya seper­ti keterlantaran, ketunaan dan ke­tidakberdayaan. Kondisi ini me­merlukan penanganan yang terencana, terpadu dan berkesinambungan.
Undang-Undang No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, mengamanatkan bahwa Pemerintah mempunyai tanggung jawab besar dalam menangani masyarakat miskin dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial lainnya. Penduduk miskin menurut TNP2K (Tim Nasional Percepatan Pengentasan Kemiskinan) di bagi dalam 3 kategori: 1. Sangat Miskin, 2. Miskin, dan 3. Hampir Miskin. Melihat luas dan kompleknya masalah kemis­kinan ini dalam aplikasi pena­nganannya, Pemerintah selalu melibatkan pihak swasta (pengusaha), masyarakat dan organisasi sosial kemasyarakatan.
Upaya-upaya yang telah dan sedang dilaksanakan oleh Peme­rintah Kabupaten Bogor dalam Penanggulangan Kemiskinan, me­lalui berbagi program kegiatan, baik yang bersifat pemberian pelatihan keterampilan maupun pemberdayaan secara individu maupun kelompok-kelompok usaha bersama keluarga mis­kin, yang semua programnya dilaksanakan secara terpadu oleh berbagai dinas terkait.
Upaya penanggulangan kemiskinan salah satunya melalui kegiatan pelatihan pengemba­ngan kapasitas ekonomi keluarga miskin melalui pola kemitraan sosial, dimana para peserta dapat menambah ilmu dan pengetahuan dan dapat membuka lapangan kerja itu sendiri.

II. MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah:
1. Membangkitkan semangat, har­ga diri dan kepercayaan diri serta keberdayaan keluarga miskin untuk menolong dirinya sendiri dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi.
2. Menumbuhkan kemauan dan kemampuan berusaha bagi keluarga miskin melalui kegiatan pelatihan usaha ekonomis produktif

Sedangkan tujuan dari kegiat­an ini adalah:
Meningkatkan keterampilan keluarga fakir miskin agar mampu menciptakan lapangan kerja bagi dirinya dan meningkatkan pendapatan keluarga, sehingga mampu memenuhi kebutuhan hi­dupnya.

III. SASARAN KEGIATAN

Adapun sasaran kegiatan ini adalah para keluarga miskin sebanyak 50 orang se-Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, de­ngan rincian:
a. Desa Caringin : 10 orang
b. Desa Lemah Duhur : 10 orang
c. Desa Pasir Muncang : 10 orang
d. Desa Cinagara : 10 orang
e. Desa Ciderum : 10 orang

IV. HASIL YANG DICAPAI

1. Meningkatnya pengetahuan, wawasan dan keterampilan para peserta dalam upaya pengembangan usaha melalui media kelompok.
2. Tumbuhnya rasa kebersamaan dalam kelompok untuk mengembangkan potensi kelompok dengan kegiatan usaha bidang tata boga dalam bentuk membuat olahan pa­ngan atau katering.
3. Tumbuhnya rasa kemauan dan kemampuan diantara anggota kelompok untuk berusaha meningkatkan penghasilan kelompok guna menambahkan penghasilan ekonomi keluarga.
4. Tumbuhnya rasa percaya diri dalam kelompok untuk berusaha dan bekerjasama dalam mengghadapi tantangan dan peluang menuju kemandirian kelompok. (Bos)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59099)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50956)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14260)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (14104)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13720)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13405)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13358)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12709)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8746)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8296)
Bedah JayaposKorban Kasus Akta Nikah Yang Diduga Palsu Melapor Ke Polda RiauPekanbaru, Jaya Pos Sehubungan dengan adanya laporan mengenai Akta Nikah diduga palsu yang dikeluarkan oleh ...


Selain Langgar Permendes No 19, Perangkat Desa Ciseureheun Juga Dobel JobKetua NCW Lahat Dapat Surat Balasan Terkait Dugaan Korupsi di PUPR Senilai Rp24 MRSI Siti Hajar Tidak Profesional Dalam Menangani PasienPolemik Pengiriman 2.493 Ton Zirkon Oleh PT Putraprima Mineral MandiriDiduga Gelapkan Dana Nasabah, PT PNM Unit Amurang Dilaporkan Ke Polda SulutMencuri Kabel Milik PT OKI Pulp and Papers Mills, Sarmadin Ditangkap PolisiMantan Camat Merapi Timur Diduga Terlibat Pembuatan Surat Tanah Fiktif
Laporan KhususDalam Tiga Bulan, Petani Cabai Bantaeng Bisa Raup Rp30 Juta Bantaeng, Jaya Pos Pengembangan inovasi pertanian terus dilakukan petani di Bantaeng. Salah satu yang sedang ...


KPU Gumas Gelar Rakor Penyusunan DPTB dan DPK Pemilu 2019Penilaian Dasawisma Aster II "Optimis Raih Juara"Fachrori: Kita Berupaya Maksimal Wujudkan Program Pembangunan 30 Ribu Massa Akan Ramaikan Gelaran Generasi Muda Cinta Lalu Lintas di Provinsi JambiFachrori Rapat Bersama Mentan Bicarakan Penguatan Harga Karet dan PanganHasil Evaluasi SAKIP Pemkab Gunung Mas Raih Predikat BPerbub Baru: Gaji PTT di Gumas Diatas UMK