Kamis, 09 Agustus 2012 - 07:25:58 WIB
Kendati Puasa, Pembongkaran Bangunan Bermasalah di Jakarta Pusat Tetap DilakukanKategori: Jakarta - Dibaca: 335 kali

Baca Juga:SDN Gununghalu 2 Salah Gunakan Anggaran BSMKemenhub Bangun Dua Bandara Baru Disulteng, Tahap II Pembangunan Terminal Penumpang Bandara MutiaraKP3L Pontianak Lakukan Penertiban Truk MuatanRazia Tanpa Plang di Pasar Cipulir, Sat Lantas Wilayah Jaksel Bikin Macet

Jakarta, Jaya Pos

Dalam rangka menciptakan tertib bangunan di tengah-tengah masyarakat, penertiban bangunan yang bermasalah hingga pembongkaran paksa tetap dilakukan oleh Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (Sudin P2B) Jakarta Pusat di saat menjalani dan menunaikan ibadah puasa.

Buktinya, dalam sepekan ini, bangunan yang bermasalah di Jakarta Pusat telah dibongkar paksa seperti di Kecamatan Tanah Abang, Gambir, Sawah Besar dan Cempaka Putih, yang langsung dipimpin Kasi Penertiban Sudin P2B Jakarta Pusat, Sugiarto.

Pembongkaran itu pun mendapatkan dukungan dari tokoh masyarakat Jakarta Pusat, seperti Zulfan dari Kecamatan Sawah. “Saya secara pribadi mendukung pembongkaran bangunan bermasalah oleh pihak pengawasan dan penertiban bangunan walaupun di saat sedang menunaikan ibadah puasa. Aksi ini saya dukung guna mengingatkan masyarakat Jakarta agar mengurus IMB,” kata Zulfan.

Hal yang sama dikatakan Budi Setiawan, tokoh pemuda di Kecamatan Tanah Abang. “Saya sebagai pemuda mendukung penuh pembongkaran paksa bangunan yang bermasalah yang dilakukan pihak pengawasan dan penertiban bangunan di saat bulan puasa ini. Pasalnya untuk menciptakan masyarakat tertib membangun.

Saya berharap agar pembongkaran paksa sesuai dengan tupoksi maupun standar operasaional prosedur (SOP), dan menghindari terjadinya KKN bagi oknum yang diduga membekingi bangunan bermasalah. Mari kita awasi bersama,” terang Budi.

Kasi P2B Kecamatan Tanah Abang, Devi Lesmana, beberapa waktu yang lalu mengatakan, bahwa pihaknyalah yang pertama kali melakukan pembongkaran bangunan yang bermasalah dari kecamatan lain. Ia pun mencontohkaqn bangunan yang dibongkar ada di Kelurahan Benhil.

“Kita menertibkan bangunan tersebut untuk mengingatkan masyarakat agar sebelum membangun dapat mengurus izin mendirikan bangunan (IMB), dan juga membangun sesuai izin yang sudah diberikan, supaya tertib membangun,” kata Devi Lesmana, yang juga sebagai Plh Kasie Perizinan pada Sudin P2B Jakarta Pusat.

Sementara Sugiarto, Kasi Penertiban Bangunan pada Sudin P2B Jakarta Pusat, saat memim­pin pembongkaran paksa bangunan bermasalah di Kecamatan Sawah Besar, menegaskan bahwa jajarannya tetap melakukan pembongkaran paksa kepada bangunan yang bermasalah, sekalipun jajarannya sedang menjalani atau menunaikan ibadah puasa di bulan suci ramadhan.

“Kita melakukan pembongkaran ini semata-mata menjalankan tupoksi untuk menertibkan bangunan yang bermasalah agar masyarakat tertib membangun. Kita laksanakan sesuai tahapan dengan memberikan surat SP4, segel dan SPB, sebelum kita bongkar,” kata Sugiarto.

Aksi seperti ini, lanjutnya, harus diberikan apresiasi. “Jangan hanya bisa melaporkan saja. Kalau pembongkaran saja tidak bisa diperhatikan alias dipublikasikan, harusnya kan imbang, jangan laporan yang jelek aja oleh LSM dan wartawan, sementara pembongkaran tidak diekspos,” ujarnya. Didit


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59627)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51480)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48752)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14063)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13288)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11768)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9254)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019