Sabtu, 14 Juli 2012 - 06:27:47 WIB
Bendungan Sidoan Rusak ParahKategori: Sulawesi Tengah - Dibaca: 143 kali

Baca Juga:Ketua PN Ranai, Suktiono : Nasib PN Perikanan Ranai Masih Menunggu Keputusan MAFaisal Basri Batubara Lebih Kuat Dari Koalisi Golkar, PPP dan PDSRapat Pleno Rekapitulasi dan Perhitungan Suara di Kelurahan Kedaung Kaliangke Berjalan Lancar10 Paket Proyek Disdik Sibolga Diduga Pemenangnya Sudah Diplot

Parmout-Sulteng, Jaya Pos

Kondisi bendungan yang terletak di Desa Sidoan Barat Kecamatan Tinombo Kab Parigi Moutong, saat ini rusak parah, seluruh bagian bendungan telah retak dan juga tembok yang berfungsi sebagai penahan serta tempat terjunnya air patah.

Padahal, bendungan  itu saat ini melayani areal pertanian seluas 450  hektar  yang  tersebar  pada tiga  desa di wilayah  tersebut.

Kepala Desa Sidoan Barat, Olnan Lodji mengatakan, kondisi bendungan yang sudah berumur sekitar 28 tahun ini, jika tidak segera diperbaiki  dikawatirkan  jika  terjadi banjir akan jebol, dan merusak  kawasan pertanian warga.

Olnan Lodji mengaku pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Parigi Moutong sudah beberapa kali meninjau lokasi itu, namun belum ada tanda-tanda untuk  memperbaikinya. “Sudah berulangkali petugas dari Dinas PU datang meninjau bendungan ini namun sampai saat ini belum ada realisasinya,” akunya.

Dikatakannya, bendungan yang dibangun sejak tahun 1982 tersebut  sampai saat ini belum pernah diperbaiki sementara areal pertanian yang harus dilayani seluas 450 hektar.

“Selama ini pihak Dinas PU hanya terfokus untuk memperbaiki saluran irigasi sementara bendungan yang strukturnya telah rapuh tidak pernah diperhatikan,” keluhnya.

Menurut keterangan warga yang tinggal di dekat bendungan tersebut bahwa tempat terjun air tersebut sudah cukup lama retak, warga khawatir jika terjadi banjir  maka dapat dipastikan bendungan tersebut akan jebol.

Saat ini warga hanya bisa berharap agar pihak Pemda dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) segera memperbaiki bendungan tersebut sehingga jika terjadi banjir warga tidak akan khawatir lagi dampak yang terjadi pada pemukiman maupun areal persawahan yang ada di sekitar bendungan tersebut. Risman/ST


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (36290)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13334)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12712)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7882)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5233)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4465)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3806)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3546)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3471)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3396)
Bedah JayaposKorupsi Di Disdik Jabar ? Asep Suhanggan : Saya Punya Saudara JaksaBANDUNG, JAYA POS – Dengan anggaran gemuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat rentan ...


Warga Desa Indrajaya Komplain Pengerjaan JalanProyek Baja Ringan SMPN 9 Purwakarta Diduga Asal-asalan, Disdik Segera Tegur PemborongPengawasan Dinas Lemah, Inspeksi Tanggul Urukan Pantai Kenjeran (Bronjong) Asal JadiProyek Rp 14 M Lebih Kawalan TP4D Kajati Kalteng Terindikasi Tak Sesuai KontrakProgram BSPS Tahun 2017, Diduga Langgar Peraturan Kemen PUPRProyek Irigasi Banda Usang Di Siguhung Terkesan AmburadulApotik Intan Farma Diduga Jual Obat Diatas HET, Imodium Dijual Rp 145 Ribu, Apotik Lain Rp 91 Ribu
Laporan KhususPT Semen Baturaja (Persero) Tbk. ...


Jelang Lebaran, Harga Stabil di Mendobarat dan MerawangPemkab Mojokerto Kembali Pertahankan Gelar WTPPT Inalum Bagikan Paket Sembako Gratis kepada WargaPelantikan Pejabat Tinggi Pratama Kabupaten Samosir DigelarBupati Dan Ketua TP- PKK Tanjab Barat, Bagikan Zakat MalPUBLIKASI KINERJA DINAS SOSIAL KABUPATEN BOGOR TAHUN 2018WTP Ke Enam Anugerah Terindah Bagi Kabupaten Tanah Datar