Rabu, 18 Oktober 2017 - 05:48:38 WIB
Disnaker Depok Fasilitasi Pelatihan Disain GrafisKategori: Depok - Dibaca: 58 kali

Baca Juga:Rehab Empat SDN di Kecamatan Wonoayu Berjalan LancarPeresmian Kantor dan Launching e-KTP Kec Bunguran Timur Layani Masyarakat Secara ProfesionalPengawasan BPOM Dinilai LemahRaskin di Mancak Kab Serang Diduga Marak Penyelewengan

Depok, Jaya Pos

Dinas Ketenagakerjaan (Dis­naker) Kota Depok memfasilitasi pelatihan disain grafis kepada generasi muda Kota Depok. Pelatihan tersebut diharapkan mampu memikul tugas dan tanggung jawab untuk kelestarian kahidupan bangsa dan negara.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Disnaker Kota Depok, Diah Sadiah yang bertempat di Ruang Pelatihan Nurul Fikri, dengan Instruktur dari Nurul Fikri. Menurut Diah, diharapkan bisa menjadikan generasi muda yang mendiri mampu berwirausaha dan berdaya saing.

Tujuan Desain grafis

Tujuan Desain grafis me­ru­pakan cara berkomunikasi dalam bentuk visual yang menggunakan fasilitas gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. “Secara umum, orang akan lebih cepat menerima pesan dalam bentuk visual di­bandingkan dalam bentuk teks. Bentuk visual juga le­bih universal ditangkap oleh manusia dengan berbagi latar belakang yang berbeda,” katanya.

Untuk itu, kata Diah, ge­nerasi muda perlu mendapat­kan perhatian khusus dan kesempatan yang seluas-luas­nya untuk dapat tumbuh dan berkembang secara wajar baik jasmani, rohani maupun sosialnya.

Ia menambahkan, dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya, terdapat generasi muda yang me­nyandang permasalahan sosial seperti kenakalan remaja, penyalahgunaan obat dan narkota, anak jalanan dansebagainya baik yang disebabkan oleh faktor dari dalam dirinya (internal) maupun dari luar dirinya (eksternal).

“Dari sinilah mereka bisa menumbuhkan berfikir kreatif dalam membuat suatu karya yang mereka inginkan dan tidak harus menggunakan narkoba dan lain sebagai­nya,” kata dia.

Menurut Diah, desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar dan tata letak.
“Pelatihan dengan materi Desain Grafis sangat dibutuhkan oleh setiap instansi, karena media komunikasi visual merupakan media penyampaian informasi yang efektif untuk tujuan internal organisasi maupun eksternal (publik), karena secara umum orang akan lebih mudah memahami dan menerima pesan dalam bentuk visual dibanding dalm bentuk teks biasa,” katanya.

Oleh karena itu. lanjut Diah, perlu adanya upaya, program dan kegiatan yang secara terus menerus melibatkan peran serta semua pihak baik keluarga, lembaga pendidikan, organisasi pemuda, masyarakat dan terutama ge­nerasi muda itu sendiri.

“Generasi muda sekarang harus mempunyai sifat kreatifitas agar mereka dapat berekspresi. Contohnya dapat dilakukan dengan pengenalan suatu karya atau suatu desain dalam bentuk grafis ataupun visual,” tandasnya.( ADV )


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (12925)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7326)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (4668)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3106)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (2481)Menuju Sumut 1 Djarot-Sihar Diunggulkan (2096)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1743)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1549)Jerit Tangis Penghuni Lapas Lubuk Pakam Deli Serdang (1454)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (1286)
Bedah JayaposPembanggunan Long Storage Jadi Ajang Illegal Maining (Bag 2)Sidoarjo, Jaya Pos Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah ...


Kepsek Sd Negeri 27 Tapian Kandis Kecamatan Palembayan Tidak Punya EtikaPTSL Dikelurahan Cipete Dijadikan Ajang PungliAkibat Anggota "Main Proyek" Dibiarkan, Citra DPRD Kapuas TercorengPembangunan Jalan Desa Marumpa Sarat PenyimpanganPemprov Riau Bangunan Rumah Layak Huni, Diduga Tidak Tepat SasaranDiduga Bansos Rastra di Desa Ciseureuheun- Cigeulis DitebusPolsek Tapung Amankan Gas Elpiji 3 Kg Bersegel Bengkalis
Laporan KhususPlt Bupati Muba Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD Muba, Jaya Pos Plt Bupati Musi Ba­nyuasin (Muba) Beni Herne­di menjawab pamandangan umum ...


Koperasi Abdi Sejahtera Gelar Rapat Anggota Luar BiasaPemkab Gumas Musrenbang Perdana di TewahBP3D Gumas Gelar Rapat Penyampaian Data Laporan TEPRABupati Resmikan RSUD Grati Dengan Harapan Pelayanan Kesehatan Semakin MerataWalikota Gs Vicky Lumentut Canangkan Pelayanan Medik 1x24 JamRSUD M Ali Hanafiah Batusangkar Terima Sertifikat Akreditasi Paripurna Bintang Lima dari KARSBupati Muara Enim Teken MoU Peningkatan Kinerja OPD Tahun 2018