Selasa, 16 Januari 2018 - 05:59:32 WIB
Bupati Mojokerto Terima Kunjungan Konsulat Jenderal Jepang Untuk Indonesia Kategori: Jawa Timur - Dibaca: 78 kali

Baca Juga:Dana APBN 6,8 M , DPP LAPPAN Akan Laporkan Distan Kab Bantaeng ke KPKFoke Segera Hadiahi Warga Jakarta Jalan Layang Antasari-Blok MHari Bhakti Adhyaksa Tahun 2012 Momentum Guna Optimalisasi Penegak Hukum Pemko Batam Akan Terus Meningkatkan Bantuan Untuk Masyarakat

Mojokerto, Jaya Pos

Bupati Mojokerto Musto­fa Kamal Pasa menerima rombongan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang untuk Indonesia (wilayah Surabaya) yang dipimpin oleh Masaki Tani, di Griya Wira Bhakti Praja.

Kunjungan ini dalam rangka membahas kerjasama yang dapat dibangun antara Pemprov Jawa Timur (Indonesia) khususnya Kabupaten Mojokerto bersama dengan Pemerintah Jepang.

Pemerintahan Jepang yang dalam hal ini dipimpin oleh Masaki menawarkan kerjasama dalam bentuk bantuan hibah untuk membantu kebutuhan dasar masyarakat tingkat akar rumput seperti bantuan sarana air bersih, elektrifikasi desa, pengadaan alat medis rumah sakit maupun Pusat Kesehatan Masya­rakat (Puskesmas) serta bantuan untuk pelatihan dan masih banyak lagi.

Bantuan akar rumput (se­butan bagi mereka) maksimal untuk setiap proyek sejumlah 10 juta Yen atau sekitar Rp 900 juta (tergantung nilai kurs berlaku) yang tujuan dan manfaatnya harus jelas.

Dalam bantuan yang mereka tawarkan ada bebera­pa persyaratan yang mesti dipenuhi yang utamanya bagi lembaga yang ingin mengajukan proposal, salah satunya tidak boleh dari unsur pemerintah yakni harus berasal dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau swasta yang terpercaya dan telah direkomendasikan, tentunya juga masih harus dengan persyaratan lain, lembaga tersebut paling tidak harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun.

Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa yang didampingi wakilnya, Pungkasia­di beserta Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Herry Soewito, menyambut positif rencana kerjasama yang dapat dibangun di antara kedua belah pihak. Banyak potensi Kabupaten Mojokerto yang dapat dimaksimalkan dalam program hibah akar rumput tersebut.

“Pemkab Mojokerto menyambut baik kemungkinan kerjasama ini, Jepang punya hubungan kuat dengan kita di Jawa Timur khususnya Kabupaten Mojokerto. Oleh karena cukup banyak investor dari Jepang yang berinvestasi di sini, banyak desa yang berpotensi dalam dunia pariwisata, baik pertanian seperti Kampung Organik Brenjonk di Trawas maupun wisata sejarah di Trowulan yang sangat kita rekomendasikan untuk bantuan hibah,” terang bupati.

Seperti Kecamatan Tro­wulan salah satu wilayah kecamatan yang kaya akan sejarah tentang Kerajaan Majapahit. Masaki secara pribadi melihat sejarah Majapahit yang terpusat di Kecamatan Trowulan sebagai potensi wisata yang kuat.

Masaki bahkan ingin mengundang para profesor dari Jepang untuk datang bertandang ke pusat kerajaan Majapahit yang terkenal dalam sejarahnya sebagai kerajaan yang mampu menyatukan beberapa wilayah kerajaan yang ada di Negara Republik Indonesia ini.

“Kami sering komunikasi dengan dinas pariwisata di beberapa daerah, wisata memang menjadi hal yang sangat menarik, terlebih jika potensi wisata daerah tersebut sangat spesifik dan tidak bisa ditemui di daerah lain, sejarah latar belakang Kerajaan Majapahit yang terpusat di Kecamatan Trowulan sangat menarik bagi kami, untuk itu kerja sama bisa kita buat dengan mengundang profesor kami untuk datang kemari guna mengunjungi sekaligus ikut membantu mengenalkan Trowulan ke seluruh dunia,” kata Masaki.(Ad)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (12925)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7326)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (4671)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3106)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (2481)Menuju Sumut 1 Djarot-Sihar Diunggulkan (2096)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1743)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1549)Jerit Tangis Penghuni Lapas Lubuk Pakam Deli Serdang (1454)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (1286)
Bedah JayaposPembanggunan Long Storage Jadi Ajang Illegal Maining (Bag 2)Sidoarjo, Jaya Pos Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah ...


Kepsek Sd Negeri 27 Tapian Kandis Kecamatan Palembayan Tidak Punya EtikaPTSL Dikelurahan Cipete Dijadikan Ajang PungliAkibat Anggota "Main Proyek" Dibiarkan, Citra DPRD Kapuas TercorengPembangunan Jalan Desa Marumpa Sarat PenyimpanganPemprov Riau Bangunan Rumah Layak Huni, Diduga Tidak Tepat SasaranDiduga Bansos Rastra di Desa Ciseureuheun- Cigeulis DitebusPolsek Tapung Amankan Gas Elpiji 3 Kg Bersegel Bengkalis
Laporan KhususPlt Bupati Muba Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD Muba, Jaya Pos Plt Bupati Musi Ba­nyuasin (Muba) Beni Herne­di menjawab pamandangan umum ...


Koperasi Abdi Sejahtera Gelar Rapat Anggota Luar BiasaPemkab Gumas Musrenbang Perdana di TewahBP3D Gumas Gelar Rapat Penyampaian Data Laporan TEPRABupati Resmikan RSUD Grati Dengan Harapan Pelayanan Kesehatan Semakin MerataWalikota Gs Vicky Lumentut Canangkan Pelayanan Medik 1x24 JamRSUD M Ali Hanafiah Batusangkar Terima Sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang Lima dari KARSBupati Muara Enim Teken MoU Peningkatan Kinerja OPD Tahun 2018