Senin, 25 September 2017 - 05:42:46 WIB
15 Paket Proyek T.A 2017 Di Ketapang Terindikasi Persekongkolan TenderKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 128 kali

Baca Juga:Bendungan Sidoan Rusak ParahKetua PN Ranai, Suktiono : Nasib PN Perikanan Ranai Masih Menunggu Keputusan MAFaisal Basri Batubara Lebih Kuat Dari Koalisi Golkar, PPP dan PDSRapat Pleno Rekapitulasi dan Perhitungan Suara di Kelurahan Kedaung Kaliangke Berjalan Lancar

Ketapang, Jaya Pos

Ada sebanyak 15 paket proyek APBD tahun anggaran 2017 yang bernilai miliaran rupiah di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat yang terindikasi telah terjadi persekongkolan tender yang melibatkan Pokja 5 dan Pokja 7 Badan Layanan Pengadaan (BLP) Kabupaten Ketapang.

Pemenangan tender 15 paket proyek tersebut terindikasi telah diatur sebelumnya. Indikator yang ditemukan Jaya Pos pada 14 paket Pokja 5 dan 1 paket Pokja 7.

Berawal dari laporan masyarakat di Kabupaten Ketapang pada awal 2017 lalu kepada Jaya Pos, bahwa disinyalir akan terjadi permainan tender APBD di Kabupaten Ketapang tahun anggaran 2017. Alasannya, karena di dalam keanggotaan BLP Ketapang tahun 2017 diduga terdapat oknum PNS yang sering bermain proyek. Dari laporan tersebut Jaya Pos Biro Ketapang melakukan investigasi, dan hasilnya cukup mengejutkan.

Dengan bantuan pihak tertentu, Jaya Pos menemukan adanya indikasi persaingan usaha tidak sehat dan monopoli usaha di dalam 15 tender paket proyek yang terindikasi telah diatur pemenangnya sebelum tender. Ke 15 paket proyek tersebut sebagian besar paket non fisik. Indikator yang ditemukan adalah proses tender yang beberapa tahapannya tidak dilaksanakan sesuai pedoman dokumen lelang secara elektronik.

Ironisnya, para peserta lelang lainnya yang melakukan penawaran tidak satupun melakukan hak sanggah. Sekalipun tender tidak prosedural. Wakil Bupati Ketapang Drs. Suprapto S saat dikonfirmasi Jaya Pos (14/9) via WhatsApp mengatakan bahwa dirinya masih melakukan ibadah haji di Mekkah.

Suprapto menyarankan agar langsung konfirmasi ke Heri Iskandar selaku Kabag Pengadaan Barang dan Jasa. Pada hari itu juga Jaya Pos mendatangi Heri Iskandar, namun setelah beberapa jam ditunggu, Heri Iskandar tak muncul ke kantor, kabar dari staffnya bahwa Heri lagi rapat. Upaya konfirmasi ke 2 melalui pesan singkat juga tidak dijawab oleh Heri Iskandar.

Prosedur mengikuti lelang, sebelum calon peserta lelang menyetujui ikut mendaftar sebagai peserta lelang, calon peserta lelang terlebih dahulu harus menyetujui Pakta Integritas.

Berikut isinya : Tidak akan melakukan praktek praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Akan melaporkan kepada pihak yang berwajib/berwenang apabila mengetahui ada indikasi KKN di dalam proses pengadaan ini. Akan mengikuti proses pengadaan secara bersih, transparan, dan profesional untuk memberikan hasil kerja terbaik sesuai ketentuan, “Serta apabila saya melanggar hal-hal yang telah saya nyatakan dalam Pakta Integritas ini, saya bersedia dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi serta dituntut ganti rugi dan pidana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”. Kesimpulannya di dalam tender 15 paket Proyek tersebut banyak yang terlibat.(Hardi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50364)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13451)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12782)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8008)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5328)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4839)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (3988)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3943)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3782)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3616)
Bedah JayaposKades Mekar Sari-Panimbang Diduga Manipulasi Data BSPS Kaum MiskinPadeglang, JAYAPOS - Sukarna Jaya, Kepala Desa Mekarsari, Kec Panimbang diduga memanipulasi data ...


Dana DAK Rehab, RKB dan Perpustakaan Sekolah Diduga Dipungli Hingga Ratusan Juta RupiahPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab
Laporan KhususWagub Berikan Jawaban pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi SumselPalembang, JAYAPOS -  Wakil Gubernur Suma­tera Selatan Ir H Ishak Mekki MM ...


Bupati OKI Minta Polisi Tindak Tegas Pembakaran LahanSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang Ternak