Minggu, 05 Agustus 2012 - 09:46:23 WIB
Jembatan Gantung Lubuk Sarik Terancam AmbrukKategori: Sumatera Barat - Dibaca: 432 kali

Baca Juga:Kepsek SDN Cimerang 2 BerbohongDjoko Susilo Korban Perang Bintang PolriSudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit KasusAnak Buah Bonaran Situmeang Diduga Peras Ibu Bersalin

Pessel, Jaya Pos

Jembatan gantung Lubuk Sarik Kenagarian Kambang Utara Kecamatan Lengayang terancam ambruk. Jembatan yang berdiameter panjang 60 meter yang   menghubungkan 2 kenagarian, Kenagarian Kambang dan Kenagarian Kambang Utara, kini dalam kondisi rusak parah dan sangat memprihatinkan.

Pantauan Jaya Pos di lokasi, menemukan aktivitas masyarakat, anak sekolah serta para guru yang mengajar di daerah terpencil menyeberangi jembatan yang kondisinya tidak layak itu. Namun apadaya, jembatan gantung yang rusak parah tersebut satu-satunya jalan alternatif yang harus dilalui.

Saat dikonfirmasi salah seorang ibu rumah tangga bernama Ita beralamat di Kampung Melayu saat menyeberangi jembatan tersebut, menuturkan merasa kesulitan untuk melintasi jembatan. “Disamping rusak parah, kemiringan jembatan membuat kami ketakutan untuk menyeberangi, belum lama ini ada warga yang terperosot hampir jatuh ke sungai,” ungkapnya.

Bayangkan seandainya jatuh, kata dia, mungkin korban nyawa yang akan terjadi. Sebab, tingkat kecuraman mencapai 40 meter ke dasar sungai. “Kami berharap pemerintah cepat tanggap memperbaiki jembatan tersebut sebelum jatuh korban,” katanya.

Pak An, salah seorang tokoh masyarakat setempat menyampaikan, secara swadaya warga telah berupaya memperbaiki jembatan dengan cara menambal dan menukar lantai jembatan yang telah rusak, namun tetap saja hancur karena aktivitas masyarakat pengguna jembatan cukup banyak.

Darmalis, Wali Nagari Kambang Utara saat ditemui Jaya Pos, (1/8) di ruang kerjanya, menjelaskan bahwa jembatan gantung yang menghubungkan dua kampung, Koto Marapak dan Kampung Lubuk Sarik memang kondisinya sangat memprihatinkan, disamping kondisi lantainya tak layak pakai juga semua besi penyangga telah karatan, terutama bagian alas jembatan serta tali baja sebagian sudah ada yang putus.

“Kami perangkat Nagari telah berupaya mengirim surat melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pesisir Selatan, namun sampai sekarang belum dapat tanggapan,” katanya.

Melalui kerjasama antar Wali Nagari Kambang Barat Nurlison, lanjut dia, mencoba mendatangi kantor Dinas PU, namun hanya dapat bantuan dana Rp 5 juta melalui Pak Son dari Dinas PU, untuk pembelian bahan material kayu.

Darmalis berharap kepada pemeritahan daerah serta Dinas PU untuk dapat segera menanggapi permintaan terebut. Ali N/Roni/Budi


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59369)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51244)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (33155)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14719)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14009)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13845)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13603)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13011)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9927)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9019)
Bedah JayaposTim Saber Pungli Kota Banjar Siap Tindaklanjuti Dugaan Pungli di DisdikbudBanjar, Jaya Pos Tunjangan Kinerja (Tunkin) pengganti Tunjangan Dae­rah (Tunda) yang bakal diterima ...


Warga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan ListrikBobroknya Sikap Oknum Pegawai Bank BNI BukittinggiRekanan Chevron Diduga Gunakan BBM BersubsidiSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruGus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ?Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR
Laporan KhususPemkab Labusel Kembali Memperoleh WTP TA 2108 dari Kepala BPK RI Perwakilan SumutLabusel, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Selatan (Labusel) kembali memperoleh opini Wajar ...


Pemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang DihotmixLakukan Reformasi Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota, Naikan Pendapatan dan Pembangunan ApartemenPemkab Humbahas Raih WTP dari BPK RI Perwakilan SumutPatik Dalam Kehidupan Batak Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018