Rabu, 01 Agustus 2012 - 07:08:23 WIB
SMKN 9 Surabaya Cetak Siswa Berbakat Seni dan Budaya BangsaKategori: Pendidikan - Dibaca: 606 kali

Baca Juga:Dinas Parawisata Kab Pandeglang Segera Ambil Sikap Pencairan Dana PNPM-MP Caringin Diduga BermasalahPemkot Bandung Belum Terbitkan Izin SOR Arcamanik, Proyek 86 M Sudah DilelangPolsek Cisaat Siaga Dalam KinerjaDisdikpora Cimahi Alokasikan Dana Rp 2,4 Miliar

Surabaya, Jaya Pos

Segudang prestasi dalam hal seni serta budaya yang ada di Jawa Timur khususnya di Surabaya selalu dicetak oleh siswa-siswi SMKN 9. Salah satu bentuk seni dan budaya tersebut adalah teater yang menjadikan suatu gebrakan para siswa-siswinya.

Surabaya, adalah ibukota Provinsi Jawa Timur, sudah selayaknya memiliki sekolah seni pertunjukan. Pasalnya, seni dan budaya bangsa merupakan bagian dari penanda peradaban suatu etnik, bahkan sebuah bangsa dan negara.

Keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Surabaya, dahulu Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) Surabaya - kini tidak saja menjadi penanda, melainkan pula sebuah pencitraan identitas etnik Jawa timuran.

Konstribusinya terhadap perkembangan dan pertumbuhan kesenian, khususnya di Surabaya (Jawa Timur) masih perlu dipertajam, sehingga anak didiknya benar-benar siap memasuki pangsa pasar seni dalam era pasar bebas. “Walaupun nantinya mereka memutuskan tidak melanjutkan untuk jenjang kuliah, mereka sudah siap berkarya dan bekerja, termasuk menjadi guru sanggar. Peluang menjadi guru ektra kesenian pun masih terbuka di sekolah-sekolah dasar,” ungkap Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Surabaya, Djoko Pratmodjo Yudi Utomo.

SMKN 9 Surabaya, satu-satunya sekolah seni pertunjukan di Jawa Timur yang memiliki lima jurusan bidang keahlian, yaitu jurusan Pedalangan, Karawitan, Tari, Musik dan Teater. Kelima jurusan bidang kesenian yang diajarkan dan ditransformasikan kepada anak didik (siswa-siswi), khusnya pedalangan, karawitan dan tari lebih kepada seni etnik dan tradisional Jawa Timur. “Kami mengagendakan Diklat Tari dan Pedalangan untuk membuka cakrawala dan wacana baru, sehingga capaian dari hasil didikan SMKN 9 mampu memasuki pasar global, khususnya seni pertunjukan,” kata Djoko.

Siska, salah saatu siswi jurusan teater SMKN 9 Surabaya mengungkapkan, bahwa sejak awal menjelang Unas SMP, orangtua sudah mengarahkan agar melanjutkan sekolah kejuruan seni. “Awalnya saya memilih jurusan musik, tapi tidak diterima. Lalu saya pilih teater, setelah saya bertanya tentang apa saja yang diajarkan,” katanya.

Arum yang bercita-cita menjadi jurnalis ini lebih lanjut mengatakan, selama mengikuti proses belajar, dirinya pun banyak memperoleh pengetahuan baru yang tidak hanya menyangkut seni peran (acting), namun pula pelajaran tentang editing dan fotografi. “Saya juga mengikuti pelajaran ektra jurnalistik, karena cita-cita saya pingin menjadi jurnalis atau kameraman,” katanya.

Proses pembelajaran pengembangan diri pun diberikan kepada setiap siswa setiap minggunya empat jam, meliputi produksi program televisi dan menejemen produksi teater, antaranya membuat sarana publikasi berupa poster, misalnya, dan membuat proposal serta event.

SMKN 9 Surabaya sebagai satu-satunya sekolah kejuruan seni pertunjukan di Jawa Timur,sekolahan tersebut bakal menghadapi tantangan besar, jika nantinya setiap sekolah umum juga menempatkan seni budaya sebagai pencitraan sekolah. Pasalnya, seni budaya telah menjadi materi pelajaran inti di sekolah-sekolah setelah diberlakukannya KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran). “Jurusan teater sudah memulainya dengan mengkolaborasikan musik, teater dan tari dalam setiap pertunjukannya.

Saat kami diundang tampil di Gebyar Balai Bahasa Surabaya, kami pun menampilkan musikalisasi puisi dengan fashions agar lebih menarik,” katanya.

SMKN 9 Surabaya berkomitmen menggratiskan biaya pendidikan selaras dengan program pemerintah. Apalagi keluarga siswa yang belajar di sekolah ini sebagian terbesar berasal dari kalangan ekonomi menengah-bawah.

Joko menambahkan.bahwa bentuk sebuah Kerja sama dengan instansi pemerintah, sangatlah penting sekali.menurut Djoko, amat penting dan berarti untuk pengembangan SMKN 9 Surabaya. “Kami punya potensi untuk bidang seni, namun pihak instansi terkait di Surabaya dan provinsi tidak banyak yang tahu tentang keberadaan sekolah seni pertunjukan ini,” tuturnya.lud/A6


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (73786)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61092)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52840)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20981)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16424)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15693)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15323)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15018)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14889)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11491)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya