Minggu, 03 Juni 2018 - 07:26:18 WIB
Proyek Irigasi Banda Usang Di Siguhung Terkesan AmburadulKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 170 kali

Baca Juga:Kadali Keluarga Tahanan, ‘Kasat Reskrim’ Gadungan Diringkus Satreskrim Polres MajalengkaPenyidik Bidik Sejumlah Kegiatan DikmentiJalan Dusun Salusu Lanang Sangat Memprihatinkan, DPRD dan Pemda Terkesan Tutup MataSiti, Warga Miskin Desa Gadingan Kurang Perhatian Pemerintah

Agam, Jaya Pos

Kini warga Siguhung Nagari Lubuk Basung mulai resah dengan adanya proyek misterius yang mengerjakan irigasi Banda Usang yang menggunakan dana dari PSDA Provinsi Sumbar. Baik masyarakat maupun pemerhati pembangunan daerah Agam, mempertanyakan proyek yang asal jadi dikerjakan oleh kontraktor misterius tersebut karena tidak memakai plang proyek.

Berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar lokasi proyek tersebut, bahwa ada pekerjaan irigasi misterius yang diduga tidak sesuai dengan spek kerja. Apalagi bahan materialnya sebagian diambil dari DAS (Daerah Aliran Sungai), seperti batu yang diambil dari dekat pintu air, yang bisa mengakibatkan terjadinya pengikisan.

Dan diduga kuat proyek irigasi ini penuh dengan nuansa KKN. Karena dana koporan (pondasi) yang sekian kubik tidak dipasang, serta dana plank proyeknya. Dan dalam waktu dekat ini akan di PHO (Provisional Hand Over). Yang mengherankan kenapa pihak PPTKnya tidak memberi teguran, jangan-jangan sudah terjadi kongkalikong dengan pihak rekanan ini.

Ketika Jaya Pos melakukan investigasi ke lapangan dan mengkonfirmasi (19/5) salah seorang kepala tukang yang bernama Zal mengatakan pekerjaan ini sudah sesuai. Namun ketika ditanya kenapa tidak memakai koporan dan adukan 1 : 5 Zal tidak bisa menjawab lagi dan lanjutnya proyek ini merupakan proyek Dinas PSDA Provinsi Sumbar.

Tentang plang dan berapa pagu dananya, serta apa nama perusahaannya Zal tidak tahu, “Yang saya ketahui kontraktornya bernama On tinggal di Siguhung dan sebagai pengawas saudara Can kepala UPTD PSDA Lubuk Basung,” ujarnya.

Ketika Jaya Pos minta supaya Zal menghubungi kontraktor On tersebut (19/5) sekitar jam 11.30 WIB via selularnya Zal menjawab saudara On tidak berada di rumahnya. Sementara itu Ketua LSM LKPM (Lembaga Koordinasi Pemuda Minang) Kabupaten Agam, Ir. Suandi. M di Lubuk Basung mengatakan sangat menyayangkan adanya informasi pekerjaan irigasi misterius Banda Usang jorong Siguhung yang dikerjakan asal jadi ujarnya pada Jaya Pos (20/5)

Menurut Ketua LSM Garuda RI DPW Sumbar, Bj. Rahmad telah memberikan informasi pada LSM LKPM tentang irigasi misterius tersebut bahkan dia juga telah menginformasikan secara lisan terhadap pengawas PSDA Kab. Agam dan Kepala Bidangnya, Otrizon tentang pekerjaan ini.

Lebih lanjut dikatakan sebagai lembaga sosial kontrol minta kepada pihak terkait segera menyikapinya dan kepada aparat penegak hukum dapat mengkros cek pekerjaan tersebut serta memprosesnya sesuai dengan hukum yang berlaku, tanpa pandang bulu. Sehingga rekanan–rekanan yang hanya coba mencari keuntungan semata, yang tidak memperdulikan aturan dan peraturan dalam mempertanggungjawabkan keuangan Negara, bias ditindak secara hukum.

Di tempat terpisah Bj. Rahmad ketika dihubungi membenarkan semua yang dijelaskan oleh Ketua LSM LKPM, ditambahkannya, “Semua dokumen awal pekerjaannya sampai sekian persen pekerjaan sudah ada sama saya, dan dalam waktu dekat akan saya surati pihak terkait. Dan perlu diketahui saya sudah koordinasikan hal ini kepada Kabid PSDA Sumbar Linda yang pada intinya irigasi misterius tersebut wajib dibongkar,” ucapnya. (Regar)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59099)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50956)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14260)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (14104)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13720)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13405)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13358)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12709)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8746)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8296)
Bedah JayaposKorban Kasus Akta Nikah Yang Diduga Palsu Melapor Ke Polda RiauPekanbaru, Jaya Pos Sehubungan dengan adanya laporan mengenai Akta Nikah diduga palsu yang dikeluarkan oleh ...


Selain Langgar Permendes No 19, Perangkat Desa Ciseureheun Juga Dobel JobKetua NCW Lahat Dapat Surat Balasan Terkait Dugaan Korupsi di PUPR Senilai Rp24 MRSI Siti Hajar Tidak Profesional Dalam Menangani PasienPolemik Pengiriman 2.493 Ton Zirkon Oleh PT Putraprima Mineral MandiriDiduga Gelapkan Dana Nasabah, PT PNM Unit Amurang Dilaporkan Ke Polda SulutMencuri Kabel Milik PT OKI Pulp and Papers Mills, Sarmadin Ditangkap PolisiMantan Camat Merapi Timur Diduga Terlibat Pembuatan Surat Tanah Fiktif
Laporan KhususDalam Tiga Bulan, Petani Cabai Bantaeng Bisa Raup Rp30 Juta Bantaeng, Jaya Pos Pengembangan inovasi pertanian terus dilakukan petani di Bantaeng. Salah satu yang sedang ...


KPU Gumas Gelar Rakor Penyusunan DPTB dan DPK Pemilu 2019Penilaian Dasawisma Aster II "Optimis Raih Juara"Fachrori: Kita Berupaya Maksimal Wujudkan Program Pembangunan 30 Ribu Massa Akan Ramaikan Gelaran Generasi Muda Cinta Lalu Lintas di Provinsi JambiFachrori Rapat Bersama Mentan Bicarakan Penguatan Harga Karet dan PanganHasil Evaluasi SAKIP Pemkab Gunung Mas Raih Predikat BPerbub Baru: Gaji PTT di Gumas Diatas UMK