Senin, 25 September 2017 - 05:42:46 WIB
15 Paket Proyek T.A 2017 Di Ketapang Terindikasi Persekongkolan TenderKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 12 kali

Baca Juga:Bendungan Sidoan Rusak ParahKetua PN Ranai, Suktiono : Nasib PN Perikanan Ranai Masih Menunggu Keputusan MAFaisal Basri Batubara Lebih Kuat Dari Koalisi Golkar, PPP dan PDSRapat Pleno Rekapitulasi dan Perhitungan Suara di Kelurahan Kedaung Kaliangke Berjalan Lancar

Ketapang, Jaya Pos

Ada sebanyak 15 paket proyek APBD tahun anggaran 2017 yang bernilai miliaran rupiah di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat yang terindikasi telah terjadi persekongkolan tender yang melibatkan Pokja 5 dan Pokja 7 Badan Layanan Pengadaan (BLP) Kabupaten Ketapang.

Pemenangan tender 15 paket proyek tersebut terindikasi telah diatur sebelumnya. Indikator yang ditemukan Jaya Pos pada 14 paket Pokja 5 dan 1 paket Pokja 7.

Berawal dari laporan masyarakat di Kabupaten Ketapang pada awal 2017 lalu kepada Jaya Pos, bahwa disinyalir akan terjadi permainan tender APBD di Kabupaten Ketapang tahun anggaran 2017. Alasannya, karena di dalam keanggotaan BLP Ketapang tahun 2017 diduga terdapat oknum PNS yang sering bermain proyek. Dari laporan tersebut Jaya Pos Biro Ketapang melakukan investigasi, dan hasilnya cukup mengejutkan.

Dengan bantuan pihak tertentu, Jaya Pos menemukan adanya indikasi persaingan usaha tidak sehat dan monopoli usaha di dalam 15 tender paket proyek yang terindikasi telah diatur pemenangnya sebelum tender. Ke 15 paket proyek tersebut sebagian besar paket non fisik. Indikator yang ditemukan adalah proses tender yang beberapa tahapannya tidak dilaksanakan sesuai pedoman dokumen lelang secara elektronik.

Ironisnya, para peserta lelang lainnya yang melakukan penawaran tidak satupun melakukan hak sanggah. Sekalipun tender tidak prosedural. Wakil Bupati Ketapang Drs. Suprapto S saat dikonfirmasi Jaya Pos (14/9) via WhatsApp mengatakan bahwa dirinya masih melakukan ibadah haji di Mekkah.

Suprapto menyarankan agar langsung konfirmasi ke Heri Iskandar selaku Kabag Pengadaan Barang dan Jasa. Pada hari itu juga Jaya Pos mendatangi Heri Iskandar, namun setelah beberapa jam ditunggu, Heri Iskandar tak muncul ke kantor, kabar dari staffnya bahwa Heri lagi rapat. Upaya konfirmasi ke 2 melalui pesan singkat juga tidak dijawab oleh Heri Iskandar.

Prosedur mengikuti lelang, sebelum calon peserta lelang menyetujui ikut mendaftar sebagai peserta lelang, calon peserta lelang terlebih dahulu harus menyetujui Pakta Integritas.

Berikut isinya : Tidak akan melakukan praktek praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Akan melaporkan kepada pihak yang berwajib/berwenang apabila mengetahui ada indikasi KKN di dalam proses pengadaan ini. Akan mengikuti proses pengadaan secara bersih, transparan, dan profesional untuk memberikan hasil kerja terbaik sesuai ketentuan, “Serta apabila saya melanggar hal-hal yang telah saya nyatakan dalam Pakta Integritas ini, saya bersedia dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi serta dituntut ganti rugi dan pidana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”. Kesimpulannya di dalam tender 15 paket Proyek tersebut banyak yang terlibat.(Hardi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4285)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2988)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1656)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1079)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (577)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (432)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (327)Wujud Sinergitas TNI Polri, Polsek Wates Makan bersama dengan 70 Anggota TNI (283)Ratusan Pekarya KSO Demo PT BBP (237)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (225)
Bedah JayaposTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganKuala Kurun, Jaya Pos Menangani perkara sengketa tanah antara Esza YM alias Sisi melawan Awat, Ucu dan Tono, ...


PT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya MandiriPeningkatan Jalan Kebonagung Kemangsen Menyimpang Kinerja CV Aura Karya Kontruksi Disoroti Warga Karena Terkesan Asal-Asalan
Laporan KhususWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Ciamis, Jaya Pos Dari tahun ke tahun, semakin bertambah warga In­donesia beragama Islam yang daftar ...


Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui OnlinePublikasi Kinerja Setda Kabupaten Bogor Semester II Tahun 2017Bamag Nas Mengabarkan Tentang Terang Kristus