Senin, 25 September 2017 - 05:42:46 WIB
15 Paket Proyek T.A 2017 Di Ketapang Terindikasi Persekongkolan TenderKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 624 kali

Baca Juga:Bendungan Sidoan Rusak ParahKetua PN Ranai, Suktiono : Nasib PN Perikanan Ranai Masih Menunggu Keputusan MAFaisal Basri Batubara Lebih Kuat Dari Koalisi Golkar, PPP dan PDSRapat Pleno Rekapitulasi dan Perhitungan Suara di Kelurahan Kedaung Kaliangke Berjalan Lancar

Ketapang, Jaya Pos

Ada sebanyak 15 paket proyek APBD tahun anggaran 2017 yang bernilai miliaran rupiah di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat yang terindikasi telah terjadi persekongkolan tender yang melibatkan Pokja 5 dan Pokja 7 Badan Layanan Pengadaan (BLP) Kabupaten Ketapang.

Pemenangan tender 15 paket proyek tersebut terindikasi telah diatur sebelumnya. Indikator yang ditemukan Jaya Pos pada 14 paket Pokja 5 dan 1 paket Pokja 7.

Berawal dari laporan masyarakat di Kabupaten Ketapang pada awal 2017 lalu kepada Jaya Pos, bahwa disinyalir akan terjadi permainan tender APBD di Kabupaten Ketapang tahun anggaran 2017. Alasannya, karena di dalam keanggotaan BLP Ketapang tahun 2017 diduga terdapat oknum PNS yang sering bermain proyek. Dari laporan tersebut Jaya Pos Biro Ketapang melakukan investigasi, dan hasilnya cukup mengejutkan.

Dengan bantuan pihak tertentu, Jaya Pos menemukan adanya indikasi persaingan usaha tidak sehat dan monopoli usaha di dalam 15 tender paket proyek yang terindikasi telah diatur pemenangnya sebelum tender. Ke 15 paket proyek tersebut sebagian besar paket non fisik. Indikator yang ditemukan adalah proses tender yang beberapa tahapannya tidak dilaksanakan sesuai pedoman dokumen lelang secara elektronik.

Ironisnya, para peserta lelang lainnya yang melakukan penawaran tidak satupun melakukan hak sanggah. Sekalipun tender tidak prosedural. Wakil Bupati Ketapang Drs. Suprapto S saat dikonfirmasi Jaya Pos (14/9) via WhatsApp mengatakan bahwa dirinya masih melakukan ibadah haji di Mekkah.

Suprapto menyarankan agar langsung konfirmasi ke Heri Iskandar selaku Kabag Pengadaan Barang dan Jasa. Pada hari itu juga Jaya Pos mendatangi Heri Iskandar, namun setelah beberapa jam ditunggu, Heri Iskandar tak muncul ke kantor, kabar dari staffnya bahwa Heri lagi rapat. Upaya konfirmasi ke 2 melalui pesan singkat juga tidak dijawab oleh Heri Iskandar.

Prosedur mengikuti lelang, sebelum calon peserta lelang menyetujui ikut mendaftar sebagai peserta lelang, calon peserta lelang terlebih dahulu harus menyetujui Pakta Integritas.

Berikut isinya : Tidak akan melakukan praktek praktek korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Akan melaporkan kepada pihak yang berwajib/berwenang apabila mengetahui ada indikasi KKN di dalam proses pengadaan ini. Akan mengikuti proses pengadaan secara bersih, transparan, dan profesional untuk memberikan hasil kerja terbaik sesuai ketentuan, “Serta apabila saya melanggar hal-hal yang telah saya nyatakan dalam Pakta Integritas ini, saya bersedia dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi serta dituntut ganti rugi dan pidana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”. Kesimpulannya di dalam tender 15 paket Proyek tersebut banyak yang terlibat.(Hardi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121536)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90928)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (63152)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (50511)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45783)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45603)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37450)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32911)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31606)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (24032)
Bedah JayaposKades Stroke, BPD Pertanyakan Sikap Bupati SubangDesakan warga ini murni guna menciptakan kondusifitas pemerintahan dalam pelayanan terhadap warga dan ...


Tutupi Indikasi Persekongkolan Tender, ULP Ketapang Manipulasi Data?Pelaksanaan 2 Proyek Bandara Kuala Kurun, Diduga Tidak Sesuai Kontrak445 Mesin Parkir Jadi Mubazir, Ada Politik Dibalik Pengadaan ?Peningkatan Jalan Coban Blimbing-Wonosari Diduga Asal JadiHasil Kerjaan Amburadul Tanpa Referensi Dan Kemampuan Dasar PT Nasrip Indonesia Menang 3 PaketKanwil DJBC Riau dan Sumbar Musnahkan Barang Selundupan Senilai Rp13 M LebihDiduga Kongkalikong Antara Kontraktor dan Pejabat PU di Proyek Rigit Beton 6 M
Laporan KhususBerhasil Kendalikan Kaki Gajah Depok Raih PenghargaanDepok, Jaya Pos Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia ...


Tahapan Seleksi Sekda Memasuki Penulisan MakalahBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Tahun 2017Ketua Dewan Pimpin Paripurna Istimewa APBD-P 2017Inovasi Disbun Jatim Untuk Petani KakaoHUT Kabupaten Natuna Bupati Berikan Penghargaan Pada PegawaiJaksa Pangkalpinang Masuk SekolahPDAM Kab Melawi Peroleh Predikat WTP