Sabtu, 01 September 2012 - 09:27:43 WIB
Dugaan Korupsi Rp 4 M di Disdik Kab Tangerang Dilaporkan ke KejaksaanKategori: Tangerang - Dibaca: 383 kali

Baca Juga:Uang Haram Mirwan Amir ‘Mengalir’ ke Tina TalisaBentrok Antar Masa di Taman Palem Lestari Cengkareng (John Key cs Vs Hercules cs)Sejumlah Pejabat Dishub Riau DiperiksaPencegahan Kebakaran Gagal, Korupsinya Berhasil , Gubernur DKI Didesak Copot Kadis Damkar

Tangerang, Jaya Pos

Persoalan di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabu­pa­ten Tangerang terkait dugaan penyelewengan dana pendidikan, sepertinya terus berlanjut. Kali ini menyangkut dugaan penyimpangan dana pen­yediaan beasiswa retrireval untuk anak putus seko­lah tahun anggaran 2009 lalu. Nilainya cukup fantastis yakni sebesar Rp 4.410.000.000.

Terkait masalah tersebut, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Patriot Nasional (Patron) Tan­ge­rang Raya, Gordon S telah melaporkan kasus ini ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tangerang pada 6 Agustus 2012 lalu.

Dalam laporan yang ditujukan ke bagian Intel tersebut, Gordon menyebutkan dugaan korupsi di Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang tersebut berdasarkan monitoring dan investigasi yang dilakukan di lapangan, yang kemudiaan dikombinasikan dari beberapa sumber yang dapat dipertanggungjawabkan.
“Kami menemukan adanya beberapa indikasi yang berkonsentrasi pada penyelewengan sehingga berakibat negara dirugikan miliaran rupiah,” ujarnya, belum lama ini.

Penyelewengan tersebut, kata dia, diduga dilakukan oleh pejabat baik secara perseorangan atapun turut secara bersama-sama (berjamaah) di ling­kungan Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang.

Dikatakan, penggunaan anggaran tersebut diduga kuat adanya indikasi konspirasi dan manipulasi data, sehingga LSM Patron Tangerang Raya mensinyalir bahwa dana sebesar Rp 4.410.000.000 tersebut digunakan tidak tepat sasaran dan/atau diselewengkan serta dilakukan penggunaan pengeluarannya di luar prosedural sebagaimana yang telah ditetapkan dalam ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Adanya dugaan rekayasa di dalam pengeluaran penggunaan anggaran dengan pagu senilai Rp 4.410.000.000, menurut Gordon, sebab sesuai keputusan pengguna anggaran/barang Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Nomor: 900/165/Kep/Disdik/2009Tentang Penunjukan Pejabat Pengelola Teknis (PPTK) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Tahun Anggaran 2009, penggunaannya berubah menjadi Rp 3.992.864.700 atau berkurang sebesar Rp 417.135.300.

Rincian plafon anggaran per SKPD per urusan program dan kegiatan Tahun Anggaran 2009 Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, jelas Sekretaris LSM Patron Tangerang Raya itu, penyediaan beasiswa retrieval untuk anak putus sekolah sebesar Rp 4.410.000.000 yaitu, pemberian beasiswa yatim piatu dan duafa Tingkat SD/MI sebesar Rp 2.646.000 dan pemberian beasiswa yatim piatu dan duafa SMP/MTs sebesar Rp 1.764.000.000.

Selain itu, penyediaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) jenjang SD/MI/SDLB dan MTs serta pesantren Salafiyah dan satuan pendidikan non Islam setara SD dan SMP sebesar Rp 2.086.290.000. BOS SMP Terbuka Rp 238.140.000 dan BOS SD/SMP Satu Atap Rp 56.150.000. Penyediaan bantuan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu jenjang SD/MI/SDLB dan MTs serta Pesantren Salafiyah dan satuan pendidikan non Islam setara SD dan SMP sebesar Rp 262.911.776.

Dijelaskan Gordon, dalam keputusan pengguna anggaran/barang Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Nomor: 900/165/Kep/Disdik/2009 Tentang Penunjukan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Tahun Anggaran 2009 oleh Drs Karnadi MSi selaku Kasi SD, nama kegiatan penyediaan beasiswa retrival untuk anak putus sekolah sebesar Rp 3.992.864.700 dan penyediaan BOS jenjang SD/MI/SDLB dan MTs serta Pesantren Salafiyah dan satuan pendidikan non Islam setara SD dan SMP sebesar Rp 308.400.000.

Sementara Drs Slamet Santoso MPd, Kasi SMP dengan nama kegiatan penyediaan bantuan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu jenjang SD/MI/SDLB/ dan MTs serta Pesantren Salafiyah dan satuan pendidikan non Islam setara SD dan SMP sebesar Rp 2.146.115.600. “Berdasarkan monitoring dan investigasi yang kami peroleh sesuai bukti-bukti pendukung, ternyata per kecamatan juga menganggarkan hal yang sama,” tegasnya.

Terkait temuan tersebut, pihaknya mendesak Kejari Kabupaten Tangerang secepatnya menindaklanjuti laporan tersebut dengan cara memeriksa pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang yang diduga terlibat dalam penyelewengan dana itu.Bung


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59627)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51480)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48752)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14063)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13288)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11768)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9254)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019