Selasa, 16 Januari 2018 - 05:59:32 WIB
Bupati Mojokerto Terima Kunjungan Konsulat Jenderal Jepang Untuk Indonesia Kategori: Jawa Timur - Dibaca: 160 kali

Baca Juga:Dana APBN 6,8 M , DPP LAPPAN Akan Laporkan Distan Kab Bantaeng ke KPKFoke Segera Hadiahi Warga Jakarta Jalan Layang Antasari-Blok MHari Bhakti Adhyaksa Tahun 2012 Momentum Guna Optimalisasi Penegak Hukum Pemko Batam Akan Terus Meningkatkan Bantuan Untuk Masyarakat

Mojokerto, Jaya Pos

Bupati Mojokerto Musto­fa Kamal Pasa menerima rombongan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang untuk Indonesia (wilayah Surabaya) yang dipimpin oleh Masaki Tani, di Griya Wira Bhakti Praja.

Kunjungan ini dalam rangka membahas kerjasama yang dapat dibangun antara Pemprov Jawa Timur (Indonesia) khususnya Kabupaten Mojokerto bersama dengan Pemerintah Jepang.

Pemerintahan Jepang yang dalam hal ini dipimpin oleh Masaki menawarkan kerjasama dalam bentuk bantuan hibah untuk membantu kebutuhan dasar masyarakat tingkat akar rumput seperti bantuan sarana air bersih, elektrifikasi desa, pengadaan alat medis rumah sakit maupun Pusat Kesehatan Masya­rakat (Puskesmas) serta bantuan untuk pelatihan dan masih banyak lagi.

Bantuan akar rumput (se­butan bagi mereka) maksimal untuk setiap proyek sejumlah 10 juta Yen atau sekitar Rp 900 juta (tergantung nilai kurs berlaku) yang tujuan dan manfaatnya harus jelas.

Dalam bantuan yang mereka tawarkan ada bebera­pa persyaratan yang mesti dipenuhi yang utamanya bagi lembaga yang ingin mengajukan proposal, salah satunya tidak boleh dari unsur pemerintah yakni harus berasal dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau swasta yang terpercaya dan telah direkomendasikan, tentunya juga masih harus dengan persyaratan lain, lembaga tersebut paling tidak harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun.

Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa yang didampingi wakilnya, Pungkasia­di beserta Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Herry Soewito, menyambut positif rencana kerjasama yang dapat dibangun di antara kedua belah pihak. Banyak potensi Kabupaten Mojokerto yang dapat dimaksimalkan dalam program hibah akar rumput tersebut.

“Pemkab Mojokerto menyambut baik kemungkinan kerjasama ini, Jepang punya hubungan kuat dengan kita di Jawa Timur khususnya Kabupaten Mojokerto. Oleh karena cukup banyak investor dari Jepang yang berinvestasi di sini, banyak desa yang berpotensi dalam dunia pariwisata, baik pertanian seperti Kampung Organik Brenjonk di Trawas maupun wisata sejarah di Trowulan yang sangat kita rekomendasikan untuk bantuan hibah,” terang bupati.

Seperti Kecamatan Tro­wulan salah satu wilayah kecamatan yang kaya akan sejarah tentang Kerajaan Majapahit. Masaki secara pribadi melihat sejarah Majapahit yang terpusat di Kecamatan Trowulan sebagai potensi wisata yang kuat.

Masaki bahkan ingin mengundang para profesor dari Jepang untuk datang bertandang ke pusat kerajaan Majapahit yang terkenal dalam sejarahnya sebagai kerajaan yang mampu menyatukan beberapa wilayah kerajaan yang ada di Negara Republik Indonesia ini.

“Kami sering komunikasi dengan dinas pariwisata di beberapa daerah, wisata memang menjadi hal yang sangat menarik, terlebih jika potensi wisata daerah tersebut sangat spesifik dan tidak bisa ditemui di daerah lain, sejarah latar belakang Kerajaan Majapahit yang terpusat di Kecamatan Trowulan sangat menarik bagi kami, untuk itu kerja sama bisa kita buat dengan mengundang profesor kami untuk datang kemari guna mengunjungi sekaligus ikut membantu mengenalkan Trowulan ke seluruh dunia,” kata Masaki.(Ad)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50465)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (18442)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13551)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12867)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8127)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5421)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5172)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (4401)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (4067)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3683)
Bedah JayaposFutsal Pogot Samping Balai RW Asal Jadi, Penyelenggara Dispora BungkamRekanan pemenang CVAzka Jaya diduga meminjam pihak lain. Karena pihak kedua merasa tidak ikut memiliki ...


Kebakaran Jenggot, Kadis PUTR Kabupaten Agam Marah-Marah Pemasangan Lampu PJU Darmo Terindikasi DikorupsiDiduga Tanpa IMB, Pembangunan Pasar Rao-Rao Tetap DilanjutkanTPM P3TGAI Desa Banyubiru Tertutup Pada WartawanAnggota DPRD Geram, Bangun Drainase Tidak Sesuai HarapanKejati Minta Tindak PT Citra Indah Lestari, Proyek Rp 4 M di Kapuas Terindikasi Tak Sesuai KontrakEmbung Desa Tanjung Cipunagara Belum Lama Dibangun Sudah Ambrol
Laporan KhususPublikasi Kinerja Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2018Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja ...


Bupati Heri Amalindo Lepas Rombongan Karnaval HUT RI Ke-73Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI di Muara Enim BerkumandangBangun Kesehatan, Padangpanjang Canangkan GermasRibuan Manusia Menari Maumere di Penutupan TMMD BanjarnegaraMengenang Sejarah Aceh di Pameran Aceh Story ExpoPangdam Diponegoro Bangun Jembatan Sutabrata Desa SawanganRamaikan HUT RI Ke-73, DPU Tangsel Kembali Gelar Lomba Bersih Saluran