Minggu, 03 Desember 2017 - 05:53:48 WIB
Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka Kategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 3042 kali

Baca Juga:Dugaan Korupsi, Bupati Simalungun DR JR Saragih DidemoSimpan Ecstasy Satrio Purwanto DiadiliTerkait Kontrak Freeport, SBY dan Menteri ESDM Digugat Rp 70 TriliunRehab DAK SDN 095205 Nagori Parbalogan Terkatung-katung, Siswa-siswi Belajar di Luar Ruang Kelas

Makassar, Jaya Pos

Mega proyek pembangunan Jalur Kereta Api di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk jalur Makassar-Parepare, akhirnya membawa petaka. Proyek yang tahun 2017 ini menggunakan dana APBN lebih dari 4 triliun rupiah, akhirnya menyeret Komandan Batalyon Zeni Tempur 8/Sakti Mandra Guna (Yon Zipur 8/SMG) Letkol Czi Dwi Joko Siswanto SE MIPOL menjadi tersangka.

Dwi Joko Siswanto sudah kurang lebih sepekan mendekam di sel tahanan Pomdam IVX Hasanuddin. Danyon Zipur 8/SMG ini, harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, atas penyalahgunaan jabatan terhadap institusi yang dipimpin­nya, karena terlibat langsung dalam pekerjaan blasting/peledakan bukit, pada proyek kereta api yang berlokasi di Desa Siawung Kecamatan Taneterilau Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan.

“Peledakan bukit tersebut, tanpa sepengetahuan Pangdam IVX Hasanuddin dan Kasad, sebagai atasan langsung, yang mana kegiatan tersebut harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari Kasad, setelah melalui proses kelengkapan dokumen,” ucap Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Kodam IVX Hasanuddin Kol Inf Alamsyah saat dihubungi Jaya Pos, Senin (27/11).

Alamsyah mengatakan, yang bersangkutan sudah ditahan setelah menjalani pemeriksaan. “Yang bersangkutan disangkakan dengan pelanggaran menyalahgunakan jabatan dan wewenang,” tegas Alamsyah.

Saat ditanya soal adanya aliran dana sebesar 10 miliar rupiah yang diterima oleh Danyon Zipur 8/SMG Letkol Dwi Joko Siswanto, Kapendam mengatakan, hal tersebut masih dalam penyidikan pihak Pomdam. Pekerjaan blasting tersebut, masuk dalam wilayah kerja kontraktor pelaksana PT Dwifarita Fajarkharisma yang melakukan KSO dengan PT Irian Putra Persada dengan nilai kontrak lebih dari 90 miliar rupiah, yang mana ang­garannya berasal dari dana APBN 2017.

Dari investigasi yang dilakukan Jaya Pos, Danyon Zipur 8/SMG, terlibat bisnis dalam peledakan bukit, atas permintaan kontraktor pelaksana, dan diduga menerima aliran dana sebesar 10 miliar rupiah.

Dalam melaksanakan pe­kerjaan blasting ini, Dwi Joko Siswanto juga dibantu bebera­pa orang anak buahnya, yang juga telah ditahan bersamaan.
Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perkeretaapian Sulawesi Selatan Hendry, saat hendak dimintai komentar soal ini, justru enggan memberikan jawaban. Saat dihubungi berulang kali, perihal kasus yang mencoreng kinerjanya, melalui handphone serta WA yang bersangkutan, justru tidak menggubris panggilan dari Jaya Pos.

Sebelum kasus ini terungkap, Hendry selaku PPK, justru bersikap baik jika dimintai konfirmasi soal proyek kereta api ini.(JK)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (10071)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3042)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (1854)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1692)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1116)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (997)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (848)10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal Jadi (586)Endorsement Operational Level Untuk Kelas III dan IV Merugikan Pelaut (540)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (504)
Bedah JayaposPT MRIA Harus Bertanggung Dalam Kasus Yang Menyeret Danyon Zipur 8 SMG Jadi TersangkaMakassar, Jaya Pos Kasus keterlibatan Danyon Zipur 8 SMG yang terlibat dalam peledakan bukit (blasting), ...


Proyek Rehabilitasi Jembatan Terkesan Asal Jadi, BPKP Diminta Turun TanganPengusaha Nakal Berkeliaran Memburuh Proyek Di Kabupaten DharmasrayaSoal Kasus Lampu Jalan di Maros, Kompolnas Minta Klarifikasi Kepada Kapolri10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal JadiAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun Lapangan
Laporan KhususPerantau Asal Samosir Merintis Obyek Wisata di KampungSamosir, Jaya Pos Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi bahwa Samosir adalah salah satu tempat kunjungan ...


TNI Peduli Atas Penderitaan Seorang Anak BOB Berikan Bantuan Mesin Pengolah Pakan Ikan Kepada Warga Desa KasikanDPRD Muba Sambut Baik Inisiatif Pemkab MubaPemkab Muba Sampaikan Raperda Tentang Pinjaman Daerah Kepada DPRDDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SAMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030